Tuesday, March 4, 2014

Cara Merakit Rangkaian Lampu Led 12 Volt


Tidak bisa dipungkiri lagi uniknya cahaya LED (Light Emiting Diode) semakin nge-trend, bahkan banyak mobil-mobil dan motor super keren terbaru lampunya terpasang LED yang semakin sportif saja. Saya akan sharing bagaimana cara merakit rangkaian lampu led 12 volt agar bisa terpasang pada kendaraan bermotor atau digunakan sebagai aksesoris lainnya seperti di rumah, PC, lampu emergency dan yang lainnya.
triple-led-4x4
Proses pemasangan sungguh sangat sederhana dan tidak diperlukan keahlian yang lebih, cukup anda ikuti saja instruksi yang nanti saya jelaskan disini. Anda bisa pilih warna cahaya lampu sesuai selera!

Persiapan bahan dan alat:
  • Lampu led jenis strawhat (pendar 120 derajat) secukupnya
  • Papan PCB Matrix (yang lubangnya banyak siap pakai)
  • Kabel
  • Solder dan timah
  • Resistor 50 ohm 1/4 watt

Perhatikan rangkaian lampu led 12 volt berikut ini:

led_diag1
Arus konstan yang dibutuhkan sebuah led kisaran 0.020 – 0.025 Ampere atau setara 20 – 25 mA, dipasang secara rangkaian seri seperti gambar di atas, Setelah melakukan perhitungan untuk mencari nilai resistor didapatkan nilai 47 - 50 ohm, dengan rumus sebagai berikut:
4.-rumus-led
Keterangan:
RResistor
VSTegangan sumber
VLTegangan LED
IArus Led
3Jumlah LED

Nah, gampang bukan untuk melihat angka Resitor sesuai kebutuhan LED, nilai 3 bisa disesuaikan dengan jumlah lednya. Apabila hasil nilai perkalian VLx3 ternyata terlampau lebih besar dari pada VS maka nilai 3 harus dikurangi lagi. 

Sumber : 

ihsanelectro.blogspot.com

No comments:

Post a Comment