Monday, September 28, 2015

TV PANASONIC TC-2088 SUARA ADA GAMBAR TIDAK ADA


Kerusakan:
Televisi merk Panasonic jika kita hidupkan cuma ada suaranya saja, gambar sama sekali tidak tampak pada layar monitor.

Model televisi Panasonic :

model tv panasonic

Perbaikan:
Awal pengecekan kita mulai dari power supply, hasilnya tidak ada masalah . Ada beberapa model tegangan keluaran yang dihasilkan dari power supply diantaranya:

1 135 volt , untuk supply ke Playback

2 20 volt , untuk supply ke bagian penguat Audio

3 13 volt , untuk internal komponen ( Ic , Tuner Dll )

4 5 volt , untuk Control

Selanjutnya kita Cek pada bagian Vertikal, ini sangat berkiatan dengan kerusakan seperti ini. Hasil yang kita dapatkan adalah IC Vertikal masih dalam kondisi baik. Untuk memudahkan kita dalam pengecekan selanjutnya maka tegangan supply untuk rangkaian Vertikal kita tiadakan dahulu.

Ternyata setelah dilepaskan tegangan supply ? Televisi bisa hidup walaupun tampilan hanya satu garis Vertikal, Jadi sudah tampak dimana letak kerusakannya. Di mainboard televisi ini dilengkapi dengan sistem protek, jika ada sesuatu yang bermasalah maka IC Control akan membuatnya kembali Standby.

Cara termudah adalah dengan melepaskan sistem protek yang terhubung ke bagian Vertikal, untuk letak dalam mainboard bisa dilihat pada gambar berikut:

mainboard tv panasonic/ lokasi dengan tanda lingkaran merah

Pada gambar diatas bisa dilihat dimana ada timah solder yang sudah diangkat, itulah jalur proteknya . Hasil setelah kita lepaskan proteknya ? Alhamdulillah kini televisi sudah bisa hidup lagi.






sumber:
www.hamimservis.com

No comments:

Post a Comment