Tuesday, August 25, 2015

TV POLYTRON PN-20123MG OSD TIDAK ADA


Kerusakan:
Televisi bila kita hidupkan, gambar dan suaranya bagus. Kendala ada pada sistem OSD [ on screen display ]. Dengan tidak berfungsinya OSD , semua tampilan Menu di televisi tidak bisa dilihat.

Perbaikan:
Kerusakan seperti ini biasanya disebabkan oleh pulse horizontal sync, yang di dapat dari playback. Bisa juga dari pulse vertikal sync. pulse vertikal sync biasa diambil dari Ic vertikal dengan bufer capasitor 100uf/35 volt, ada juga dengan capasitor 220uf/35 volt.

Dalam kasus kali ini , semua pulse vertikal/horizontal ada. Tetapi OSD tetap saja tidak tampil, letak H sync bisa dilihat pada gambar di bawah:

H sync televisi polytron

Sedangkan untuk pulse V sync bisa dilihat pada gambar dibawah:

Mainboard Televisi Polytron/ tanda panah lokasi V sync

Setelah diperiksa semuanya , ternyata kerusakan ada pada playback-nya . kerusakan disini hanya untuk H sync-nya saja , sedangkan untuk fungsi-fungsi yang lain masih normal. Trik untuk masalah ini tanpa harus mengganti playback adalah dengan mengambil pulse H sync dari kaki playback lainnya, yaitu dari kaki Heater. sebelumnya potong jumper untuk H sync , bisa dilihat pada gambar dibawah:

Mainboard Televisi Polytron/ + lokasi pemotongan jalur

Pada gambar diatas bisa kita lihat kabel warna kuning, itu kabel jumper H Sync ke Heater. Kini kita coba kembali hidupkan televisinya, Hasilnya OSD sudah bisa tampak pada layar monitor, tapi ada kekurangan dimana posisi OSD tidak bisa kita geser. Untuk memperbaiki ini kita bisa menghilangkan Resistor pada bagian H Sync, biar lebih jelas bisa di lihat pada gambar berikut:

Mainboard Televisi Polytron/ lingkaran merah Output untuk H sync

Setelah kita lepaskan Resitor dan menjumper langsung, kini OSD sudah bisa kita atur kembali posisi-nya. Alhamdulillah percobaan yang kita lakukan berjalan lancar, televisi sudah kembali normal untuk sistem OSD-nya






sumber:
www.hamimservis.com

No comments:

Post a Comment