Monday, January 26, 2015

Tv LCD LG Standby

  1. LG LCD TV FLATRON M2341A / M2241A 
Problem: apabila di hidupkan maka beberapa detik kembali ke standby lagi.
Perbaikan: Dengan menanggapi gejala kerusakan tersebut saya memprediksi kerusakan pada bagian power supply segera saya buka tutup bagian belakang tv,semua komponen saya cek terutama pada bagian power supply dan ada dua tegangan yaitu 12v dan 5v di mainboard / pcb power supply.

Setelah cek dengan avo meter sekala di 50 vdc dan saya amati, ternyata pada waktu tv mulai on tegangan tersebut perlahan turun dari 12 volt. Ini menunjukan bahwa tegangan tersebut drop dan power supply tidak mampu menyupply dengan baik kebutuhan tegangan yang semestinya di butuhkan oleh mainbord tv.

Jelas saja apabila mainboard / pcb tv kurang mendapatkan supply tegangan yang cukup maka tv tersebut akan kembali standby di karenakan melemahnya tegangan pada power supply. Dan di bawah ini gambar dari blok area power supply LG LCD TV FLATRON M2341A

http://divaizz.blogspot.com

Kemudian saya cek penyabab dari melemahnya tegangan power supply tersebut dengan meneliti secara cermat komponen-komponen yang ada pada power supply dan di sini saya dapati 4 buah elco power supply tegangan 12v dan 5v dengan keadaan rusak serta menggelembung dan inilah yang menyebabkan melemahnya system kinerja dari power supply. Di bawah ini 4 buah elco yang saya ganti.

http://divaizz.blogspot.com

Begitu selesai saya ganti elco tersebut, LG LCD TV FLATRON M2341A garapan saya kembali hidup normal dan apa yang jadi tanggung jawab atas pekerjaan saya telah selesai saya kerjakan.
Kesimpulan: penyebab tv standby yaitu ada 4 elcco di power supply yang sudah menggelembung.





2. Service Tv LCD LG type LF/LD/LK dengan kerusakan standby

 

Led indikator pada mainboard masih menyala hijau.
Untuk power supply,tegangan standby masih normal.
Untuk kerusakan seperti ini sering diakibatkan oleh mainboard yang tidak bekerja/abnormal.


Biasanya IC utama/processor akan terasa hangat bila kita pegang.\par
Untuk langkah awal kita ukur semua tegangan supply dari masing-masing rangkaian regulatornya.
Pada masing-masing Ic regulator/converter mainboard,tegangan haruslah normal.
Tegangan output biasanya terdiri dari 5V,3,3v,1,7v dan 1,2v.
Bila ada tegangan yang tidak sesuai dari data diatas,biasanya tegangan input ke Ic processor ada
yang short.Cek Ic converter,masih baik apa tidak.
Bila Ic converter masih dalam keadaan baik terutama pada kondisi beban kosong,maka kemungkinan
ic utamanya rusak.\par
Dapat juga dengan melakukan pengecekan kapasitorfilter/elco,ganti bila perlu.
 Tetapi biasanya bila lampu led indikator mainboard masih menyala hijau, berarti Ic utama bagus.
Untuk kondisi demikian,bisa dilakukan flash ulang,tetapi kasus ini juga jarang terjadi.
Untuk solusi yang lain,coba diukur R couple IC RAM menuju ke ic processor.
Resistor ini sebagian besar gabungan dari 4 buah R,yang nilainya 56 ohm.
Tetapi ada juga yang satuan .
Biasanya ada salah satu dari resistor ini yang putus,biasanya R gabungan.
Ganti denngan yang normal.
Silahkan lihat hasilnya.
Semoga bermanfaat.










sumber:

www.divaizz.com
avtronicservice.blogspot.com

No comments:

Post a Comment