Friday, January 17, 2014

tv lcd tidak dapat menerima siaran


1.TV LCD LG 32" tidak dapat menerima siaran

     problem: tidak dapat menerima siaran

     perbaikan: saya langsung saja curiga kalo ini adalah kerusakan pada bagian tuner, tanpa pikir panjang saya langsung membuka casing tv. tercium bau bangkai menyengat, ternyata bangkai cicak yang membusuk terhimpit pada rangkaian power supplay. setelah modul power supplay saya bersihkan dengan thiner dan menggosok bagian papan yang terlihat rusak oleh cicak yang terbakar. tambahkan sedikit solderan dan ujung ujung kabel penghubung saya bersihkan juga,

setelah terpasang lagi semua modul, tv pun saya coba, lalu tunning otomatis dan ternyata tv jadi normal kembali. semua chanel yang ada telah terisi.
ternyata kesalahan berada pada power supplay bukan pada tunnernya

2.LCD TV LG 32 Inc Tidak Bisa Menerima Siaran

Diagnosa

LCD TV LG dalam kondisi stanby , hujan begitu lebat dengan suara petir yang keras? ternyata masuk dan mengenai LCD  TV LG . Syukurnya tidak parah, walaupun soket penerima antena sudah hangus. Setelah kejadian LCD TV LG coba kita hidupkan, tampak dimonitor cuma ada raster ?Coba kita scan auto tetap saja tidak ada satupun siaran yang bisa diterima.
Segera kita periksa, kira-kira dimana letak trouble-nya ?
Tuner adalah tempat proses penerimaan pada setiap Televisi, LCD maupun Televisi tabung. Hubungan dengan kejadian terkena petir paling awal Tuner-lah yang paling awal mengalami kerusakan, Tidak menutup kemungkinan bisa juga mengenai komponen yang lain
Karena kabel antena yang terpasang terhubung dengan Tuner, aliran listrik dari petir masuk dan mengalir ke tuner yang dianggapnya sebagai ground, Musibah buat tunernya? Ic bus dalam Tuneryang mengontrol kerja Tuner mengalami kerusakan. inilah yang menyebabkan Tuner tidak bisa menerima siaran televisi.
Model Tuner yang digunakan pada lcd tv LG:
Tuner LCD TV LG
Untuk mencari Tuner ini kita mesti mengunjungi Servis Center LG, karena Tuner jenis ini kita coba cari di Harco Glodok tidak ada yang  jual. Waktu itu kita mesti pesan dahulu selama 1 minggu, setelah kita dapat Tuner segera kita pasangkan pada mainboard televisinya.
Berharap sambil rada cemas, takutnya ada komponen lain yang terkena dampak dari sambaran petir. Kita coba untuk menghidupkan TV LCD-nya, coba di scan autoAlhamdulillah siaran televisi sudah bisa diterima, satu persatu mulai di simpan.
Rupanya hanya Tuner yang rusak, tidak menjalar ke komponen yang lain. Alhamdulillah yang punya jadi kagak banyak mengeluarkan biaya servis, seperti yang kita ketahui suku cadang buat tv LCD pastinya jauh lebih mahal dari pada suku cadang televisi tabung. Kita beli tuner di Servis Center LG daerah Roxy jalan biak, bagi yang membutuhkan spare-part LG mungkin bisa berkunjung kesana.

No comments:

Post a Comment