Sunday, March 30, 2014

monitor LCD gambar muncul garis-garis

1.Penyebab Monitor LCD Muncul Gambar Garis

Kerusakan pada Monitor LCD atau Laptop memang akan terjadi jika umur pemakaiannya yang lama. Hal ini sangat wajar karena setiap barang elektronik pasti nantinya akan mengalami kerusakan.
Beberapa kerusakan LCD Monitor adalah Monitor LCD rusak mati total, gambar tidak tampil pada layar, warna cacat, dan yang paling menyusahkan adalah kerusakan dengan ditandai adanya interferensi atau gambar garis-garis, jadi tampilan gambar pada layar menjadi bergaris.
Penyebab Monitor LCD Garis

Penyebab Monitor LCD Muncul Gambar Garis

Secara umum, kerusakan LCD monitor gambar bergaris ini masih dapat dibedakan menjadi beberapa jenis berdasarkan penyebabnya. Biasanya cara memperbaiki tiap jenis kerusakannya juga tidak sama, demikian juga dengan komponen yang diperlukan untuk menggantinya.
Pada Kerusakan pertama ditandai dengan tampilan pada layar LCD didominasi oleh garis-garis vertikal atau garis tegak terhadap panel LCD. Garis bisa berupa benang-benang putih halus atau garis berwarna hitam yang posisinya menetap (tidak bergerak). Untuk kerusakan seperti ini lebih sering disebabkan oleh screen panel yang sudah rusak, jadi untuk solusinya adalah dengan mengganti panel lama dengan panel lain yang masih bagus
Kerusakan yang kedua sangat berbeda dengan kerusakan pertama, baik dari segi penyebab maupun komponen yang rusak. Kerusakan ditandai dengan tampilan gambar pada layar LCD terganggu dengan adanya garis-garis bergerak yang bisa merupakan garis horizontal (mendatar) yang bergerak naik atau turun secara terus menerus. Bisa juga berupa garis-garis kecil tak beraturan yang kadang lebih mirip dengan titik-titik putih namun posisinya berpindah-pindah.
Untuk kerusakan yang kedua ini disebabkan oleh banyak faktor, bisa karena monitor LCD terkena gangguan interferensi misalnya percikan arus listrik, gerakan motor listrik, atau penyebab lain seperti buruknya kabel VGA yang digunakan, dll.
Cara penanganan untuk kerusakan ini juga beragam, perlu diketahui terlebih dahulu penyebabnya secara pasti, baru kemudian dicari solusi yang tepat untuk menangani kerusakannya. Kerusakan garis yang berpindah-pindah ini lebih susah di repair daripada kerusakan garis yang menetap.
2.Mengatasi Komputer Yang Mengeluarkan Garis-Garis pada monitornya
Mengatasi Komputer Yang Mengeluarkan Garis-Garis pada monitornya

    problem: komputer mengeluarkan garis - garis berwarna orange dan biru
    perbaikan:
 mencoba mengganti monitor dari  dan ternyata hasil nya sama saja, tidak ada perubahan. Langsung saja mencoba untuk membuka kesing dari CPU dan membersihkan kotoran2 yg ada dalam CPU . Lalu mencoba untuk menghidupkan komputer itu kembali, ternyata tetap saja mengeluarkan garis - garis.

Saya langsung menghawatirkan VGA komputernya. Dan ternyata dugaan saya itu benar, setelah saya membeli VGA card dengan harga 450 rb, Komputer saya telah kembalii normal.
     kesimpulan: yg rusak VGA nya



sumber:

No comments:

Post a Comment