Wednesday, August 19, 2015

TV LG FLAT MATI TOTAL


Kerusakan:
Televisi LG jika kita hidupkan terdengar suara cuit-cuit dari dalam televisi sedangkan gambar tidak tampak pada layar monitor-nya

Perbaikan:
Pemeriksaan kita mulai dengan mengukur jalur B+ dengan menggunakan multitester, gunakan batas ukur x10 tempelkan prob merah pada ground sedangkan prob hitam pada B+ nya. Hasil yang kita dapatkan posisi B+ dalam keadaan shot itu kita lihat dari hasil pengukuran multitester. Untuk memastikan letak kerusakan segera kita lepaskan transistor horizontal dari mainboard.

Setelah kita cek ternyata  transistor horizontal-nya memang sudah dalam kondisi konslet, Segera kita adakan penggantian transistor horizontal. Setelah transistor terpasang kita coba hidupkan televisi-nya? televisi tetap tidak mau hidup dan transistor pengganti kembali shot. Dengan kejadian ini memberi kita sinyal bahwa Playback mengalami kerusakan.

Televisi merk LG yang menggunakan playback 7164-6006h sering terjadi kerusakan pada bagian output tegangan tingginya. Untuk mengetahuinya kita ukur saja dengan multitester 10 k antara output tegangan hv-nya dengan ground” Biasanya kalau playback normal hambatannya tak terhingga sebaliknya kalau playback rusak hambatannya jadi beberapa ohm saja.

Hasil pengukuran playback kita dapatkan playback dalam kondisi shot, jadi langsung kita lepaskan playback yang rusak dan segera kita pasangkan playback baru berikut transistor baru, setelah kita coba kembali hidupkan televisi-nya ? hasilnya televisi LG sudah kembali normal.

Tambahan:
Beberapa waktu lalu , ketemu lagi pasien televisi LG super slim dengan kondisi Matot/mati-total setelah diperiksa ternyata transistor horizontal-nya rusak , sempet kepikiran playback-nya rusak juga.Coba kita tes Playback, hasilnya Playback bagus ‘ maka coba cek lagi di bagian Horizontal dimana ada beberapa komponen Capasitor dan Dioda . Hasi dari pengecekan ternyata komponen Capasitor 18 nf/2kv mengalami kerusakan.Segera kita ganti selanjutnya kita tes, alhamdulillah televisi sudah bisa hidup lagi.


Dalam satu waktu kita dapet pasien kembar{samaan} dua dua-nya merk LG ,secara logika pasti problemnya sama . Ada perbedaan ternyata , transistor yang di gunakan adalah C6090 maka kita ganti dengan yang sama persis, untuk televisi LG yang pertama tidak ada masalah , kalau televisi di hidupkan panas yang dikeluarkan dari transistor C6090 konstan. Sebaliknya pada televisi LG yg kedua tidak berlaku alias suhu pada transistor C6090 cenderung makin naik setelah di nyalakan selama 15 menit televisi langsung mati total. Kita coba cari solusi lain untuk kasus seperti ini, transistor C6090– nya kita ganti dengan D2580 selanjutnya televisi kita hidupkan, Alhamdulillah temperatur D2580 konstan, televisi sudah kembali normal.







sumber:
www.hamimservis.com

No comments:

Post a Comment