Saturday, March 29, 2014

kerusakan monitor lcd LG

1.SERVICE LCD PC MONITOR LG L753

Ada yang menarik pada saat merepair LCD monitor merk lg model  L753.
Problemnya adalah power supply nyala sebentar kemudian mati total.
Seperti biasa casing  di buka ,lalu diambil bagian power supply +inverter nya ,Seperti biasa kita ambil jurus  kasih beban dengan lampu pijar ,kita ambil saja lampu pijar untuk bagian sign (lampu tanda belok kiri/kanan pada motor ) tercatat di lampunya 12V 10W ,Lalu lampu pijar tersebut kita solder di tegangan output 12V ,lalu steker AC cord nya dimasukan ke jala PLN ,dan ternyata lampu pijarnya nyala normal .lalu setelah itu kita lepaskan lagi lampu yang dipasang di tegangan 12V tadi dan dipindahkan ke output yang 5V ,lalu kita colokin AC cord nya dan apa yang terjadi apakah  lampu pijarnya nyala sebentar kemudian mati ,


Seperti biasa kita pelajari service manualnya lalu kita pelajari skema nya .dan di coba di analisa ,memperkirakan atau menerka komponen yang rusak yaitu ic ,fet,transformator ,photo coupler,dan ic error amp .Kemudian saya pun memutuskan mengambil jurus ganti dulu baru mikir   Kalau  biasa nya kan mikir dahulu baru ganti komponen .
Kalau belum sembuh juga saya punya rencana pakai jurus pamungkas yaitu mengganti dengan rangkaian modifikasi.
ini dia skemanya

Ic smps yang seperti  ini mempunyai cara kerja yang berbeda dari generasi sebelumnya ,yaitu pada saat start suply untuk VCC IC nya di ambil dari tegangan 290 volt ,sesaat setelah nyala maka VCC di ambil dari trafo switching .
Kalau yang generasi terdahulu biasa nya VCC nya diambil dari teganagan DC 290V tanpa dilepas meskipun power suply sudah bekerja ,Sambung VCC (kaki 7 ic ) ke tegangan 290V atau ngambil dari kaki 1 IC LAF0001, lantas untuk membatasi tegangan VCC nya pasang diode ZENER  dan resistor 47k ,lepas ac cord nya dan di pasang lagi

kesimpulan: bahwa kalau menemukan kerusakan diatas coba saja pasang zener di kaki VCC IC LAF0001 dengan ZENER 13VOLT .


2. LCD MONITOR 19" Mati Total


Untuk pasien yang saya tangani ini adalah LCD MONITOR KOMPUTER LG 19" awal pemeriksaan saya langsung mulai dari cek kabel AC LCD.setelah saya cek kabel nya masih bagus lanjut pengecekan pada rangkaian POWER SUPLAY,mulai dari 4 dioda di bagian AC masuk kemudian ke elco 68/450v hasil ok,kemudian saya lanjutkan ke IC POWERSUPLAY  juga masih bagus,setelah itu saya cek kabel-kabel yang menghubungkan vcc 12v dan 5v ke rangkaian driver dan tepat di ujung konektor,kabel vcc 5v mengalami korosi atau perapuhan serta putus lantas saya pikir waaahhh,,,,ini biyang keroknya,,,ketemu kamu yaaaa,,,.tanpa pikir panjang lagi langsung saja saya cari kabel pengganti.untung saja  saya masih punya cadangan kabel yang baru jadi tidak perlu beli lagi.setelah kabel tadi saya ganti saya pun beristirahat sejenak untuk refresing sambil menikmati secangkir kopi susu.tak lama setelah selesai istirahat saya pun sudah bersiap untuk segera mencobanya,begitu colokan / jack AC saya tancapkan ke listrik saya pun senang karena lampu indikator sudah menyala,namun apa yang terjadi? setelah beberapa detik lampu indikatornya berkedip-kedip kaya mata boneka...hahaha..."dari situ saya sudah mulai bingung ada apalagi ini,,???lansung saja jack AC saya cabut lagi terus saya ambil AVO METER saya cek dan telusuri satu demi satu rangkaian POWER SUPLAY   .


divaizz.blogspot.com


Mulai dari resistor,ic copel,capasitor semua dalam keadaan baik tidak ada masalah ataupun kendala,pencarian masalah atau letak kerusakan masih saya lanjutkan dan sekarang saya akan menuju ke dioda tegangan vcc out dari 12v dan 5v.


divaizz.blogspot.com


Setelah saya cek dioda tersebut, saya mendapati dioda untuk tegangan vcc 5v sort / rusak dengan seketika itu juga saya langsung ganti  dengan  dioda yang baru.akhirnya walau saya sudah ganti dioda yang baru saya pun juga tak cukup puas untuk elco 680/25v tak luput juga dari incaran pengecekan saya dan itu benar all hasil elco tersebut juga aus / kering.bukan perlu tapi harus di ganti yang baru juga.tidk lupa saya mengulang untuk solderan di pcb tersebut agar dapat di pastikan semua solderan tidak ada yang retak alias coplok.Tahap demi tahap di atas sudah saya lalui kini saatnya saya untuk melakukan hal yang khusus yaitu interview memastikan semua dalam keadaan bagus.Dengan penuh keseriusan dan ketelitian tingkat tinggi  LCD MONITOR KOMPUTER  telah siap di uji coba.jack ac / stop kontak saya hubungkan lalu saya tekan tombol standbay akhirnya tugas saya pun selesai    LCD MONITOR KOMPUTER telah menyala dan normal kembali.




sumber:
zeta-nfs06.blogspot.com
divaizz.blogspot.com

1 comment:

  1. saya mengalami merk LG E1642CA mati, tegangan masuk menggunakan adaptor 19V dan di dalam cuma ada 2 rangkaian (1 rangkaian yg include dengan conector VGA/DB 15 dan 1 conector panel. mohon bantuannya untuk cek yang apa ? komponen kecil2 seperti HP

    ReplyDelete