Thursday, September 17, 2015

TV CRT RASTER PUTIH BERGARIS

TV MERK SERA RASTER PUTIH BERGARIS
Kerusakan:
Televisi Sera, model yang lumayan lama mengalami trouble dimana ketika dihidupkan tampak pada layar monitor cahaya putih dengan garis . Seperti pada gambar 1:

Gbr 1 Tampilan televisi Sera
Sepintas seperti tabung yang katoda-nya shot, tapi ada baiknya kita coba cek dahulu mungkin saja ada penyebab lain ?


Perbaikan:
Paling awal yang mesti kita cek adalah output dari Katoda Tabung, lebih sering disebut RGB. Coba dilepaskan dahulu solderan pada soket CRT pada bagian kaki RGB-nya saja, setelahnya coba hidupkan televisi dan lihat hasilnya pada layar monitor apakah tetap seperti kasus diatas ? jika ia berarti memang tabung menggalami shot tentunya perbaikan hanya bisa dengan menggantinya dengan yang baru.

Dalam kasus sekarang yang kita temui, bagusnya tabung masih kondisi baik/ tidak shot. Jadi dengan begini kita cari lagi penyebab utama yang membuatnya seperti ini. Beralih kebagian Video Card CRT dimana posisi persis dibelakang CRT-nya, pada umumnya tegangan supply untuk ini adalah 180 volt. Setelah kita cek ternyata tegangan supply cuma ada 120 volt.

Jadi inilah yang membuat tampilan seperti pada gambar 1. Capasitor sebagai filter tegangan supply Video RGB mengalami kerusakan, sehingga tegangan menjadi drop. Nilai Capasitor yang digunakan adalah 10uf/250 volt, tampak pada gambar 2 setelah pemasangan dengan Capasitor yang baru:

Gbr 2 Posisi Capasitor dengan tanda lingkaran merah

Sekarang saatnya untuk menghidupkan televisi, setelah diganti capasitor? hasilnya Alhamdulillah gambar pada layar monitor sudah normal kembali. Senangnya yang punya televisi, walaupun model lama gambar yang dihasilkan masih bagus.







sumber:
www.hamimservis.com

No comments:

Post a Comment