Sunday, February 16, 2014

alasan harus Ganti LCD Laptop / Notebook / Netbook

ganti lcd laptop pecahAda berbagai macam alasan mengapa Laptop / Note book / Net book / harus diganti  LCD / LED-nya, diantaranya karena ada kerusakan:
  1. LCD / LED laptop pecah, biasanya disebabkan kelalaian pengguna yang meletakkan laptop tidak pada tempat yang aman sehingga terjadi benturan, terjatuh, dan sebagainya yang menyebabkan LCD ( atau disebut LCD panel, LCD screen ) pecah atau retak. LCD laptop yang pecah menyebabkan tampilan layar menjadi putih semua / sebagian, sebagian hitam sebagian putih, atau sebagian berwarna seperti pelangi.
  2. Tampilan bergaris garis vertikal, bisa satu garis saja seperti benang, atau bagian tertentu, dengan lebar garis beberapa centimeter. Gambar berbayang, buram, warna tidak sempurna atau tidak cerah
  3. Dead pixel / bintik terang. Dead pixel artinya bahwa ada kerusakan satu atau lebih pixel LCD. Seperti diketahui bahwa sebuah LCD panel terdiri atas lebih dari ratusan ribu pixel LCD.  Nah, jika salah satu atau lebih pixel LCD yang rusak menyebabkan bintik terang, putih terang atau kehijau-hijauan atau kemerah-merahan. Memang ada software untuk mengatasi dead pixel, tapi hanya berfungsi menyamarkan saja, karena sesungguhnya dead pixel adalah kerusakan pada hardware, bukan software. Ada orang yang tidak mempermasalahkan dead pixel ini, tapi ada sebagian yang merasa terganggu atau merasa ada yang tidak sempurna. Bahkan pernah menangani ada orang yang mau ganti LCD panel laptop hanya karena ada satu dead pixel !
  4. LCD laptop terkena air / minuman
Apakah setiap laptop menggunakan LCD dengan  merek yang sama ? misalkan laptop merek A apakah LCD-nya pasti merek A ?
Jawabannya adalah : tidak selalu ! Bahkan laptop merek terkenal sekalipun tidak selalu memakai merek sama. Memang ada merek dan type tertentu yang sama laptop dan LCDnya. Tetapi kebanyakan berbeda.
Beberapa merek LCD laptop yang cukup familiar adalah :
  • CHUNGHWA
  • LG PHILIPS
  • LG Display
  • HannStar
  • SAMSUNG
  • AU Optronics
  • Chi Mei Optoelectronics

sumber:


No comments:

Post a Comment