Sunday, March 8, 2015

Tv CRT Protek

1. Ketika antena dicolokkan pesawat langsung mati protek
PROBLEM :  Raster dapat hidup normal dengan noise tanpa antena.  Ketika jack antena dicolokkan (ada gambar) pesawat langsung mati protek. Kalau level brightnes atau screen dikecilkan kadang problem dapat tidak terjadi lagi.
Ada 2 kemungkinan  sistim protektor yang dapat memicu problem seperti ini, yaitu : 

  1. B+ Over current protektor
  2. ABL protektor
1. B+ over current protektor disampling dengan sebuah resistor (nilai beberapa ohm saja) dan sebuah transistor yang dipasang pada jalur B+ ke flyback (Emitor-Basis paralel dengan resistor). Pada kondisi normal  kolektor–emitor transistor pada kondisi “off”. Jika arus yang melalui resistor melebihi dari nilai yang ditentukan, maka kolektor-emitor akan “on” sehingga memicu sirkir protektor aktip bekerja. Kerusakan dapat disebabkan karena nilai resistor molor. Untuk melumpuhkan  protektor dapat dilakukan dengan men-jumper resistor atau melepas transistor
2. ABL protektor disampling dari tegangan ABL. Pada saat noise tegangan ABL normal. Pada saat antena dicolokkan (ada gambar) tegangan ABL akan drops sehingga memicu ABL protektor aktip bekerja.  Kerusakan biasanya disebabkan karena resistor ABL yang dipasang pada arah jalur B+ nilainya molor (nilai umumnya ratusan kilo hingga mega ohm). Untuk melumpuhkan protektor maka hubungan antara sirkit ABL dengan pin-protektor diputus (kalau hubungan menggunakan sebuah diode, lepas diode ini) 


2. TV SHARP Protec
Berikut ini saya akan berikan beberapa tips perbaikan tv sharp. Misalnya TV Sharp UNIVERSE yg menggunakan IC TDA9381 / IX 3368. TVini menggunakan system proteksi. Berikut adalah macam2 kerusakannya

1. Tekan tombol, led berwarna hijau kemudian kembali merah/standby. Dikarenakan flyback tidak bekerja, biasanya karena Flyback rusakatau tidak bekerjanya Horizontal oscilator, ada tegangan 5V yang hilang untuk suply Hor OSC.

2. Tekan tombol led berwarna hijau dan ada suara Flyback bekerja tapi tv tidak nyala malah lampu led kembali merah dan berkedip. Biasanya kerusakan pada data EEPROM, biasanya pada setting Bahasa/ Language. Umumnya Setting semua bahasa di parameter diberi nilai 0.

3. Tekan tombol led berwarna hijau dan sepertinya TV akan menyala tetapi tv kembali standby dan led berwarna kuning dan berkedip. Masih kerusakan pada data eeprom. LED F beri nilai 0.

4. Tekan tombol TV hidup ada gambar kemudian kembali standby. Disebabkan ada tegangan yang awalnya normal kemudian drop dikarenakan komponen yg short atau bocor. Contohnya Dioda Zener 5v yg terhubung dengan dengan SDA dan SCL. Dan ada satu dioda zener juga di dekat flyback yg terhubung dg Heater dan tegangan 12v output inverter.

3.TV SHARP WONDER 20W20 MATI PROTEK

problem :   bisa start, muncul raster sebentar lalu protek.  perbaikan :  Pertama tentu saja harus di buka dulu penutup belakang kemudian menyolder semua blok yang di curigai dari Vertikal, Horisontal dan  Ic Singel. Kemudian coba angkat jumper 223 dekat pin 64 ternyata Tv mau nyala dan bersuara. Dengan AVO meter, satu persatu membuka dioda-dioda sensor protek pun di mulai dan saya awali dengan membuka sensor tegangan Ic Vertikal D502 di teruskan sensor tegangan Ic Audio D503, D504 lalu sensor tegangan Vcc 5V D752, sensor tegangan 8V D609, sensor tegangan ABL D606, sensor tegangan 185V D613 dan sampailah pada sensor tegangan Heater D614 atau biasa di kenal dengan X-ray Protection. Namun Tv tetap seperti awal pemeriksaan. 
   Rupanya masalah ini menjadi teka-teki yang harus segera di pecahkan. lama berpikir muncul rasa penasaran dengan jumper 223 sebagai Protek Utama dan hubungannya dengan dioda-dioda sensor D502, D503, D504, D752, D606, D609, D613 dan D614, setelah di telusuri ternyata semua dioda sensor bermuara pada Q603 tr smd. Barulah ada titik terang kembali, apabila mencabut R613 10k sama hal nya dengan mengangkat jumper 223, baiknya tes dengan membuka dioda zener D607 22V Tv bisa hidup lalu ukur tegangan ada 17v, lalu pasang kembali zener dan langsung ganti tr smd tes ulang hasilnya 30 menit Tv bisa nyala normal, karena merasa sudah berhasil menemukan biangkeroknya maka Tv pun di tutup. Tapii... saat coba di Onkan lagi Tv nya kembali Protek. Lalu Tr smd diganti dengan tr C1815, Tv pun kembali nyala,      Di sinilah kesalahan yang bermakna karena penasaran dengan rangkaian sistem Protektor, iseng mau tahu berapa volt di titik D610/RJ12 ternyata ada 12v alaa.. m@k ! mendadak Tv yang sedang nyala langsung jadi protek lagi tapi itu belum saya sadari. Lalu Onkan Tv dan normal kembali, nah.., sekarang ketika sedang asyiknya nonton/tes sekitar 10 menitan tiba-tiba layar berkedip 2 x walau lampu led masih nyala hijau Tv langsung protek, lampu led pun merah lagi. Terpaksalah ubek lagi sekitar Q603, kedapatan dioda D607 short dikit di ukur pakai Ohm meter selektor 10k, karena tidak ada stok DZ 22V jadinya di ganti dengan DZ 33V karena mengacu pada D610 pakai DZ 24v yang memonitor tegangan 12v, lalu Onkan Tv dan normal lagi. Berhubung masih penasaran, saat Tv hidup cek tegangan di titik C603 1u/50v, pas ujung probe merah AVO meter menyentuh titik positif elko terdengar bunyi pelan tek-tek layar berkedip 2 x pula langsung protek lagi. Akibatnya kali ini setiap di Onkan selalu mati protek yaa seperti awal pertama datang.    Ternyata apabila D610 yang di ukur, maka  D607 jadi korban dan begitu juga sebaliknya kalau yang di ukur D607 maka D610 langsung short, mungkin area protek ini sangat sensitif jadi saat hendak di ukur tegangan yang ada pada kedua dz tersebut maka akan mengalami sedikit penurunan voltase sehingga membuat Protektor aktif. Akhirnya tanpa membuang waktu D607, D610 diganti dengan DZ 33v dan tr C1815 di ganti dengan type sama dan sekarang setelah di tes ulang lebih dari satu setengah jam Tv di hidupkan tidak mengalami gangguan lagi. Coba on-off kan berkali-kali sudah tidak protek.
Daftar part aktif
  • Transistor H out D2586
  • Ic Vertikal TDA8357J
  • Ic EEPROM 24C04
  • Ic Tone LA7016
  • Ic suara TDA7056A
  • Single Ic TDA9381PS/N1/150312
  • FBT F0194 PEN1-SA
  • YOKE 6150Z-1011Y
4.Sharp IX226 M61260 led nyala hijau sebentar - kembali merah

KASUS :
  • Sharp dengan IXB226 dan M61260
  • Led hijau nyala sebentar terus kembali merah
  • Flyback belum sempat nyembur

SOLUSI :
  • Cek tegangan B+ normal (130v)
  • Cek pada sekunder tranfo horisontal driver T603 belum ada tegangan ac (sekitar 1v)
  • Cek tegangan suply Vcc pada primer tranfo horisontal driver drops kurang dari 12v. Berarti ada problem pada suply tegangan ini.
image
  • Cek elko C756 filter tegangan 12v dari tranfo switching – ternyata kering sehingga menyebabkan tegangan drops.
image
  • Setelah penggantian elko – teve langsung dapat hidup normal.


5. TV Samsung Protec

     Model : CB21M17ML
     IC       : KILPTH-1019
                 SS46941A9R
    Vertikal:  LA78040
    Reg     : 5Q0765RT
    FBT    : FOK 14A001
    Chassis: AA41-01153E

     Tv ini mengalami kerusakan  bisa hidup hanya sebentar lalu stby, dugaan awal kerusakan pada blok vertikal, setelah diukur tegangan nya secara umum normal, maklum hanya bisa mengukur tegangan saat tv start saja.
     Langkah berikut mencoba melihat raster yang muncul walau sesaat dengan sedikit memutar VR screen flyback. Dengan cara ini ternyata dapat dilihat bahwa raster yang muncul cacat, hanya kira-kira 10cm melintang horisontal.
     Setelah pengecekan bagian vertikal secara detil belum juga ditemukan masalah.   Akhirnya tv saya paksa hidup dengan sedikit modifikasi dengan menambahkan C 100pf, ke c310(no part) yang bernilai 10pf
Foto 1: sesaat tv start setelah  menggeser VR screen kekanan

Foto 2: Setelah penambahan C310= 100pf





Foto 3: Lihat tanda panah letak C310




Hasilnya tv bisa hidup walau dengan raster yang tidak penuh dan dengan mudah mengukur tegangan vertikalnya. Setelah colok sana-sini tidak juga ditemukan sumber masalahnya.
 Ingat-ingat tv ini pake mode servis, kuputuskan masuk ke menu servis, setelah masuk menu servis ada parameter yang menurutku janggal. Menu Deflec NT == Kubiarkan apa adanya, pada menu Deflection terlihat kejanggalan pada V AMP = 0, nilai ini diubah jadi 62. Rasterpun mau membuka atas dan bawah namun muncul garis-garis di atas seperti lipatan. Setelah diteliti ternyata garis-garis tadi efek dari modifikasi awal ketika tv ini dipaksa hidup sehingga ketika parameter v amp di naikkan jadi terlalu tinggi. Kemudian C 100pf dilepas dan tv tetap hidup normal. Kena deh nih penyakit protec,
 Catatan tambahan pada tv ini, kerusakan layar menutup separuh bagian bawah --- kerusakan pada suplpy teg vertikal -12v resistor  putus. 



6.SAMSUNG CB-21M17MLH PROTEK

beberapa hari yang lalu dapet servisan tv SAMSUNG CB-21M17MLH 21"flat. TV ini menggunakan IC tunggal SS46941A, STR 5Q0765RT, dan IC vertical LA78040 dengan gejala kerusakan "PROTEK" (ON sesaat kemudian kembali standby). saat ON sempat terlihat raster tidak penuh atas bawah(raster hanya ada di tengah2 layar dengan tinggi sekitar 15cm) jika dilihat dari gejala nya kemungkinan yang menyebabkan TV ini PROTEK adalah problem di bagian VERTICAL. setelah casing dibuka dan melakukan pengecekan secara visual, ternyata tv ini kemungkinan sudah pernah diservis oleh pihak lain, terlihat dari bekas solderan di beberapa titik termasuk di bagian VERTICAL nya. elco2 di bagian vertical saya ganti namun problem masih tetap sama, akhirnya ic nya coba saya ganti dengan no part STV9302 karena stok LA78040 sedang kosong. coba nyalakan lagi alahamdulillah TV nyala (gak langsung protek) tapi tetap dengan kondisi raster tidak penuh atas bawah, coba colokkan kabel antena gambar dan suaranya keluar. hmmh....mungkin setting data ajusment V-SIZE nya kurang. ups...baru mau saya matikan(standby) untuk masuk ke SERVIS MODE, karena memang untuk masuk ke SERVIS MODE TV SAMSUNG harus posisi STANDBY kok tv nya dah mati (standby) duluan, PROTEK LAGI nih....ya sudah gak apa2 coba saya masuk ke SERVIS MODE dengan cara tekan tombol DISPLAY + MENU + MUTE + POWER muncul deh menu SERVIS MODE nya, dengan cepat saya tujukan pointer pada posisi ajusment DEFLECTION, disini ada settingan untuk V-AMP, V-SHIFT, H-SHIFT, V-LINEARITY, V-SC, V-COMP, V-DC, dan ternyata nilai V-AMP nya 0 . langsung saya rubah nilai V-AMP untuk mengatur ketinggian gambar dan setelah tinggi nya sesuai, tv pun gak PROTEK lagi.langsung saya matikan tv dengan tombol power remot(standby) untuk menyimpan settingan, coba nyalakan lagi dan ALHAMDULILLAAAAAH.........sekarang gambar nya normal dan gak PROTEK lagi.....


7.tv samsung tda9381 protec

cek tegangan regulator harus 125v jangan sampai lebih dari itu,..
Jika tegangan lebih dari 125v maka secara otomatis IC Program akan memberikan sinyal standby. solusinya cek R dekat TL431 sebesar 123KOhm...kalau sulit dapat R itu,tambahkan secara seri 100k+20k+1k=123k..



8.Perbaiki TV LG protek

Perbaiki TV LG hidup sebentar  , sebelum keluar sinar sudah stanby kembali , kerusakan  ini

 memang sukar diterka  letak kerusakan nya .
Untuk mengatasi kerusakan ini coba anda putuskan teg Vcc rangkaian  demi rangkaian , misalnya rangkaian
 suara . Coba anda hidup kan tanpa rangkaian suara, bila hidup berarti rangkaian tersebut ada kerusakan  .
 Anda  harus mencoba  putuskan satu persatu rangkaian sehingga anda berhasil .insya ALLAH berhasil..

Ini pengalaman saya sewaktu saya sedang servis TV LG , saya putus kan kabel yoke untuk bagian  horizontal
 lalu saya hidupkan ternyata hidup tapi ada garis putih dari atas ke bawah yang menandakan hubungan yoke
horizontal terputus  , 

begitu saya cek memang benar ada salah satu condensator  yang volt nya besar  2 KV putus dekat flyback 
, lalu saya ganti langsung  dan saya sambungkan kembali kabel yoke yang saya putuskan tadi . dan saya 
hidupkan TV LG tersebut ternyata byaaaar aja 

9.TV LG FLATRON 21FC1AG protek
TV LG  FLATRON 21FC1AG. deskripsi; STR W6554A,Tr HOT C6093,IC Vert LA78040, CROMA LV76213,
 IC PROG LA72730,IC AUDIO LA42102.
Kerusakan; standby tidak bisa ON (protect).
Tindakan; ganti IC vertical, ganti Tr HOT, cek B+ normal 115v. cut/lepas pin protect Q16, Tv bereaksi tapi tr HOT tidak kerja.  B+ 115v normal seblum FR403 (fuse), namun setelah melewati fuse tegangn drop (1volt).
Hasil; setelah cek FR403 (fuse) ternyata putus, ganti dengan R 1.2Ω. TV kembali normal.


10.lg ultra slim 21sb6rd

files-lg1.jpgfiles-lg2.jpgfiles-lg3.jpg

Servisan kali ne Televisi LG Ultra Slim Type 21SB6RD dengan gejala gagal start loading (dalam posisi standby). Ketika dinyalakan, gambar tidak muncul dan suara tidak keluar. Gejala kerusakan seperti ini sering kali terjadi pada Televisi LG versi Ultra Slim.
Hal ini disebabkan karena data eeprom IC memory mengalami korup. IC memory berfungsi untuk menyimpan berkas, file atau data. Bukan cuma di komputer dan HP aja, Televisi juga dilengkapi dengan IC Memory. Namun berbeda halnya dengan Komputer atau HP, IC memory Televisi berfungsi untuk menyimpan data eeprom Factory Seting Data Servis Televisi (menu servis TV).
Televisi LG Ultra Slim servisan ini menggunakan IC Memory 24LC16B. Kata pemiliknya saat asyk nonton tiba-tiba TV mati ke posisi standby. Ketika TV dinyalakan kembali via remote control TV ON kembali. Namun setelah TV dimatikan power switch dansaat dinyalakan kembali TV gagal start loading.
Cara memperbaikinya cukup mudah. Ganti atau flash IC memory dengan data eeprom IC memory lain yang sudah terisi. Tetapiaku memilih mengganti IC memory 24LC16B dengan yang baru. Karena untuk memflash IC memory caranya agak sedikit ribet.
Setelah penggantian IC memory 24LC16B TV aku nyalakan. Alhamdulillah Televisi LG Ultra Slim 21SB6RD ON start kembali.
Catatan:
Pastikan IC memory yang akan anda ganti benar-benar dalam kondisi kosong (tidak terisi data eeprom).

11. tv lg ultra slim dengan gejala tv nyala sebentar kemudian mati lagi(protek)
TV ini menggunakan IC utama LV762xxx  vertikal LA78141 ,STR w6554
       perbaikan: ketika pertama kali kita mendapati kasus seperti di atas langkah pertama yaitu membersihkan mainboardnya terlebih dahulu kemudian melakukan soder ulang karena sering kali solderan menjadi penyebab tv bisa protek
langkah kedua mengecek tegangan apakah ada yang korup
berikutnya untuk melumpuhkan teg proteksi yaitu dengan cara meng open kaki tengah (colektor) pada Q16 
Namun apa bila sudah di open Kaki tengah Q16 tv tetap gak mau nyala bisa jadi playback rusak
biasanya kalau fbt rusak tv hanya mau star beberapa detik saja tidak sempat membuka layar.
akan tetapi apa bila layar sempat kelihatan beberapa detik dengan melepas kaki colektor Q16 tv langsung dapat menyala.
Dari pengalaman yang sering saya temukan pada kasus seperti ini disebabkan karena tidak berfungsinya Q 403=BF421 yang ter ukur putus











sumber:

No comments:

Post a Comment