Friday, July 24, 2015

TV Sharp Alexander Slim II Gambarnya bergaris



Seperti Gambar di atas, anda melihat Gambar nya yang nampak Bergaris2 pada bagian bawah layar sehingga gambar tidak FuLL sampai di bawah, Untuk tv model lama biasanya bergaris bagian atas itupun sekitar 10 garis.

Kebetulan TV ini punya teman di kantor, sudah kekerapa minggu  dia mengatakan ada perubahan pada tvnya, kalo pertama hidup ada garis-garis, yah aku bilang, pake ajah dulu,sampe parah, akhirnya 3 hari lalu rusak juga. dia bawa itu tv kerumah.
Pas aku coba nyalahin, wah gambar nampak di tengah kecilll kayaknya sekitar 3 CM, selang kemudian Stanby dengan Led Kedip-kedip. Seperti biasa pasa TV sharp ini berarti Protek. karena ada yg tidak Normal.
Akhirnya Buka Chasingnya, waw IC Verticalnya Meledak..Pecah... waduh kode brapaan itu yah??
sy Periksa lebih seksama, ternyata masih terlihat LA7, ternyata masih ada sedikit bayangan, kira2 IC Vertical Jaman sekarang, Akhirnya Buka Buku Catat harian, Dapet deh. Dia pake LA78041 untuk Sharp Slim.
 TV ini menggunakan Chassis QPWBFE594WJN1, blok Verticalnya menggunakan 2 Supply VCC. Setelah penggantian IC, tv bisa nyalah kembali, namun Gambarnya Bergaris seperti gambar diatas.
Seperti Pengalaman sebelum2nya ini pengaruh ELCO yg haus, akhirnya saya ganti elco untuk Tapis Tegangan + dan - yang mensuply IC vertical, Kemudian TEs tv, Ternyata Hasilnya Normal Kembali.
Saya Coba Ukur Elco tersebut menggunakan ESR meter, Ternyata jarumnya tidak bergerak sama-sekali, Kering too.
Berikut Gambar Blog Verticalnya, yang di tanda lingkaran merah itulah elco yg saya ganti tadi.








sumber:

No comments:

Post a Comment