Tuesday, July 1, 2014

tv crt gambar goyang atau bergetar


1.TV CINA GAMBAR GOYANG





        problem : 3hari yang lalu dapet servisan tv cina dengan permasalahan jika di perhatikan gambar goyang..
        perbaikan: setelah mesin kubersihkan dan pergantian elco pada output acmatic serta tak lupa solder ulang pada hampir semua bagian mesin hasilnya tetap tv masih goyang. Pengecekan B+110v normal, teg 180v juga normal, teg 27v yang menyuplai ic vertikal menunjukan 24vol kupikir bisa ditoleransi. Teg16v yang menuju 7812 menunjukan 14vol dan yang ke ic audio kenapa 24v jangan jangan ngambil dari tegangan vertikal dan tegangan 7812 he he he.guyon..kutemukan lagi kejanggalan pada ic vertikal LA7840 pada pin 2 vertikal out avoku bergoyang seirama dengan gambar di tv naik turun dari 5v ke 18v kupikir ic vertikal rusak. Ganti dengan yang baru tetap gak ada perubahan sampai c100uf/400v tak ganti juga tetap saja gambar goyang..sambil membakar rokok filter kesuka'anku iseng iseng kucabut travo acmatic dan kuganti dengan bekasan tv cina eeelladalah kok tv jadi normal wah rupanya travo acmatic yang jadi biang keladinya. lalu tak coba untuk mengukur tegangan output dari acmatic..B+110v, oke 180v oke, 27v oke, 16v oke, 18v oke, rupanya B+ yang menyuplai ic vertikal untuk teganganya kurang dari 27v yang membuat gambar jadi goyang. tapi bukan cuma itu ternyata ic audio yang tadi kelebihan beban sudah rusak terpaksa deh ganti ic baru dan alhamdulillah tv sudah kembali normal..siap menerima bayaran

2.Gambar Bergetar Pada Tv China


      problem:gambar normal,tapi kadang-kadang bergetar sebentar,walaupun tidak seberapa tapi sangat menggangu kenyamanan mata,tv ini menggunakan IC single type LC76931S 7N/59F8(model berparit).
       perbaikan:Seperti biasa resoldering di semua titik yang rentan terkena panas saya lakukan terlebih dahulu,usai resoldering saya coba nyalakan tv untuk pengecekan tegangan,berdasar pengecekan semua tegangan normal hanya untuk tegangan 5V agak drop sekitar 4V saja,setelah saya telusuri ternyata sumbernya dari V508A=S8050 yang sangat panas sekali bodynya,kemudian saya lepas dan saya cek dengan avometer ternyata memang ada kelainan,langsung aja saya ganti dengan yang baru kemudian saya pasang lagi,dan coba nyalakan tv untuk melihat hasilnya,dan ternyata setelah di tes selama 2 jam,sudah tidak ada lagi gambarnya yang bergetar.
               Alhamdulillah kalo begitu,cashing belakang di pasang,kemudian pasang sekrupnya,atur di meja,trus nyalakan lagi,dan tugaspun selesai kemudian tinggal totalan dan BAYARAN maneh hehehe....Sukses 
Buat Semua.

3.Mengatasi masalah gambar kedap-kedip(goyang) pada TV China.
    problem: TV China dengan keluhan gambar kedap-kedip dan bergoyang disertai suara speaker terputus-putus.
    perbaikan: Setelah buka box, pemeriksaanpun saya lakukan mulai dengan memeriksa semua titik solderan pada bagian IC gambar, kemudian dilanjutkan dengan mengukur tegangannya, teganganpun ok, periksa elko-elkonya semuanyapun ok.
Hm...apanya gerangan yang rusak, akhirnya analisapun berlanjut, kemungkinan setting menu pabrik ada yang masalah. Mau masuk setting menu pabrik, lagi-lagi tak ada remotnya.Akhirnya saya memutuskan untuk membeli remote khusus untuk tv china di toko elektronik.Kemudian sayapun mencoba masuk pada menu pabrik menggunakan remote control dengan menekan/menusuk lobang kecil yang telah tersedia pada remote tersebut, menggunakan obeng kecil.
Dengan menekan tombol dalam lobang tsb.satu kali, maka muncul tulisan "FACTORY",menekan dua kali muncul "B/W BALANCE" dan menekan untuk ketiga kalinya muncul settingan "MENU",di sinilah kita dapat mengatur dan memilih setting yang ingin kita terapkan dan sesuaikan sesuai keinginan kita.
Setelah mengecek satu persatu sistem standar pabrik, ternyata masalah tsb.muncul akibat pilihan type IC tidak sesuai dengan IC yang terpasang pada papan PCB, yaitu LA76818,sedangkan yang terset adalah LA76810. Nah, dengan mmilih set ke IC LA76818,masalahpun telah teratasi dan gambarpun normal kembali.
Jadi sebenarnya gejala seperti ini bukanlah sebagai akibat dari adanya kerusakan komponen melainkan kesalahan set, yang mungkin terjadi akibat dari kesalahan penggunaan remote control oleh user atau pengguna.
Semoga ini dapat membantu kita semua dalam mengatasi masalah seperti di atas, sukses buat kita semua. Amin...!!!



sumber:


1 comment: