Tuesday, July 8, 2014

tv crt gambar dan suara normal tapi osd tidak muncul

1. tv digitec/polytron tidak keluar osd
    problem: tv digitec setelah coba pindah channel ternyata osd nggak nongol entah kemana. 
    perbaikan: Setelah cek sana sini ketemulah induktor l nomer berapa saya lupa yang jelas letaknya dekat ic program dalam kondisi putus. setelah saya ganti, osd tampil namun tampilan osd sangat besar, itu karena saya ganti dengan sembarang tanpa perhatiin nilainya.
Setelah ku ganti dengan warna gelang yang sama tv Kunyalakan dan osd tampil normal bin sempurna. syukur akhirnya selesai juga dan legalah rasanya.

2.Kerusakan jika OSD tidak muncul:

  • Disebabkan mikrokontrol tidak terima salah satu sinyal VS atau HS
  • Periksa jalur sinyal VS dari bagian Vertikal-out ke mikrokontrol
  • Periksa jalur sinyal HS dari flybak (pin-AFC) ke mikrokontrol
  • Jalur F/B mungkin terkunci pada 0v (atau short ke ground)

3.osd tv hilang

Pada saat aku memperbaiki tv, aku menemukan masalah yaitu pada flyback tegangan tinggi meloncat ke body tabung sehingga mengeluarkan bunyi pletak pletak.
Akhirnya aku ganti flyback dengan yang baru. Pada saat aku beli flyback aku sempat curiga karena body flyback bentuknya berbeda tapi aku cek kaki kakinya sama akhirnya aku beli.
Flyback aku pasang, byar tv nyala tidak bunyi pletak pletak lagi. Aku ganti chanel loh nomornya mana, kupencet menu loh kok nggak jelas.
Aku cek tr, resistor, aku ganti ic program tetap tidak keluar tampilan menunya. istirahat sebentar main internet lihat google tanya di yahoo ketemu flybacknya, aku sempat berfikir flyback apa hubunganya. Akhirnya ku ganti dengan flyback yang semula, pletak pletak aku cuekkin, aku pencet menu byar menu keluar, cek cek jalur yang berhubungan dengan ic program ketemu aku lepas jumper yang menghubungkan jalur tersebut, tv dinyalakan hilang tampilan menunya. Oh ada hubungan rupanya, akhirya cek tegangan (ac 20v) pada kaki tersebut. flyback aku lepas dan diganti dgn yang baru tadi dan aku tambahin dengan lilitan baru cek tegangan  (5v) tv aku nyalain byar menu keluar. loh tapi gambar geser kekanan apa tegangan kurang, aku tambahin lilitan cek tegangan (10v) pasang posisi gambar oke pencet menu tidak keluar. ohhh gituya apa mungkin ini yang di ambil sinyal gelombang sinus, akhirnya aku balik lilitan yang tadi memutar kekiri aku rubah ke kanan. Pasang tv nyala menu keluar posisi pas walaupun tegangan di bawah normal (10v) tapi tv telah normal.

4.TV POLYTRON MX 20323L TIDAK KELUAR OSD
    Sudah 2 minggu tv polytron ini dibongkar,tapi segala macam jurus untuk memperbaiki sudah dijalani.Tv ini dulunya dipakai untuk rental play station,namun setelah dipakai untuk nonton tv sehari-hari ternyata osdnya hilang sendiri.Tetapi gambar tv ini normal-normal saja,hanya osdnya yang hilang.Tv ini menggunakan ic program ST6382B1/MJF dan ic chroma STV2286H,setelah dibuka langkah pertama memperbaiki solderan yang retak.Namun langkah ini tidak merubah kerusakan tv,selanjutnya mengganti trimer/CT701 dekat ic program.Hasilnya sama saja,hhhhhmmmmm..........................hampir putus asa memikirkan kerusakan tv ini.Kemarin sambil iseng aku tes lilitan L701 yang menghubungkan kaki ic nomer 28 dan 31 (ic ST6382B1/MJF) ternyata putus.Aku sempat berfikir gimana cara menghubungkan lilitan yang putus ??????? komponennya saja berbentuk seperti resistor.Lalu aku kelupas kulit lilitannya dan kuhubungkan lilitan yang putus,sebelum dipasang terlebih dahulu aku tes lilitannya.Setelah lilitan dipasang dan tv kuhidupkan,hasilnya CLIIINNNGGG.................!!!!!!!!osdnya kembali muncul.


5.Polytron MX-1483Z, Ganti Flyback OSD Tidak Keluar !



Bagian2 utama yg meng-otaki Polytron Minimax type MX-1483Z ini adalah sbb: Micom/Program: ST6382B1(HBM-00-01F), Chroma: STV2286H
Vertical: TDA8174, Horizontal: 1803DH, Audio: TDA2003
Regulator: FS7UM, Flyback: FCM-14B014N
    Kerusakan: Flyback terbakar, setelah diganti baru dgn type sama gambar bagus tetapi OSD tidak tampil !!!
Untuk kasus tv seperti ini mungkin banyak rekan2 yg masih merasa kesulitan, tapi jangan kawatir ya, ikuti solusi dari saya dibawah ini:
1.Cari R709 di Basis T707 menuju jalur H-sync pin 26 IC Program, lalu lepas atau buang R tadi, selanjutnya hidupkan tv pada posisi ada gambar, coba tekan Menu akan tampil OSD yg tidak sempurna seperti foto diatas sebelah kiri(klik gambar utk lebih jelas) !
2.Pada langkah ke dua, cari Capacitor Myllar nilai 102 (1n) dan pasang pada Ground dan Emitor T707, berikutnya coba hidupkan lagi tv lalu tekan Menu dan akan tampil OSD Menu normal seperti foto diatas sebelah kanan(klik gambar utk lebih jelas) !!!
    Catatan:
Kalau setelah perbaikan tadi posisi OSD kurang sempurna anda harus merubahnya melalui Setting Data Service yaitu; Tv standby, tekan agak lama Menu di Remote sampai tv hidup, lalu masukkan Passwordnya 1013 atau 1014 dan cari Menu OSD Position Vertical maupun Horizontal......
Okay rekan, selamat bekerja buat semuanya !


6.Tv Polytron gak ada osd/display

     problem: tv polytron 123 menggunakan ic mikom stv2286 dan ic prog HBM 00-01 dengan kerusakan OSD/Dysplay gak muncul, suara dan gambar
    perbaikan: ok setelah aku cek dan ricek part sbb: T705,T707 C945,R744100k,R746.4K7..di pin 26,27,28 ic HBM pin28,29 L701 dan temen2nya adalah pembangkit oscilator display,sedangkan H sinc dan V sinc sebagai pembawa osc OSD tsb, ternyata L 701 dengan nilai 33 ohm dalam keadaan putus, setelah aku ganti dan kemudian tv aku coba , mak byak nongol deh logo polytron nya  dan OSD/Display nya .. 

7.TV PANASONIC TC-14S20 tak ada OSD


        problem: TV Panasonic type TC-14S20 dengan kerusakan gambar dan suara normal tetapi OSD tidak nampak sama sekali.
TV ini menggunakan ic program MN152811TZX ,ic kroma AN5192K-B,ic vertikal LA7837,dan TR regulator C5253.
        perbaikan: Pertama kali ukur dulu tegangan vital yang berhubungan dengan nampaknya OSD yaitu pin AFC di FBT,pin H,sync dan V.sync di ic program,tapi sebelum itu saya buka dulu skemanya di ponsel untuk bahan perbandingan nilai referensinya,alhamdulillah di skemanya pada ic program ada nilai-nilai tegangan di masing-masing pin yang bisa di jadikan acuan pengukuran.
Pada pengukuran di dapati pada pin AFC FBT terukur 24VAC ini adalah normal,kemudian beralih ke pin V.sync di sini terukur 4.3VDC ini juga normal,beralih lagi ke pin H.sync dan terukur 9.9VAC,naaaaaah..... di sini rupanya letak penyebabnya,padahal normalnya sekitar 4VAC sampai 6VAC saja,akhirnya perburuan pun di mulai di sepanjang jalur H.sync nya,dan akhirnya tertangkaplah biangnya yaitu Q1135=C945,pada beberapa type ada juga yang pakai C2785.
Setelah penggantian TR tersebut akhirnya OSD kembali nampak.
Alhamdulillah Ya Alloh atas semua petunjukmu,dan SUKSES buat rekan-rekan semua!!



8. OSD Tidak Muncul
Jika osd tv tidak muncul tentu dapat membuat kiata pusing 7 keliling apalagi kalau mau cari siaran dan ngatur setelan  picture tentu susah dikarenakan tulisan osd tidak keluar tapi tenang bro semua kita atasin .. keruksakan seperti ini disebabkan dari tidak nyampenya V.sync dan H.sync ke IC program coba cek jalur h,sync dan v.sync biasanya putus baik itu soderan retak atau ada komponen putus seperti resistornya....









sumber:
donggupit.blogspot.com
marsonotv.blogspot.com
windartoklaten.wordpress.com
mikailelektronikwonogiri.blogspot.com
masyon-masyongandok.blogspot.com
merpati-electronic.blogspot.com
aisy-romadhona.blogspot.com
vaninurfa.blogspot.com

No comments:

Post a Comment