Wednesday, March 26, 2014

kerusakan tv lcd merk hisense

1.Tv LCD Hisense TLM-55V88GP suara normal gambar tidak tampil

Chassis: MST6M68FQ-LF-S1

Gejala: Bila power di on kan, layar tidak ada tampilan dan lampu backlight tidak nyala. Namun suara normal.

Lcd tv ini menggunakan board inverter CMO VIT70077.00 ver.3. Papan inverter ini menggunakan ic OZ964SN sebagai pengontrol board inverter. Ketika memeriksa ic OZ964SN pin 5 (VDDA, pin tegangan suplai), teg supply 5V nya hilang. Setelah mengacu pada datasheet ic OZ964SN dan desain papan PCB inverter yang sebenarnya, ditemukan bahwa supply teg inverter menggunakan 24V, teg 24V ini masuk melalui Q4 untuk mengontrol seperti switch untuk mengirim ke U2 (78M05D). Setelah itu U2 akan menghasilkan 5V untuk menyuplay ic OZ964SN (pin 5).
emitor Q4 terdapat tegangan input, tapi pin C (Kolektor) tidak ada output tegangan apapun untuk U2. Basis Q4 terhubung ke Q1, bahwa itu berarti Q4 adalah kontrol dengan Q1 juga. Periksa konektor board inverter CN1, sinyal pin BL-ON memiliki sekitar 3.4V (aktif tinggi), itu berarti mainboard telah mengirim sinyal ke board inverter agar menyalakan lampu backlight. Tapi backlight tidak bekerja. Jadi sekarang harus memeriksa Q1 , karena berfungsi mengontrol Q4 untuk bekerja atau tidak.  Q1 pin B (Base) terhubung ke C8 , ternyata C8 short dgn gnd. C8 berfungsi sebgai filter.
Setelah C8 diganti, tv bisa normal kembali.
Kesimpulan: Karena kebocoran C8  menyebabkan Q4 tidak dapat aktif, sehingga tidak ada input tegangan ke U2 (78M05D), yg berakibat tidak ada supply 5V ke U1 (Ic OZ964SN pin 5) . Sehingga papan inverter tidak bekerja dan menyebabkan backlight juga tidak bekerja . Setelah diganti C8, TV ok sekarang.

2. Tv LCD Hisense TLM-46V66PK
Gejala: gambar/tampilan layar hilang setelah beberapa detik menyala, namun suara tetap normal.

Perbaikan:
 Tegangan suplai ke papan inverter ada dan sinyal dari mainboard ada juga. Itu berarti masalahnya ada pada papan inverter atau lampu CCFL . Setelah diukur semua komponen yang dicurigai pada papan inverter , tampaknya bahwa semua komponen masih baik2 saja . Karena saya tidak memiliki CCFL Lamp Tester saat ini , saya menggunakan metode khusus untuk menguji lampu CCFL untuk memeriksa apakah bekerja atau tidak .
Anda perlu berhati-hati tentang metode ini karena bisa membahayakan komponen di papan inverter . Metode ini disebut sebagai " Bypass Inverter Protection " , cara kerja metode ini yaitu membiarkan papan inverter untuk terus memberikan tegangan tinggi untuk lampu CCFL . Dengan kata lain, metode ini akan memberitahu Anda jika ada salah satu lampu CCFL yg bermasalah atau bisa jadi masalah ada di bagian papan inverter yang menyebabkan gambar hilang setelah beberapa detik. Pemeriksaan lebih lanjut saya menemukan bahwa inverter TV LCD ini menggunakan IC OZ9938 . Jika Anda mengacu pada pin 3 dalam diagram di bawah, Anda bisa melihat pin 3 berfungsi sbgai "Timer" dan deskripsinya bisa dilihat pada tabel di bawah. Itu berarti bahwa kapasitor eksternal akan mengontrol waktu " ON " lampu CCFL . Jika nilai tegangan mencapai nilai tertentu, tapi lampu masih belum start- up , maka OZ9938 akan berhenti bekerja dan mengunci .
Jika pin 3 IC OZ9938 dishort kan ke ground , maka akan mematikan sementara sistem proteksi backlight dan TV LCD dapat menyala dengan tampilan yang baik tanpa mati lagi setelah beberapa detik . Sekarang coba Lihat tampilan layar dan perhatikan apakah ada bagian yang hitam / gelap  dan pastikan kecerahan  di semua sudut layar. Jika tampilan dan kecerahan baik2 saja berarti lampu backlight bekerja dengan baik dan masalah ada di bagian papan inverter . Jika pada layar ada bagian yg gelap/ hitam maka ini berarti salah satu backlight LCD ada yg bermasalah . 
 Setelah 3 menit saya menyalakan dengan paksa dengan cara men short kan pin 3 ke gnd , langsung saya matikan TV LCVD dan cepat saya sentuh  ketujuh HV transformer dan merasakan suhunya dengan jari saya . Saya menemukan ada salah satu dari ketujuh HV transformer suhunya cukup panas . Dicurigai trafo T914 mengalami korsleting dan menyebabkan sistem protek bekerja sehingga mematikan lampu latar .
Silakan lihat gambar di bawah ini dari Lampu CCFL Current Balancing Circuit :

Setelah T914 diganti dengan transformator HV yg baru, TV LCD menjadi normal kembali. Coba dinyalakan selama lebih dari 30 menit dan  suhu T914 menjadi normal lagi. 

Semoga tips ini membantu.





sumber:





No comments:

Post a Comment