Sunday, August 30, 2015

TV TOSHIBA BOMBA GAMBAR DAN SUARANYA BERMASALAH


Kerusakan:
Ketika televisi kita hidupkan, gambar ada garis hitam pada bagian bawah/ tidak penuh. Sedangkan pada audionya tidak langsung mau/ mesti nunggu, kalau sudah beberapa lama televisi kita hidupkan terkadang mau sendiri.

Televisi Toshiba Bomba

Beginilah kerusakan yang sering terjadi pada televisi merk Toshiba, yaitu gambar trouble pada bagian vertikal-nya serta sound yang terkunci pada sistem mute.

Perbaikan:
Trouble pada gambar dapat diperbaiki dengan mengganti satu buah capasitor . Nilai capasitor-nya 1uf/50volt , capasitor inilah yang membuat gambar yang dihasilkan menjadi tidak normal. Dimana pada bagian atas gambar menjadi lebih panjang sedangkan pada bagian bawah menjadi lebih pendek. letak Capasitor yang dimaksud bisa dilihat pada gambar dibawah ini:

Mainboard Televisi Toshiba Bomba

Setelah diadakan penggantian pada Capasitor yang dimaksud maka sudah dapat dipastikan gambar sudah kembali normal. Untuk problem pada audio , Dilepaskan saja satu kakinya pada bagian colector Transistor  lebih jelas bisa dilihat pada gambar berikut:

Mainboard Televisi Toshiba Bomba

Tanda panah pada gambar di atas, itulah transistor yang dimaksud.

Setelah kita ganti Capasitor dan melepaskan kaki Colector Transistor , kini kita coba kembali menghidupkan televisinya. Hasilnya Alhamdulillah televisi sudah kembali normal.







sumber:
www.hamimservis.com

No comments:

Post a Comment