Friday, June 26, 2015

Rangkaian Equalizer


1. Membuat Equalizer Senderhana Dengan IC LA-3600
Membuat equalizer sederhana dengan menggunakan ic yang banyak dan mudah ditemukan di toko-toko elektronik memungkinkan sahabat, bisa merakitnya sendiri dengan mudah, sahabat bisa merakitnya pada sebuah pcb yang sudah didesain sendiri jalurnya atau bisa juga dengan menggunakan pcb dot yang kecil, atau dikenal dengan sebutan pcb lobang ic.

Bentuk Fisik LA3600

la-3600
 Sebelum kerangkaian equalizer menggunakan la3600 ada baiknya mengenal dan mengetahui lebih jauh dari komponen inti dari equalizer yang akan dibuat, perhatikan gambar diatas, merupakan gambar bentuk fisik dari ic la-3600, satu ic la3600 untuk 5 chanel atau biasa disebut dengan 5 Band Graphic Equalizer. jika anda hendak membuat lebih dari 5 bisa menggunakan dua buah ic atau lebih.

IC LA-3600 terdiri dari 16 Pin (kaki) antara lain :
Pin 1 s/d pin 10 dihubungkan ke tahanan geser atau potensio,
Pin 11 merupakan line input / masukan.
Pin 12 Sinyal NF
Pin 13 merupakan line Output / keluaran
Pin 14 merupakan line tegangan VCC (tegangan dc positif).
Pin 15 DC
Pin 16 Ground (GND).

Blok Diagram LA3600
Untuk mengetahui lebih lanjut dan lebih mengenal ic la-3600 perhatikan blog diagram "Equivalent Circuit Blok Diagram", dibawah ini :

5 band graphich equalizer simple

Skema Rangkaian Equalizer
Untuk merakit equalizer sederhana berikut ini contoh skema rangkaian equalizer menggunakan ic la-3600 mono lima chanel.

skema-rangkaian-circuit-equalizer


Kunci dari equalizer ini terdapat pada kalibrasi nilai capasitansi kapasitor yang digunakan, semakin kecil nilai kapasitansinya maka semakin tinggi frekuensi suara yang dihasilkan, Resonansi Frekuensi yang dihasilkan tergantung dari besaran nilai kapasitansi kapasitor yang digunakan pada line BASE atau NF-nya (kapasitor C1 dan kapasitor C2), untuk mendapatkan nada sesuai yang diinginkan bisa menggunakan rumus berikut :

Rumus untuk menentukan nilai kapasitor sesuai nada yang diinginkan
capacitor equalizer
fo = hasil resonansi frekuensi yang diinginkan
R1 dan R2 = Nilai tahanannya tetap, karena sudah terdapat didalam ic, (R1 = 1200 ohm, dan R2 = 68000 ohm).
Dari skema rangkaian diatas penggunaan capasitor C1 dan C2 untuk 5 chanel di peroleh resonansi frekuensi equalizernya, f0=108Hz,343Khz,1.08Khz, 3.43Khz, 10.8Khz. semoga contoh rangkaian sederhana menggunakan LA3600diatas bisa jadi sedikit tambahan refrensi buat para pembaca yang hendak membuat atau merakit sendiri equalizer.


2. Cara Membuat Skema rangkaian Equalizer Stereo 2 x 10 Chanel TL074   
Cara Membuat Skema rangkaian Equalizer Stereo 2 x 10 Chanel TL074 – Skema rangkaian equalizer stereo tersebut adalah equalizer dngn 10 chanel mono yg di buat 2 rangkap hingga didapat equalizer stereo 2 x10 chanel stereo. Skema rangkaian equalizer tersebut adalah equalizer yg banyak dipakai & di jual dipasaran baik kit ataupun PCB untuk membuat equalizer stereo 2 x 10 chanel.

Skema rangkaian equalizer tersebut menggunakan penguat operasional (Op-Amp) yg disupply dngn sumber tegangan/voltage simetris ± 15 volt DC. Penguat operasional (Op-Amp) yg dipakai di skema rangkaian equalizer tersebut yaitu operasional audio amplifier (Op-Amp) jenis TL074. Gambar skema rangkaian & daftar komponen untuk membuat equalizer 2 x 10 chanel stereo tersebut bisa disimak pada gambar dibawah ini.



Skema rangkaian Equalizer Stereo 2 x 10 Chanel TL074

Skema rangkaian equalizer tersebut bisa mengatur level penguatan maupun pelemahan sinyal suara dari range frekuensi 32 Hz sampai 16 KHz. Pengaturan level bost (penguatan) & cut (pelemahan) sinyal suara untuk range frequensi suara di equalizer tersebut memakai potensiometer tipa bar. Skema rangkaian equalizer stereo 2 x 10 chanel tersebut memakai 6 buah IC jenis TL074, di mana setiap chanelnya terbagi dalam 3 unit IC TL074. Untuk membuat skema rangkaian equalizer 2 x 10 chanel stereo tersebut bisa memakai PCB yg ada di pasaran.

PCB untuk skema rangkaian equalizer 2 x 10 chanel tersebut di kenal dngn PCB equalizer 20 chanel. Untuk Merk PCB equalizer yg ada dipasaran ada banyak merk PCB salah satunya Saturn & Ronica. Di PCB skema rangkaian equalizer 2 x 10 chanel yg ada dipasaran skema rangkaian power supply untuk equalizer 2 x 10 chanel tersebut umumnya sudah disusun dlm 1 PCB, hingga tinggal memberikan transformer CT 18 volt 1A maupun 2 A.

3. Rangkaian Equalizer 10 Channel dengan IC LA3600 
Rangkaian equalizer ini merupakan salah satu equalizer dengan tipe bar 10 band frekuensi untuk pengaturan nada audio. Rangkaian Equalizer ini dibangun dengan menggunakan 2 unit komponen IC LA3600 dengan disusun secara bertingkat atau paralel.

Pada gambar skema rangkaian Equalizer 10 Channel dibawah, terlihat bahwa rangkaian ini menggunakan komponan IC LA3600 dimana dibuat menjadi lebih sederhana untuk mendapatkan biaya yang lebih murah. Untuk membuat Rangkaian Equalizer ini.



Perhatikan susunan dan juga tata letak komponen-komponen yang terpasang seperti pada gambar diatas. PCB ini terdiri dari 2 bagian. Komponen potensiometer dan juga bagian dari komponen lainnya. Untuk melakukan penggabungan dari dua buah PCB Rangkaian Equalizer 10 Chanel IC LA3600 ini, anda dapat melakukannya dengan cara menghubungkan kedua PCB seperti huruf T yang direkatkan dengan menggunakan solder timah dimana hal ini bisa memberikan fungsi sekaligus sebagai hubungan sistem kelistrikan di kedua PCB tersebut.

Pada rangkaian Equalizer 10 Chanel IC LA3600 tersebut, anda bisa melihat bahwa rangkaian Equalizer ini bisa beroperasi dengan hanya mendapatkan tegangan sebesar 10 volt DC dengan menggunakan power supply atau adaptor yang memiliki tegangan yang baik dan stabil. Rangkaian equalizer ini hanya menghasilkan suara mono. Dan anda juga bisa membuat rangkaian equalizer yang mengeluarkan suara stereo dengan membuat serta menggabungkan Rangkaian Equalizer dengan 10 Chanel IC LA3600 ini menjadi 2 unit equalizer yang kemudian dihubungkan satu sama lain dengan solder.

4. Rangkaian Equalizer sederhana 5 band dengan IC BA3812L
Rangkaian ini menggunakan single chip yaitu IC BA3812L untuk menghasilkan 5 pengaturan equalizer untuk digunakan dalam perangkat hi-fi atau audio system. Keunggulan dari IC ini adalah rendah distorsi, rendah noise karena itulah penggunaannya sangat cocok untuk di aplikasikan pada perangkat audio system. Selain itu juga memiliki masukan tegangan yang lebar antara 3,5V hingga 16 V sehingga sesuai dengan perangkat audio system yang anda miliki.

Rangkaian equalizer 5 band :








sumber:
www.eaction.bang-jefri.com
corelita.com
rangkaianelektronikaku.blogspot.com
www.hoo-tronik.com

No comments:

Post a Comment