Wednesday, July 29, 2015

Cara Mengatasi Kerusakan Ringan Tanpa Service Mode

Banyak yg menanyakan "menu servis", seolah tehnisi jaman sekarang sudah mengalami ketergantungan pada servis mode. Pertanyaanya bagaimana seandainya tidak ada menu servis? Apa yg bisa kita lakukan?
Servisan tv tidak selalu datang beserta remot, dan ada sebagian merk tv yg tidak konek memakai remot multi. Nah!! Apa masi bisa mengandalkan menu servis??


Berikut ini sedikit trik saat tidak bisa membuka servis mode.

1/ Mengatasi ketidak seimbangan warna tanpa servis mode.
Rubah nilai resistor yang menghubungkan kaki Emitor TR penembak warna ke ground. Biasanya bernilai 650 Ohm, atau 330 Ohm. Kalau warna kurang, kurangi nilai resistor tsb, kalau kelebihan rubah dgn nilai lebih tinggi.

2/ Mengatasi gambar kurang vertikal. Rubah nilai resistor output vertikal yang terhubung ke kaki Condensator kaki negativ ke groung. Biasanya bernilai 2,2 ohm, atau 1 ohm. Sama dgn langkah satu, kalau kurang tinggal kurangi nilai resistor, dan kalau lebih tinggal tambah.

3/ Mengatasi kurang lebar gambar (horizontal) tanpa servis mode.

Rubah nilai condensator yg terhubung ke kaki TR horizontal. Biasanya bernilai 822 1600v, 912 1600v. Kalau kurang lebar nilainya dtambah kalau kurang kecil dikurangi nilainya. Untuk Condensator ini voltasenya jangan sampai dbawah 1600v. Diatasnya gak apa-apa .










sumber:
vaninurfa.blogspot.com

No comments:

Post a Comment