Saturday, May 9, 2015

Tv CRT Panasonic Protek

1. Tv Panasonic Protek

Pernah waktu itu menjumpai kerusakan tv panasonic yang menggunakan ic micom TDA9381PSdan ic suplay STR W6654, ic vertikal AN5539 rusak protek. gejalanya tv dihidupin terus selang beberapa detik mati lagi karena horisontal sempet hidup. Solusi untuk mengatasi kerusakan seperti ini adalah dengan mengecek bagian protek. untuk model ini sering terjadi tahanan molor,resistor R631(560k) dari tegangan 185volt ke bagian protek harus dicek.untuk lebih jelasnya bisa dilihat pada gambar dibawah :



Demikian untuk postingan singkat mengenai kerusakan tv panasonic.Semoga Bermanfaat.........!


2. analisa kerusakan tv panasonic yang protect

Tv CRT Panasonic secara umum memiliki rangkaian proteksi guna mencegah kerusakan yang lebih banyak, imbas dari kerusakan awal tv tersebut, rangkaian proteksi untuk generasi produksi tahun 1990an berfokus pada penonaktifan rangkaian horizontal tv, apabila blog vertikal atw horizontal bermasalah maka rangkaian proteksi bekerja menonaktifkan rangkaian horizontal oscilator.

generasi produk 2000an lebih kompleks lg, karena proteksinya bisa terjadi disebabkan karena gangguan rangkaian diluar blog vertikal maupun horizontal. metoda inipun dipakai pada tv sharp.
anda yang telah terbiasa menangani tv panasonic tentunya telah sering mendapatkan tv yang tegangan B+ nya naik sesaat lalu ngedrop. indikasi umum untuk generasi CRT cembung terakhir adalah lampu indikatornya berkedip,
umumnya anda bisa mengecek dengan beberapa metoda,

1. lepas ic vertikalnya terlebih dahulu, bila setelah dilepas ternyata tv bisa on normal, kemungkinan besar ic vertikalnya   bermasalah. ingat, setiap penggantian ic vertikal, anda harus mengganti elco pump up, (100uf/35v), bila tidak maka ic tersebut bisa rusak kembali nantinya
2. cek diode zenner yang terhubung ke rangkaian heaternya, ( biasanya D510 atw D511 ), bila dalam kondisi on terukur tegangan bocor di anodanya melebihi 0,6v maka kemungkinan diodanya yang rusak, silahkan diganti dengan dioda zenner 12v
3. bila dijalur B+180v terdapat resistor yang terhubung ke rangkaian lain, ( rangkaian proteksi, biasanya nilai R nya 120k atw 560k) coba anda ukur juga resistornya, biasanya R tersebut putus.
4. Rangkaian proteksi juga bekerja bila tegangan B+ tidak sampai ke FBT, cek resistor yang terhubung antara FBT dengan jalur B+ dari regulator, pastikan keadaan resistornya dalam keadaan baik.

ulasan diatas adalah penanganan umum bagi kerusakan tv panasonic yang protect, semoga bisa membantu mengatasi reparasi tv di tempat anda semuanya.
3. Televisi Panasonic model TC-14P10BB Protek
Televisi Panasonic model TC-14P10BB,jika diperhatikan mainboard panasonic seri ini sama dengan mainboard panasonic Quintrix Fseries.menggunakan IC single TDA9381PS,FBT G4GAM3F-1,STR W6654A dengan gejala jika di ON kan lampu led indikator berkedap-kedip dari merah ke hijau,kemudian merah lagi dan hijau lagi terus protek,dan tentunya tidak mau menyala,hehehe.....




Dengan mengucap Bismillah lalu saya buka casing ini tv,lalu saya on kan dan mulai saya ukur tegangan di tiap blok rangkaian,pada B+ terukur 90v,vertikal terukur 24v yang diambil dari regulator,dan blok RGB terukur 180v dan ini semua normal,lalu saya lepaskan beban 24v yang menyuplai blok vertikal dan saya coba ON kan lagi,tapi tetap  hasilnya sama.
Berdasarkan pengalaman selama menangani mainboard Panasonic Quintrix F series,akhirnya saya lepaskan TR SMD Q605 yang menjadi pusat protek,karena biasanya jika tegangan semua normal dengan melepas TR ini sudah bisa nyala normal.
setelah TR Q605 saya lepas sekarang saatnya mencoba,dan yesss......akhirnya tv mau menyala,lalu saya masukkan DVD player melalui input AV,karena didaerah saya kota lubuklinggau belum terjangkau stasiun relay tv swasta nasional,jadi untuk menikmati siaran tv swasta masih menggunakan receiver digital plus parabola,dan tentunya di tv melalui input AV.

Sekarang tv udah mau nyala dan gambarnya juga jernih tapi................kok nggak ada suaranya ya.......?
lalu saya besarkan volume di tombol panel,level suara maksimal tapi kok suaranya kecil banget.
akhirnya saya cek bagian audio dan saya ukur tegangan,dan terukur 12v dan ini normal,speakernya rusak juga bukan,hmmm apanya nih......?
Karena saya lagi puasa jadi males mikir lama-lama,akhirnya langsung tak ganti saja IC sound nya AN7523 dan kebetulan masih punya stok.
setelah pergantian pemain ini dan tv saya coba nyalakan lagi,,creekk...tv nyala tapi tetep aja nggak ada suaranya...waduh,,,puasa-puasa dikerjain nih......hehehehehe
akhirnya saya kepikiran jika tv ini dalam posisi MUTE,mana remote nya nggak ada lagi,,walah.......
Dan akhirnya saya telusuri jalur MUTE disekitar IC AN7523 dan ketemulah TR SMD Q2380, dan langsung tak copot saja TR tersebut,
yang dilingkari garis biru itu lokasi TR MUTE nya 
kemudian saya ON kan lagi TV nya dan suaranya langsung woooorrrrrr keras....... rupanya tadi lupa volumenya belum di kecilkan  
Nah sekarang beres deh kerjaan,Alhamdulillah ya ALLAH atas pertolongan MU dan rezeki yang telah Engkau berikan.


4. TV PANASONIC Led indikator kedip-kedip

                  Beberapa waktu yang lalu pernah dapet servisan tv Panasonic dengan kerusakan tv mau nyala dan keluar gambar sebentar kemudian mati standby dengan di sertai lampu LED indikator berkedip-kedip dari merah ke hijau terus merah lagi lalu hijau lagi begitu terus menerus.Tv ini bertype TC-2088MNB menggunakan aisy single type TDA9381PS/N2/2i 1338,aisy vertikal AN5539,transistor penguat horizontal D2499,STR W6654 dan FBT G4GAM3F2.
                  Dalam hal ini tv bisa di katakan terprotek,bisa dari tegangan yang nggak stabil atau bisa juga karena settingan data yang berubah pada programnya,mau masuk service mode jelas nggak bisa karena tv baru nyala sebentar langsung mati hehehehe........... Langkah pertama saya coba lumpuhkan dulu pusat titik proteknya yaitu pin 36=EHT protect dari aisy singlenya dengan membuka dulu solderannya,kemudian tv saya coba nyalakan dan ternyata mau hidup dan nggak balik ke standby lagi,dan pin 36 pun saya solder kembali dan di lanjutkan dengan pencarian penyebab protek dengan menyisir titik-titik sensor yang lain.



                  Saya buka solderan D520(sensor B+),masih tetep saja kondisinya,saya buka solderan R631 dan D403(sensor tegangan 185V dan ABL))masih sama juga,kemudian saya buka solderan D511(sensor heater)tv mau menyala dengan normal...NAAAAAAAHHHH.......di sini rupanya sumber permasalahannya,setelah saya ukur diode tersebut ternyata sudah short,setelah pergantian pemain diode tersebut tv pun sudah nyala dengan normal kembali,Alhamdulillah ya Alloh,atas semua petunjukMu,Amin, SUKSES BUAT REKAN-REKAN SEMUA


Penting!!!
Kasus dan keluhan boleh sama tapi penanganan dan sumber masalah mungkin bisa berbeda





sumber:

No comments:

Post a Comment