Tuesday, April 1, 2014

kerusakan monitor lcd ACER

Service / perbaikan LCD Monitor ACER gambar kedip-kedip dan bergelombang


LCD Acer AL1916WKerusakan pada LCD monitor kali ini yang kami temukan jarang sekali terjadi yaitu LCD monitor gambarnya kedip-kedip terus-menerus seperti bergelombang atau ombak air, atau seperti gambar televisi yang antenanya jelek, atau melihat gambar televisi melalui layar kamera. Jadi kedip-kedip dan seperti ada aliran air bergelombang.

Fitur LCD monitor
LCD monitor ACER AL1916w adalah jenis LCD monitor layar lebar dengan ukuran 19 inci, tanpa speaker didalamnya, menggunakan backlight sebanyak empat buah, 2 lampu diatas dan 2 lampu dibawah yang mana pada rangkaian panel LCD screen ditancapkan 2 kabel fleksibel ( 2 wire) menuju mainboard.
Kembali ke TKP....
Untung saja ketika diperiksa panel LCD-nya tidak ada kerusakan dan kondisinya masih OK, karena bila rusak maka akan kesulitan mencari penggantinya untuk type ini, oleh karena kebanyakan LCD panel menggunakan 1 wire/ flexible.
Mula-mula kita ganti kabel VGA, tapi rupanya tidak ada perubahan setelah diganti.. Dilanjutkan pengecekan dengan cermat pada komponen-komponennya. Ternyata ditemukan adanya kerusakan yaitu tegangan pada rangkaian inverter tidak stabil. Setelah beberapa spare part diganti , LCD monitor tersebut gambarnya bagus kembali dan kondisi OK.
Semoga bermanfaat!


sumber:

No comments:

Post a Comment