Saturday, October 11, 2014

tv hanya satu channel saja



problem: 
tv Cina 21" merek AUHTECH nyala namun saat dipencet pencet tombol channel yang ada hanya ada satu channel yaitu channel nol saja tak ada channel lainnya.
Kemudian Saya coba cari channel gelombang dengan auto scan tertangkaplah semua chanel stasiun Tv yang ada seolah Tv normal-normal saja. Tv terlihat normal hingga setengah jam kemudian seolah program scan berjalan sendiri hingga akhirnya hilang semua chanel gelombang siarannya tinggal chanel 0 (nol) saja yang tersisa. Eror programnya ternyata ini Tv, kata Saya dalam hati.

SERVIS TV HANYA ADA SATU CHANEL SAJA

Perbaikan:
Setelah tau gejala kerusakannya casing belakang tv di bongkar dan Saya amati secara fisik komponen terutama elco-elco dan ternyata tidak ada yang mencurigakan dan dalam hati pun menerka-nerka apa gerangan yang menyebabkan Tv ini eror pada programnya. 

Jalur pada program pada PCB saya teliti tidak ada yang putus. Sepertinya dan dugaan saya beralih ke Saklar/switch digital/tombol-tombol di panelnya.  Setelah  diganti switch/tombol yang berjumlah enam dengan yang baru  (saya ganti ke enamnya sekalian )dan setelah selesai penggantian switch, tvpun saya nyalakan untuk mencobanya masihkah eror program Tv ini? Seperempat jam hingga setengah jam sudah Tv ini nyala dan tak terjadi perubahan apa apa alias tv telah kembali normal tak eror programnya lagi.

Casing belakang Tv kembali di tutup dirapikan ke tempat semula dan Tv coba dinyalakan dipanteng sekian lama normal normal saja. 

kesimpulan:
Akhirnya cukup dengan mengganti saklar/switch tombol yang ada dipanel maka  kerusakan Tv eror program yang menjadikan hanya satu channel saja yang ada telah teratasi. 







sumber:

No comments:

Post a Comment