Friday, February 21, 2014

CPU Komputer Berisik


Cara memperbaiki CPU Computer mengeluarkan bunyi keras
Apakah CPU computer anda mengeluarkan bunyi sangat berisik sehingga mengganggu kenyamanan anda saat menggunakan computer?

Ada kalanya computer atau lebih tepatnya CPU dengan sendirinya mengeluarkan bunyi bising yang sangat mengganggu kita. Hal tersebut disebabkan oleh gejala kerusakan atau permasalahan tertentu pada komponen hardware dalam CPU.

Ada beberapa komponen perangkat keras dalam CPU yang berpotensi untuk mengeluarkan suara bising bila perangkat keras tersebut mengalami gejala kerusakan atau tidak terpasang dengan baik, seperti power supply, FAN, Hardisk, dll.

Dalam sejumlah kasus, salah satu komponen hardware yang seringkali menjadi biang keladi dibalik terdengarnya suara berisik pada CPU adalah bunyi FAN/kipas dan power supply. Kedua perangkat keras tersebut akan mengeluarkan suara sangat berisik apabila FAN/power supply mengalami kerusakan atau tidak terpasang dengan baik.

Power supply akan mengeluarkan bunyi berisik apabila ia tidak terpasang dengan rapat. Selain itu, posisi pemasangan power supply juga harus benar. Jangan memasang power supply secara terbalik, karena hal tersebut bisa menyebabkan keluarnya bunyi berisik. Kemudian, pastikan anda memeriksa kondisi power supply. Jika power supply sudah cukup berusia, maka kemungkinan besar ia akan mengeluarkan bunyi berisik dengan sendirinya. Silakan ganti dengan yang baru jika anda merasa sangat terganggu.

Yang kedua adalah kondisi kipas/FAN. Selain power supply, FAN sangat potensial untuk mengeluarkan bunyi berisik apabila kipas tersebut sudah cukup berusia sehingga kondisinya memang sudah tidak cukup bagus untuk tetap digunakan. Apabila kondisi kipas memang dirasa perlu untuk diganti silakan beli yang baru karena kinerja kipas yang tidak maksimal juga bisa menyebabkan CPU anda mengalami kerusakan atau kinerja komputer menjadi lambat.

Sebelum anda memutuskan untuk mengganti kipas CPU dengan yang baru, ada baiknya anda lakukan pengecekan terlebih dahulu guna memastikan apakah kipas tersebut masih bisa diperbaiki atau memang sudah layak untuk diganti. Perhatikan putaran kipas apakah masih bagus atau sebaliknya. Bersihkan kipas dari debu menggunakan kuas atau alat sejenis lainnya.  


sumber:
www.hponselpc.asia

No comments:

Post a Comment