Tuesday, February 18, 2014

LCD laptop rusak (bergaris)

 Banyak ditemukan kasus laptop / note book / net book rusak gambar / tampilannya bergaris -garis dengan gejala kerusakan sbb:

  1. Ketika baru dinyalakan, muncul gambar tetapi buram dan agak gelap disertai garis-garis horizontal, bisa di bagian atas saja, tengah, bawah, atau secara keseluruhan.
  2. Kalaupun muncul / tampil gambar, biasanya ketika kita menggerakkan mouse atau membuka file program / aplikasi, tampilan responnya lambat sekali atau gambarnya patah-patah atau putus-putus..
  3. Gambar bergaris-garis ke arah vertikal, dari atas ke bawah bagian tertentu saja, misalnya bagian  kiri atau kanan dan hanya beberapa sentimeter saja lebarnya bagian yang bergaris-garis tersebut. Sedangkan bagian lainnya tampilannya normal / bagus.
  4. Garis-garis muncul  bisa pada saat mulai pertama kali dinyalakan atau hanya kadang-kadang saja.
Berdasarkan pengalaman be-tronik.com menangani kerusakan seperti di atas, biasanya kerusakannya terletak pada lcd screen panel atau layarnya.
  • Pada kasus no. 1 biasanya LCD screen laptop tidak bisa diperbaiki lagi. Jadi harus diganti dengan lcd yang bagus / baru.
  • Pada kasus no. 3 dan 4 biasanya LCD screen panel masih bisa diperbaiki ( bisa saja kerusakan pada kabel fleksibel-nya dan  konektor lcd panel )


sumber:

No comments:

Post a Comment