Saturday, July 5, 2014

tv crt gambar melipat


1.DIGITEC TV 21" gambar melipat vertikal


        problem:  tv DIGITEC 21" gambar melipat dan kalau volume dibesarkan gambar bergetar.

        perbaikan: Setelah dilakukan pengecekan dan penggantian elco pada bagian vertikal dan melalui proses yang agak lama tidak membawa hasil alias masalh belum terselesaikan.
Akhirnya kecurigaan saya ada pada ground vertikal yaitu ground vertikal dihubungkan melalui heatsink ic vertikal dihubungkan dengan jumper lalu ke resistor/R kemudian ke ic vertikal, tanpa pikir panjang ground langsung aku jumper dengan kabel ke resistor/R yang menuju ic verticalnya, kemudian aku coba nyalakan, tv gambar normal dan aku tambah volumenya sampai mencapai 40 gambar tidak mengalami perubahan.
        kesimpulannya: ground yang menuju ic vertical yang melalui resistor ngefong/kurang konek.


2.TV GAMBAR MELIPAT DI SAMPING


problem: tv merk AGATRON, tv ini adalah tv rakitan dengan mesin china dengan ic tunggal. Tv coba saya nyalakan dan tampak tampilan di layar melipat di samping bagian kanan dan tampilan di layar tidak penuh. Pikirku menduga kerusakan paling terjadi karena rusaknya elco-elconya.

perbaikan: Maka casingpun langsung saya buka dan saya perhatikan fisik dari komponen komponennya, dan masih terlihat bagus semua. Semula saya menduga kerusakan pada elco-elconya namun karena secara fisik masih terlihat bagus semua, dan semua timah solderan masih terlihat rapat semua, maka tv coba sya nyalakan lagi sebentar dan saya matikan lagi.

Secara tidak sengaja tangan saya memegang deflexi yoke dan terasa di telapak tangan panas tidak sebagai mana biasanya.

Maka langsung kuamati deflexi yoke yang mana tv ini menggunakan tabung monitor 17 inchi merk Philiph  dan ternyata sambungan modifikasi defleksi ini ada yang terbakar. Karena defleksi monitor kalo di gunakan untuk tv harus di modifikasi terlebih dahulu.

Kemudian sambungan defleksi  yg kebakar tadi saya sambung ulang, Televisi coba saya nyalakan dan ternyata tampilan di layar bisa tampil penuh dan tidak melipat di pinggir lagi alias nyala normal.

3.Tv cina gambar bagian bawah melipat

Tv cina gambar bagian bawah kosong / hitam / melipat
>>>> kerusakan bagian vertikal elco copler / elco pada bagian output ic vertikal, biasanya besar nilainya 1000mikro/35v. Cari elco yang paling besar pada bagian vertikal, sehingga mudah di cari.
Tv cina gambar bagian atas kosong / hitam / melipat 
>>>>>> kerusakan biasanya terjadi pada bagian elko tegangan supply vertikal, nilainya 330-470mikro/35v biasanya dekat dengan trafo acmatic.


4.TV Cina Cacat vertikal (melipat) dan ujung atas bergaris bening


Perangkat
:
TV
Merek
:
China Brand
Model
:
Bass Bomba
Gejala
:
vertikal tdk penuh (melipat) sehingga ujung bawah dan ujung atas bergaris bening
Penyebab
:
condensator power vertical sdh kering,.
Solusi
:
ganti condensator power vertical




5.TV LG 21fu6rg GAMBAR MELIPAT KETENGAH
    problem: tv merk LG  21fu6rg dengan keluhan tv protek setiap kali di on.
    perbaikan: langsung saya buka tu tv, langkah awal saya bersihin casisnya,kemudian aku solder ulang semua komponennya. kemudian 
coba nyalakan tvnya,eeee.....ternyata masih protek.
kemudian aku  lepas D 303 (deoda 4148) untuk memaksa tv ini nyala,dan byarrr!!!!....berhasill!!! sekarang tv dah nyala,tpi gambar melipat ketengah,
dan separoh gambar yang bawah hilang alias gelap.
 mulai saya cek tegangan 26v dr fbt ternyata bagus, kemudian saya ganti condensator 25v/2200uf, 35v/1000uf setelah itu saya coba nyalakan eee..masih tetap melipat gambarnya. kemudian saya cek semua resistornya, dan sampailah pada resisor (R 305) 12k dekat IC vertical, emmmm...ternyata ini biang keroknya. R ini putus, tanpa fkir panjang saya ganti tuch R nya..dan saya nyalakan....BYARRRRR!!! tv normal..mal..mal.....mudah-mudahan ini bisa bermanfaat buat anda yang membacanya...salam!!!




6.Vertikal tidak linear, bagian bawah melipat


KASUS :
  • Tv China eks bengkel lain, dengan problem vertikal tidak linear.
  • Gambar bagian atas jadi panjang-panjang, bagian bawah jadi pendek-pendek dan sedikit kurang penuh.
  • Kalau dibikin penuh bagian bawah gambar jadi seperti melipat.

SOLUSI/PENYEBAB :
  • Setelah dilakukan pemeriksaan dengan seksama, ternyata ada Resistor yang diganti dengan nilai yang “lebih kecil “ dari nilai aslinya.
  • Contoh lokasi adalah R459 seperti gambar dibawah, dimana umumnya nilai adalah antara 1 sampai 2.2 ohm.
image










sumber:

1 comment:

  1. Salam kenal sob.. ini aku lagi ngatasi masalah tv rakitan cina tampilan gambar di layar cuman menggaris horisontal tingginya 5 cm tolong dibantu... Sekalian kasih info kalo sobat suka update facebook ini ada kabar gembira yang sekiranya perlu dicermati dan dipertimbangkan. Kalo perlu disebarkan ke teman - teman lainya .. klik aja link https://komisifb.com/?id=serbaonline Terima kasih..

    ReplyDelete