Friday, December 5, 2014

tv crt sanyo standby/protek


1. tv sanyo standby 

Sewaktu saya perbaiki tv sanyo  , saya mendapat kerusakan tv sanyo standby  . saya cek semua dan  saya ukur tegangan nya semua normal . setelah itu saya berfikir kenapa ya…….. ?



saya putuskan kabel yoke satu persatu mulai dari kabel horizontal  lalu kabel vertical hasil nya  sama saja .  lalu  saya sambung kembali  .

dan saya cabut  soket CRT  ,  ternyata  hidup tapi tidak keluar gambar . jadi berarti masalah ada disini   saya  cek  teg RGB baik . lalu saya cabut kabel filament  dan saya hidupkan  , berhasil…… langsung saya ber prediksi bahwa tegangan  yang ada di filament arus nya kurang karena dibagi oleh rangkaian lain .
 untuk mengatasinya  saya  rubah resistor yang ke jalur lain atau saya besarkan nilai resistornya  sedikit ternyata benar berhasil .


2. tv sanyo terprotek habis terkena petir
Pagi pagi ada tetangga kerumah bawa tv merk sanyo. Kata yg punya"Kemarin habis ada petir langsung gak mau hidup".
wujud Tv nya seperti ini:
sanyo-dpnblkng.jpg


Setelah coba dihidupkan, tv standby, pencet tombol channel lampu indikator merah mati tapi tv tidak mau hidup, kemudian lampu nyala merah lagi kembali standby. "Keprotek kali...." kata saya. Ok lah, langsung di bongkar dan seperti ini mesinnya:
mesin-sanyo-dpn.jpg

msn-sanyo-blkng.jpg


Dari cerita pemilik yang awal kerusakan karena ada petir, langsung saya obok obok bagian regulator. Regulator tv ini punya 2 trafo, salah satunya untuk regulator standby kayaknya, satunya lagi utk suply 115v mesin, flyback, dll kayak mesin tv umumnya.
Nah teg dari reg ini yg gak keluar.
Perburuan saya awali dg pengecekan dioda, ok semua. Lanjut ke tr dan ditemukan tr dg nilai A1015 yang short kaki E dan C nya.
tra1015dpn.jpg

tra1015.jpg

Ini biang keroknya, langsung saja diganti baru.
Coba dites, tv dihidupkan dan langsung BYAARRR, gambar dan suara muncul dg normal. Alhamdulillah......, ternyata kerjaan kemriuk juga ( atau lagi beruntung yaaa....) wk wk wk...
Ok dah, semoga bermanfaat untuk anda




3. Tv Sanyo CG14SA1 Standby

tv-sanyo-cg14sa1-rusak-standby


Kasus Tv Sanyo yang kutemui kali ini adalah standby,setiap power standby di nyalakan lampu led meredup sebentar kemudian menyala terang kembali.Hal ini menandakan bahwa rangkaian horisontal tidak bekerja karena flyback tidak mengeluarkan tegangan tingginya.

Langkah pertama yang dilakukan cek semua tegangan terutama B+ semua normal,tapi begitu trafo driver horisontal diukur sama sekali tidak ada tegangan ada sekitar 2 volt.
Setelah dilacak jalurnya masuk ke transistor Q683 (B985) di mana

B24 volt
C2 volt
E24 volt


Basis Q683 mengarah ke Q684 (C1815) dan ternyata transistor short B dan Emitornya langsung saja transistor di ganti tv pun normal kembali .
Semoga bermanfaat



4. TV SANYO 14" MATI PROTEK

Perbaikan tv sanyo 14" mati protek. Model AC-A14. Kerusakan ditandai indikator led menyala tapi tv mati total. Biasanya kondisi seperti ini, tv dalam kondisi protek. 
Hal-hal yang menyebabkan tv protek diantaranya yang paling sering terjadi adalah kerusakan pada komponen sensor protek. Komponen sensor protek biasanya menggunakan diode, diode zener, ada juga yang menggunakan transistor. Prinsip kerja protek adalah apabila tegangan yang dikeluarkan komponen sensor protek. Tidak sesuai dengan tegangan yang diharapkan ic micom. Maka ic micom memerintahkan untuk meng off kan semua rangkaian dan memberi tanda indikator led menyala ada juga yang tanda led berkedip. Fungsi dari protek ini adalah untuk meminimalisir kerusakan menyebar lebih parah. Kerugiannya bagi tukang servis adalah sulitnya menemukan titik-titik kerusakan, karena tv dalam kondisi mati atau off. Jadi harus melumpuhkan titik sensornya terlebih dahulu supaya tv bisa menyala, tapi harus dikembalikan lagi setelah kerusakan ditemukan. Keuntungannya apabila titik sensor yang rusak ditemukan, disitulah letak komponen atau bagian yang rusak yang perlu dibenahi. Untuk macam atau jenis proteksi tv akan saya posting berikutnya. Disini hanya mengulas sedikit berdasarkan pengalaman. Dalam kasus saya ini ditemukan titik sensor tegangan heater drop 3,8 Vac, cek diode sensor ok. Untuk melmpuhkan protektor lepas D468  IN4148, tv bisa on, tapi gambar tidak muncul. Cek B+ 127,5 VDC, horisontal out ic LA76818 ok, transistor horisontal ok, flyback tidak mau nyembur. Akhirnya ganti flyback L40B10602 dengan yang baru, gambar mau muncul, tegangan heater naik 4,5Vac normal. Pasang lagi D468, protek lagi. Cek tegangan disini 4,8Vdc kurang. Ganti diode zener 5,1Volt didekat transistor yang ke GND, ganti dengan diode zener 7,4Volt, sudah tidak protek lagi, cek tegangan disini 5,3Vdc normal. Muncul masalah baru, gambar agak kurang lebar kanan-kiri dan B+ terlalu besar 130vdc. Coba set vr B+ turunkan sampai 125Vdc, gambar tampak menciut. Tegangan B+130Vdc ini juga mensuplay tegangan video di RGB, yang biasanya diambilkan dari Flyback. Cek kapasitor resonant dekat transistor horisontal dengan nilai 472/1,6kv. Cek menggunakan capasitance meter nilai turun jadi 462. Karena saya tidak menemukan komponen yang sama, akhirnya saya ganti dengan 362/1,6kv paralel dengan 182/1,6kv, gambar sudah pas, set kembali B+ 125,5Vdc, gambar sudah pas tidak menciut lagi.

Kesimpulan : Penyebab kerusakan tv sanyo 14" mati protek ini disebabkan flyback rusak. Karena flyback mati mengakibatkan tegangan output flyback tidak ada, sehingga mengaktifkan sensor protek yang berakibat tv standby. Setelah flyback diganti, tv masih dalam kondisi protek disebabkan tegangan output yang dihasilkan flyback yang baru tidak sama atau ada selisih tegangan dengan flyback yang lama, sehingga sensor protek aktif kembali karena tegangan yang diharapkan kurang dari tegangan referensi. Solusinya adalah mengganti diode zener 5,1volt menjadi 7,4volt dengan tujuan supaya tegangan referensi naik sesuai yang diharapkan ic micom. Dengan penggantian flyback dan diode zener 7,4volt, tv sudah bisa menyala kembali. Semoga bermanfaat.

5. Memperbaiki TV Sanyo CG14CE1 Proteksi



TV sanyo 14 Inch
Merk TV nya adalah SANYO 14 Inch CRT dengan type CG14CE1. Kerusakan TV-nya adalah saat ditekan tombol POWER utama lalu ditekan tombol POWER pada REMOTE, TV kemudian hidup sesaat lalu mati lagi. Coba dihidupkan pakai tombol CH+ yang ada di TV juga sama saja. Kalo istilah kerennya TV tersebut PROTECT, jadi ndak mau hidup.
Berikuti ini cara memperbaiki TV sanyo CG14CE1 rusak protek :
Seperti biasa, langkah awal dimulai dengan membuka lima buah skrup kemudian melepas tutup belakang. Kemudian mata mulai menyusuri bagian demi bagian modul TV, kali aja ada yang basah atau lembab. Tak luput juga solderan pada rangkaian power supply dan horizontal lalu micom dan vertikal juga ikut dicurigai. Tapi apa boleh buat, semua usaha nihil alias ndak menyelesaikan masalah. TV-nya tetap saja PROTECT. Yang menjadi masalah adalah Flyback-nya ternyata sudah tidak asli, alias sudah pernah diganti oleh bengkel sebelumnya. Ini tentu menambah daftar tersangka tentunya.
Mulailah penyakit pusing, galau dan bingung melanda. Coba cari-cari di google, adanya materi tentang TV SANYO dengan type CG14SP1N. Sementara setelah saya cocokkan Chassisnya ternyata beda. Kalau type CG14SP1N chassisnya AC5C, beda dengan type CG14CE1 yang chassisnya AC6A. namun dari beberapa artikel yang ditemui, dengan jelas menggambarkan bahwa kerusakan proteksi itu sudah lazim ditemui pada TV sanyo.
Setelah tahu permasalahannya, langkah selanjutnya adalah meminta mbah GOOGLE untuk mencari skema TV SANYO type CG14CE1. Ternyata beliau sedang tidak berbaik hati, skema yang diinginkan tak juga didapat dan malah semakin menjadi bingung. Namun ide kemudian muncul begitu saja, bagaimana jika kata kuncinya diganti dengan pencarian skema TV sanyo Chassis AC6A.
Dan jreng, munculah skema TV SANYO Chassis AC6A meski dengan type yang berbeda setidaknya bisa dijadikan referensi. Sekedar diketahui bahwa chassis sama, kemungkinan besar layout PCB-nya juga sama, tinggal optional komponen saja yang beda.
Pada skema sudah dijelaskan tentang protection circuit, yaitu rangkaian pengaman jika ada kesalahan pada power supply, flyback, IC Vertikal dan lainnya. Rangkaian proteksi ini bermuara pada IC 201 pin 23 dengan R830 (1Kohm) sebagai penghubung. Resistor ini termasuk jenis SMD (Surface Mount Device), jadi letaknya ada pada sisi tembaga PCB (Copper-side) bukan pada komponen side. Bagi yang kesulitan mencari, tinggal urutkan saja dari kaki 23 IC 201.
Untuk memperbaiki TV SANYO 14 Inch Type CG14CE1 yang protek tadi, akhirnya saya lepas saja R830 (1Kohm) tadi. Dan begitu TV dinyalakan kembali, tampak tidak ada masalah pada gambar dan suara. kesimpulannya kemungkinan ada perbedaan antara Flyback yang asli dengan flyback pengganti, jadi saat lama tidak dihidupkan  TV jadi ngadat.
Untuk lebih jelas perhatikan letak R830 pada skema berikut ini:

letak-proteksi-tv-sanyo-CG14CE1

kesimpulan: Penyebab protek yaitu karena flyback pernah diganti bukan seperti aslinya jadi saat tv lama tidak dipakai/dinyalakan dan kemudian dinyalakan tv menjadi protek.









sumber:

1 comment:

  1. Mas mau tanya tv lg lcd 32lp1r dari posisi standby terus saya nyalakan lampu led nyala hijau gambar nggak muncul, saya tunggu agak lama terus saya cabut stekernya lalu saya tancapkan lagi terus saya hidupkan bisa nyala normal. Kira2 apa ya masalahnya mohon pencerahan....

    ReplyDelete