Friday, March 28, 2014

kerusakan monitor lcd samsung

1.Cara Service LCD Monitor Samsung 732NW Mati
1. Bongkar monitor LCD samsung 732NW tersebut dengan mencongkel menggunakan obeng minus tipis. Hati2x dalam mencongkelnya agar lecetnya tidak parah, tapi pasti lecet.
Ini adalah satu-satunya cara untuk membuka LCD Samsung 732NW ini. Jadi monitor ini menggunakan sistem kait yg mengelilingi sisi body LCD Samsung 732NW ini.
2. Ambil Modul Power suplynya. Kerusakannya ada di bagian ini.
3. Perhatikan Elconya, Anda akan melihat ada elco yang melembung dibagian dekat trafo power suplynya.


4. Ganti Elco yang melembung ini dan Monitor LCD samsung 732NW siap di coba.

Kerusakan elco ini menyebabkan dropnya tegangan dari 5 volt menjadi sekitar 3 volt atau dari 12 volt menjadi sekitar 8-10 volt. Dengan tegangan yg drop seperti ini, maka tidak akan kuat untuk menyalakan screen LCD nya dan board LCDnya

2.SERVICE / MEMPERBAIKI LCD MONITOR SAMSUNG
lcd monitor samsungIni adalah salah satu kerusakan yang menimpa pada hampir semua merek LCD. Ya benar, hampir semuanya. Jadi boleh dibilang  semacam bencana nasional !!
Untuk lebih spesifik n agar lebih fokus  kali ini yang kita bahas pada merek dan type tertentu saja, yaitu cara memperbaiki / service LCD monitor merek  SAMSUNG  dengan tanda-tanda kerusakan sbb:
  1. Lampu power menyala sekali saja (yaitu ketika baru di tekan tombol powernya), lalu lampu power mati
  2. Lampu power menyala kedip-kedip terus-menerus dan tidak tampil gambar
  3. LCD monitor menyala dan tampil gambar, tetapi hanya beberapa detik saja (kurang dari 5 detik) lalu gambar menjadi gelap atau samar - samar saja
  4. LCD monitor menyala hanya 1 detik saja, setelah itu gambar gelap
  5. LCD monitor baru bisa menyala setelah menunggu lamaaa...

Adapun type tertentu yang pernah / sering ditemukan dengan gejala kerusakan tersebut di atas :
  • LCD SAMSUNG syncmaster 540N
  • LCD SAMSUNG syncmaster 632 / 632NW
  • LCD SAMSUNG syncmaster B1630
  • LCD SAMSUNG syncmaster 740N / 743 NX
  • LCD SAMSUNG syncmaster 732N plus / 732NW / 733NW
  • LCD SAMSUNG syncmaster 933N / 932 N plus /  943 / 943 BW / 943 BWX / 931 BW
  • LCD SAMSUNG syncmaster 940 BW PLUS
  • LCD SAMSUNG syncmaster T190
  • LCD SAMSUNG Syncmaster 2232 GW
  • (dan lain-lain sejenisnya...tergantung perkembangan selanjutnya)
Jika terjadi kerusakan seperti diatas, kebanyakan  disebabkan oleh :
  1. Daya power supply / regulator rusak, kurang daya atau power tidak stabil.
  2. Rangkaian inverter rusak. Inverter adalah rangkaian yang sangat vital yaitu rangkaian elektronik yang berfungsi untuk menghasilkan arus listrik tegangan tinggi untuk menyalakan lampu background / backlamps / CCFL. Rangkaian inverter ini termasuk rangkaian yang bekerjaekstra keras, oleh karena itu biasanya rangkaiannya cukup panas, dan  memerlukan pendingin / heatsink yang cukup. Kerusakan pada rangkaian inverter pada semua jenis merek LCD monitor  paling sering terjadi. 
  3. Kerusakan pada lampu background / backlamp / backlight / CCFL (Cold Cathode Fluorescent Lamp)

Demikian cara memperbaiki LCD monitor ( SAMSUNG ), semoga bermanfaat !!

3.Monitor LCD Samsung Syncmaster E1920
LCD monitor samsung yang kita bedah kali ini, dari casing depan tampak tertulis type syncmaster E1920, sedang di belakang casing tertulis model : E1920NX, Model Code LS19CLYSFN/XD buatan Samsung Seremban Malaysia produksi  Juli 2010

Kerusakan yang pernah ditemukan :

1.Mati total
Setelah membuka casing ternyata ditemukan kerusakan yang cukup parah. Pada rangkaian power Supplynya ( Power Board yang digunakan yaitu model : PWI1802PC(A) REV.1.1 ) kami mendapati IC ada yang pecah yaitu pada lokasi IC831. Bahkan kepingan-kepingan komponen IC –nya sudah tidak ditemukan lagi.  Pertanyaannya ! ( atau kata Tukul : Pertinyiinnyi  !!...)  Apakah cuma mengganti IC ini monitor sudah bisa nyala kembali? Tentu saja tidak, Komponen utama pada rangkaian power supply ini jika kerusakannya sampai meledak pasti menyebabkan komponen lain juga rusak. Sudah dipastikan sekering / fuse putus ! . Dan juga dioda zener jadi rusak, resistor - resistor juga harus diukur multitester dengan teliti.

2. Mati
Yang ini kasusnya berbeda dengan mati total diatas,  Kelihatannya mati, tapi kalau benar-benar dipelototi  ternyata pada lampu power menyala tapi sangat redup, kalau sekitar lampu ditutup telapak tangan mungkin agak sedikit lebih terang nyalanya,  karena itu kita sebut saja kerusakannya  'setengah mati "  he..he...Satu catatan lagi tombol powernya menjadi tidak berfungsi,  jadi biarpun ditekan-tekan tombol powernya (,.sampai jari pegal - linu .. ), lampu power tetap menyala terus, seharusnya  bisa nyala dan bias mati .
Ok kita mulai cek saja power boardnya. 
Setelah diukur, output dari power regulator ini sudah benar yaitu 5,1 volt dan 15,0 volt,  berarti tidak ada kerusakan di sini.
Jadi apa kesimpulannya ?? Ya benar mainboard / T-Con board / VGA mainboard-nya yang rusak. Ini terbukti setelah kami pasang dengan mainboard lain yang bagus lcd monitor ini menyala.
Semoga bermanfaat !

4. Monitor LCD Samsung syncmaster 733NW
Ini dialami pada lcd monitor SAMSUNG syncmaster 733NW, LCD monitor 10 menit -15 menit menyala, lalu tiba-tiba mati.  Dan terjadinya dengan  gejala  lampu power mati, gambar mati  tiba-tiba dan meskipun ditekan-tekan tombol power  tetap saja tidak nyala. Tapi kalau kabel power dicabut lalu dipasang lagi, monitor bisa nyala tapi tidak lama mati lagi, begitu seterusnya
 Ok kita selidiki penyebabnya :
1. Buka casing LCD Monitor, siapkan multitester
2. Nyalakan lcd monitor, tunggu sampai terjadi "kematian"
3. Nah, pas sedang mati itulah kita ukur dengan multitester, tegangan listrik bagian yang mana yang tidak keluar ( sebelumnya posisi power board dan mainboard diposisikan sedemikian rupa sehingga colokan tester bisa menjangkau bagian mana yang mau diukur )
Dalam kasus ini kami menemukan ketika lcd monitor pas mati , output dari power regulator / rangkaian sekunder tidak ada sama sekali, tetapi pada rangkaian primer tegangan power tetap ada tegangan 220volt - 230 volt.  Ini berarti kerusakan pada rangkaian power supply-nya.


sumber:

1 comment:

  1. Amazing! http://www.getcocgem.com/ - I got free Clash of Clans gems here! Get yous too in less than two minutes!! Everybody is already using free gems from here.(HCE478iqsU)

    ReplyDelete