Thursday, July 23, 2015

Solusi Inverter Tv LCD Rusak

Apakah TV LCD anda pernah mengalami kejadian tiba2 tidak ada gambarnya dalam artian tampil tidak sempurna? Jika benar, mungkin pertanda papan inverter TV LCD anda bermasalah bahkan mungkin rusak. Mengapa demikian? karena papan inverter merupakan panel yang memiliki fungsi untuk mengatur daya masuk ke LCD TV. Bilamana ada sedikit saja masalah pada panel ini, maka TV LCD anda akan bermasalah seperti tampilannya pecah, rusak, bahkan mati total.

Baiklah Tutorial berikut ini merupakan cara mudah memperbaiki TV LCD melalui penggantian papan inverter. Penting!! setiap kali kita memperbaiki TV LCD maupun barang2 elektronika lainnya harap untuk teliti dan berhati2 karena jika tidak, bisa jadi kerusakan akan semakin parah.

Cara Memperbaiki TV LCD Rusak Pada Papan Inverter

Step 1. Matikan tombol power TV LCD, kmudian cabut stop kontak dan pastikan tidak ada lagi aliran listrik agar terhindar dari bahaya arus pendek. Kemudian letakkan TV LCD pada meja / bidang datar dengan posisi telungkup ( kaca berada di bawah ) dan pastikan tidak ada benda-benda kecil/ kerikil yang mengganjal atau mau sambil berdiri juga boleh.

Step 2. Lepaskan semua baut/sekrup yang menempel pada body belakang TV LCD dan angkat panel/penutup belakang TV. Maka anda dapat melihat Motherboard LCD TV dan papan inverter berbentuk persegi panjang tepat di sisi motherboard.

Cara Memperbaiki TV LCD Rusak Pada Papan Inverter
Contoh Papan (Board Inverter) Pada Samsung LCD TV

Step 3. Lepaskan logam penutup pada papan inverter maka anda dapat melihat  isi dari papan inverter yang mana terdapat banyak sekali kabel yang saling terhubung di atas papan inverter. Fungsi dari kabel-kabeli itu untuk menyuplai daya pada LCD TV anda.

Step 4. Pastikan kabel-kabel yang terdapat pada papan inverter tidak longgar apalagi putus. Coba untuk melepaskannya dan pasang kembali. Bila anda ragu, nyalakan TV dan lihat apakah permasalahan teratasi? jika masih error, tidak tampil sempurna, tidak ada gambar? dapat dipastikan papan inverter anda telah rusak.

Saatnya untuk mengganti papan inverter beserta kabelnya, anda dapat membelinya di toko elektronik yang menyediakan sesuai merk TV LCD yang anda miliki.








sumber:
infonewbi.blogspot.com

No comments:

Post a Comment