Tuesday, September 15, 2015

TV MERK MITSUNO MATI TOTAL


Kerusakan:
Televisi dengan kondisi matot, Power Supply sudah rubahan menggunakan Gacun.



Perbaikan:
Setelah di periksa ternyata kerusakan ada pada Playback dengan type BSC60B2001. Kita coba cari type tersebut cuma sudah tidak ada, televisi sudah ketuaan/lama. Mesti ngakalin lagi rupanya, nyari playback yang bekas/copotan dari Mainboard. Ternyata kita masih punya Playback dari mainboard Televisi Hitachi, buru-buru dah kita lihat Pinout-nya? apakah mungkin bisa di pasang di Mainboard Televisi ini.

Setelah kita perhatikan, ada satu pin yang tidak ada pada Playback Hitachi yaitu AFC adakah cara untuk menambahkannya ? kita coba untuk menerapkannya .
Sebelum kita membuat AFC-nya terlebih dahulu kita perhatikan Pinout kedua Playback? ini diperlukan guna memudahkan proses pemasangannya.

 Pinout Playback BSC60B2001:

1 Video B+ 180 volt

2 Colector

3 Afc

4 B+ 130 volt

5 Nc

6 Ncl

7 Acl/Abl

8 Ground

9 Nc

10 Heater

Sedangkan pinout Playback Hitachi type BW02522-2526UE11-L:

1 Colector

2 B+

3 Nc

4 45 volt

5 Video B+ 180

6 Heater

7 Acl/Abl

8 ground

9 11 volt

10 16 volt

Dari perbedaan pinoutnya maka kita mesti memotong jalur pada Mainboard, dan tinggal menyamakan posisi Playback pengganti dengan Playback bawaan Mainboard. Kita cocokan saja susunannya mengikuti Playback aslinya, contoh Heater pada Playback bawaan mainboard ada pada kaki no 10. Sedangkan pada playback Hitachi ada pada kaki no 6, kita tinggal memotong jalur dan menjumpernya ke kaki no 6 begitu seterusnya untuk Pinout yang lainnya. Pada gambar 2 bisa dilihat proses pemotongan jalur berikut pemasangan jumper:

Gbr 2 Playback Area

Dalam gambar 2 bisa dilihat, pada kaki no 1 kita beri lubang ini dimaksudkan untuk mengamankan. Tegangan osilasi pada colector indentik tinggi, makanya diberi jarak dengan melubanginya. Untuk nilai Capasitor yang di gunakan adalah 10,2nf/2kv, jadi capasitor bawaan mainboard kita cabut saja.

Sekarang waktunya membuat AFC , Karena pada playback Hitachi memang tidak ada. Cara membuatnya adalah dengan melilitkan kawat tembaga pada Ferit Playback, dengan jumlah lilitan sebanyak 13 belitan.Kawat email yang kita pakai diameter o,2 .

Sebenarnya memakai output tegangan dari Heater juga bisa cuma ada distorsi pada OSD-nya, pakai capasitor yang diambil dari Colector juga bisa tapi hasilnya sama ada distorsi. Yang terbaik adalah dengan membuat lilitan baru, hasilnyapun bagus fungsi OSD normal-normal saja. Pada gambar 3 Playback yang telah di pasangkan lilitan kawat email:

Gbr 3 Pemasangan lilitan pada inti ferit playback

Cara pemasangan pada Mainboard adalah letakan lilitan awal/ paling bawah yang ada pada Ferit di posisi ground, sedangkan lilitan akhir/ paling atas pada posisi AFC out. Semuanya sudah dilakukan, saatnya untuk mencoba menghidupkan Televisinya? Alhamdulillah Televisi sudah berfungsi kembali , gambar 4 posisi Televisi setelah dilakukan penggantian Playback:

Gbr 4 Hasil akhir

Selesai sudah proses perbaikan dengan sistem Oprek, pada intinya semua Playback adalah sama secara proses kerjanya. Tinggal nalar kita yang merubahnya ke versi yang kita butuhkan, diperlukan perhitungan yang matang tentunya. Selamat mencoba.







sumber:
www.hamimservis.com

No comments:

Post a Comment