Sunday, August 2, 2015

Tv Sharp Tidak Bisa Menyimpan Siaran



Kerusakan:
Televisi setelah kita hidupkan terlihat gambar yang dihasilkan hilang timbul, dan bila kita coba untuk di scan ulang ? hasilnya tidak ada satupun siaran yang bisa di simpan.

Perbaikan:
Tindakan pertama yang kita lakukan adalah mengecek bagian penerimaan, pada mainboard ini menggunakan IC BA7357S sebagai Otak-nya, dan di bantu oleh 2 COIL untuk pengkodean Frekuensi . Coil yang sedang menggalami trouble ada pada bagian fungsi AFT ( automatic fine tuning ), ini bisa kita pastikan karena siaran televisi yang tidak bisa disimpan secara automatis.
Mungkin kita bisa mencoba mengetrim ulang , dengan memutarnya keluar maupun kedalam secara pelan-pelan. Tapi hasil yang kita dapatkan tidaklah mengenakan, hasil tetap sama ” siaran tetap saja tidak bisa disimpan. Dengan begini kita sudah bisa pastikan Coil memang sudah rusak, Penggantian harus segera kita lakukan. Kerusakan pada Coil sebenarnya ada pada Capasitor yang ada didalam Coil tersebut, Mungkin nilainya sudah berubah.
Coil yang digunakan pada televisi sharp adalah seperti ini:
Coil untuk frekuensi penerimaan televisi
Mencari Coil 0244 dengan yang sama agak sulit, maka disini kita coba ganti dengan model coil yang lain yaitu 0357. Ada komponen yang mesti kita rubah nilainya supaya coil ini bisa berfungsi. Komponen yang kita maksud adalah Capasitor 15pf ditambah dengan 30pf sehingga bernilai 45pf
Tampak setelah penggantian di mainboard seperti ini:
Coil Penerimaan Baru dengan tanda lingkaran merah

Coil yang baru bisa dilihat dimana bentuknya lebih tinggi dari coil aslinya. Hasilnya Alhamdulillah kini televisi sudah bisa menerima siaran lagi dengan baik.




sumber:

No comments:

Post a Comment