Monday, March 10, 2014

Rangkaian Efek Gitar

1. Skema Rangkaian Efek Gitar Distorsi 
Bagi Anda yang sudah sering bermain gitar elektrik alias gitar listrik, pasti sudah tidak asing dengan yang namanya efek gitar (guitar effect). Efek gitar adalah suatu perangkat elektronik yang fungsinya untuk mengubah suara gitar itu sendiri sehingga berbeda dari suara aslinya. Biasanya untuk menjernihkan suara aslinya atau membuat aneka suara distorsi/berisik seperti pada musik Rock.

Jadi efek gitar berfungsi untuk mengubah suara asli gitar yang hanya jreng-jreng-jreng menjadi beraneka macam sesuai dengan selera kita. Distorsi adalah jenis efek yang biasanya memiliki suara berisik yang suaranya berbasis pada suara amplifier tabung overdrive, oke di bawah ini kami sajikan gambar skema Rangkaian Efek gitar. Rangkaian ini bisa Anda kemas dalam sebuah kotak atau box.


Daftar komponen :
P1 = 10K  Potensiometer Log
R1 = 1M  1/4W Resistor
R2 = 3K3 1/4W Resistor
R3 = 2K2 1/4W Resistor
R4 = 5K  1/2W Trimmer Cermet
R5 = 100K  1/4W Resistor
C1 = 100nF  63V Kapasitor Polyester
C2 = 100pF  63V Kapasitor Keramik
C3 = 22µF  25V Kapasitor Elektrolit
C4 = 100nF  63V Kapasitor Polyester
C5 = 22µF  25V Kapasitor Elektrolit
Q1 = 2N3819
Q2 = 2N3819
Q3 = 2N3819
J1 = Soket Jack Mono 6.3 mm
J2 =  Soket Jack Mono 6.3 mm
SW1 =  Saklar DPDT , saklar geser atau saklar pedal
SW2 =  Saklar SPST atau saklar geser
B1 = 9 Volt

Rangkaian Efek ini dirancang untuk mendapatkan katup seperti suara distorsi dari gitar listrik atau alat musik lainnya. Untuk mendapatkan gain yang sangat tinggi, maka rangkaian menggunakan tiga penguat FET. Oleh karena itu, distorsi suara yang diperoleh dari alat/rangkaian tersebut memiliki nada aneh, sangat disukai oleh sebagian besar gitaris terkemuka.

2.Rangkaian Effect Gitar IC PT2399 
     Rangkaian ini dapat digunakan pada gitar listrik untuk memberikan effect suara pada saat memainkan gitar listrik tersebut. Rangkaian Effect Gitar IC PT2399 ini dibangun menggunakan komponen utama IC PT2399. IC PT2399 merupakan IC yang didesain khusus sebagai pembangkit effect gema (echo) digital dengan prosesor suatu microcontroller didalam chip IC PT2399 tersebut. Dengan IC PT2399 sebagai komponen utama untuk membangun “Rangkaian Effect Gitar IC PT2399″ diharapkan akan diperoleh kualitas suara digital pada effect gitar listrik tersebut. Untuk membuat atau merakit sendiri Rangkaian Effect Gitar IC PT2399 ini dapat dilihat skema rangkaian effect gitar dan komponen yang digunakan untuk membangun effect gitar tersebut seperti pada gambar berikut. 
Gambar Rangkaian Effect Gitar IC PT2399

Pada gambar Rangkaian Effect Gitar IC PT2399 diatas pada bagian input dan output ditambahkan penguat tegangan menggunakan penguat operasional (Op-Amp) IC RC4558. Rangkaian Effect Gitar IC PT2399 ini dapat mengatur panjang pengulangan dan banyaknya pengulangan nada gitar yang diberikan. Untuk membuat sendiri Rangkaian Effect Gitar IC PT2399 ini dapat digunakan desain PCB untuk merakit Rangkaian Effect Gitar IC PT2399 tersebut. Gambar layout PCB tersebut dapat dilihat pada gambar berikut.
 PCB Rangkaian Effect Gitar IC PT2399 

Untuk mengoperasikan Rangkaian Effect Gitar IC PT2399 ini diperlukan sumber tegangan DC +9 volt yang dapat diberikan dari batere 9 volt atau power supply 9 volt DC

3.RANGKAIAN EFEK GITAR SEDERHANA















4.Membuat Efek Gitar Sendiri (guitar effect)
Rangkaian efek dasarnya seperti ini.


Aku dapet rangkaian ini dari http://users.sa.chariot.net.au/~gmarts/ampovdrv.htm tapi aku rubah bebrapa bagian, capasitor input 0.001uF aku rubah dengan 0.003uF,biar noisenya ga terlalu besar sama capasitor disebelah rangkaian aray dioda aku ganti dengan kapasitor 0.047uF, biar sustain nya tambah panjang.

Belakangan baru aku tau klo rangkaian dari GMArts ternyata emang sudah dikenal banyak orang, dan memang sudah terbukti hasilnya memuaskan.

Untuk kemudian, aku rencananya mo bikin tone controlnya , pengennya sih 3 channel aja, bass, mid, ma treble aja cukup, biar bisa mirip metal zone. Tar di seri ma efek yang sebelumnya.

Rangkaian ini dah lumayan koq suaranya, low noise, dan distortionnya dah cocok buat heavy metal sama hip metal, buat solo juga keren. Seneng lah pokoknya.

Ni snap shot dari karyaku, maaf klo ga solderannya kriting, dan amburadul, maklum, amatiran.


5.Rangkaian Gitar Reverb Efek
Ini adalah sirkuit dari sirkuit gitar reverb, sangat cocok untuk digunakan sebagai front-end untuk penguat gitar. Sirkuit ini memiliki indikator kliping di preamp dan tahapan pemulihan reverb, yang memungkinkan untuk pengaturan gain yang optimal.
spesifikasi

Skema rangkain gitar reverb efek






















Tahap masukan gitar adalah kelas A penguat dengan bias disesuaikan. Sebuah 2N3906 PNP tranistor digunakan untuk desain kebisingan rendah pada tahap ini. Output dari tahap preamp dikirim ke tiga tempat: mixer keluaran amp, amp sopir reverb, dan detektor kliping masukan.Amp driver reverb terdiri dari rangkaian fase push-pull pembalik dibuat dari bagian ganda dari sebuah audio berkualitas tinggi 5532 op-amp. Ini memberikan ayunan tegangan perkiraan tegangan dua kali pasokan ke transformator impedansi reverb yang cocok, memungkinkantransfer daya yang lebih tinggi. Resistor 100 ohm sangat penting untuk mengasuransikan sinyal hard bersih, tanpa itu, op-amp dapat menjenuhkan saat berkendara transformator, menghasilkan distorsi yang tidak diinginkan.Transformator sesuai dengan impedansi dari amplifer sopir untuk kumparan sopir reverb dan memungkinkan sinyal fasa-ganda mengemudi untuk menyalakan sebuah kumparan reverb dengan satu sisi membumi. Transformator adalah standar "70 volt" transformator garis audio yang sering ditemukan pada sistem PA. Salah satu pembaca dilaporkan memiliki hasil yang baik menggunakan 42TU013 Mouser (1K sampai 8 ohm) transformator. Jika Anda dapat menemukan tangki reverb dengan sopir kumparan impedansi tinggi, transformator dapat dihilangkan, kumparan driver akan memerlukan isolasi dari tanah.Output dari tangki reverb dikirim ke amp pemulihan reverb, juga kelas 2N3906 Sebuah panggung kebisingan yang rendah.Penguat mixer adalah transistor 2N3904 bias untuk kelas operasi A. Ini mencampur sinyal kering dari preamplifer input dengan sinyal basah dari amp pemulihan reverb melalui dua resistor 10K. Level sinyal basah disesuaikan dengan Potensiometer 10K.Tahap detektor kliping menerima masukan dari preamp gitar dan amp pemulihan reverb, mereka bertindak dengan cara yang identik. The 1458 op-amp adalah kabel sebagai komparator dengan ambang yang dekat sisi tinggi dari ayunan tegangan yang diijinkan pada tahap 2N3906 terkait preamp. Jika output transistor melebihi tegangan ini, output 1458 menyala, menyebabkan 4011 satu-shot pulsa sirkuit tandu untuk menembak. Rangkaian satu-shot mengaktifkan LED, dan tetap menyala cukup lama yang bahkan kliping kecil pada penguat menyebabkan terlihat berkedip.Filter power supply melibatkan RC filter antara input daya DC dan bus VF1. VF1 drive driverreverb, amp output, dan rangkaian kliping. VF2 dan VF3 selanjutnya disaring dengan filter RC mereka sendiri, mereka menyediakan DC terisolasi untuk menyalakan preamp input dan tahap pemulihan reverb penguat.

6. Rangkaian efek gitar


7.Rangkaian efek gitar


8.Rangkaian efek gitar

9.Rangkaian efek gitar

10.Rangkaian efek gitar

11.Rangkaian efek gitar

12.Rangkaian efek gitar




BACA JUGA---->>>rangkaian elektronika






sumber:

1 comment:

  1. Mas, Minta Contact personnya. Saya minat bikin tapi gak bisa. www.facebook.com/reska.a.rachmawan

    ReplyDelete