Monday, August 17, 2015

TV SAMSUNG SUPER SLIM MATI TOTAL




Kerusakan:
Cuma terdengar suara cuit dari dalam televisi-nya sedangkan gambar maupun suara tidak ada

Perbaikan:
Dari kejadian awal dimana jika kita hidupkan Televisi terdengar suara cuit, ini sudah memberi kita tanda adanya komponen yang mengalami kerusakan. Kerusakan berada pada bagian output tegangan untuk supply ke Playback, besaran tegangannya adalah 125 volt. Untuk memastikan letak kerusakan tahapan pemeriksaannya adalah sebagai berikut:

1 Cek Transistor Horizontal, lepaskan kaki colectornya dari PCB dengan mengangkat timah solder-nya. Gunakan Multitester dengan batas ukur X10 tempelkan prob hitam pada kaki Colector Transistor sedangkan prob merah pada kaki Basis dan hasilnya tidak boleh ada hambatan disini jika Transistor masih dalam kondisi baik.

2 Cek Dioda pada bagian Colector Playback, Gunakan Multitester dengan batas ukur X10 tempelkan prob pada kaki dioda. Hasil pengukuran harus satu arah saja jika kita coba bolak-balik pada kaki Dioda. jika hanya satu arah berarti Dioda masih dalam kondisi baik.

Dari hasil pengukuran komponen diatas , disini kita dapatkan Dioda pada bagian Colector Flayback mengalami shot ini kita lihat dari hasil pengukuran dengan multitester bisa bolak-balik. Dioda pengganti kita gunakan type BY399, posisi dioda di dalam mainboard-nya bisa kita lihat pada gambar berikut:



Pada gambar di atas,yang dekat Playback adalah tempat Dioda-nya,sedangkan kedua adalah tempat Transistor P5n20. Transistor p5n20 adalah sebagai pengatur besaran horizontal Gambar dan disini juga terjadi kerusakan di tandai dengan hasil gambar yang melengkung pada ke dua sisi layar monitor. Setelah kita ganti kedua komponen yang mengalami kerusakan kini saatnya untuk mencoba kembali menghidupkan televisi-nya? Hasilnya Alhamdulillah Televisi sudah kembali normal.

Tips
Transistor pengganti untuk type P5n20 bisa dipakai type P5n50








sumber:

No comments:

Post a Comment