Wednesday, September 30, 2015

CARA MENGHILANGKAN GARIS DI BAGIAN ATAS LAYAR TV


Pernahkah kita melihat adanya garis pada bagian atas layar monitor, dimana sesaat suka hilang waktu perpindahan obyek gambar. Tentunya tidak akan terlihat jika televisi masih kondisi normal, tapi cepat atau lambat pastinya akan mengalami kerusakan seperti ini.

Komponen apakah yang mengalami kerusakan? Dan pada bagian apa yang mesti kita periksa” inilah yang akan kita bahas kali ini. Garis yang timbul pada bagian atas layar monitor disebabkan karena tidak stabilnya filter pada bagian Vertikal, Kalau bisa kita bilang dengung pada Amplifier. Rangkaian Vertikal televisi pada garis besarnya sama secara fungsi tapi beda dari penggunaan IC sebagai medianya , semuanya tergantung bawaan pabrik pembuat televisi.

Pengembangan chip IC Vertikal membuatnya semakin canggih, dahulu kalau kita mau meninggikan gambar pada layar monitor mesti membuka Casing televisi dan memutar Trimpot pada bagian V-SIZE. Tidak begitu lagi untuk model televisi sekarang karena kita bisa merubahnya hanya dengan menggunakan Remote Control. Walaupun semakin mudah dalam proses pengaturannya, tidak berubah banyak dalam aplikasinya di mainboard.

IC tidak bisa bekerja sendiri jika tidak ada komponen lain dalam rangkaian, itulah elektronik semua saling tolong-menolong/ kompak sehingga semuannya bisa bekerja dengan baik. Komponen yang sangat vital pada rangkaian Vertikal adalah Capasitor, posisi yang sangat dekat dengan IC membuatnya lebih cepat rusak.

Capasitor mungkin juga menggalami perubahan dari segi kekuatannya, sangat beda jauh dengan Capasitor model dahulu” itulah kemajuan. Komponen ini yang sering menggalami kerusakan akibat hawa panas yang ada di sekelilingnya. Tentunya dengan begini kita jadi punya kerjaan, masalahnya kalau komponen bawaan pabrik bagus semua pastinya televisi jarang rusak? sepi jadinya.

Kiat untuk membenahi kerusakan yang sedang kita bahas adalah sebagai berikut:

Paling awal adalah penggantian Capasitor 470uf/35 volt atau 1000uf/ 35 volt pada tegangan supply 24 volt ada juga yang 27 volt, jika sudah gantilah Capasitor 100 uf/50 volt atau 220uf/50 volt . Supaya lebih jelas bisa dilihat gambar berikut:

Vertikal Area

Pada gambar diatas bisa kita lihat IC dan Capasitor ini kita ambil dari mainboard televisi Sharp, ini buat contoh saja karena secara basicnya sama saja kalau kita lihat pada semua mainboard televisi. Capasitor inilah yang membuat timbulnya garis pada bagian atas layar monitor, untuk banyak kasus yang pernah kita temui.

SEMOGA BISA BERMANFAAT







sumber:
www.hamimservis.com

No comments:

Post a Comment