Thursday, January 23, 2014

tv lcd suara ada gambar tidak ada

1.LCD TV Sharp AQUOS LC-32D30M-Bkl LAYAR GELAP SUARA ADA

Lcd tv Sharp AQUOS LC-32D30M-Bkl
Lcd tv Sharp AQUOS LC-32D30M
Layar gelap suara ada, pertama di hidupkan gambar nyala sebentar lalu mati lagi,tapi suara masih ada, lcd Sharp Lc-32d30m protek bagian inverter.
kerusakan seperti ini sering terjadi pada lcd sharp Lc-32d30m,






Lcd tv Sharp AQUOS LC-32D30M-Bkl
Lcd tv Sharp AQUOS LC-32D30M-Bkl
klo kerusakan udah jelas dari neon lcdnya, berarti tinggal mengganti. cara mengetahui mana neon yang rusak bisa di lihat dari ciri fisik neon yang terlihat gosong kehitam hitaman, & bila menyala tidak terlalu terang/redup atau kemerah merahan.
penggantian yg maximal agar terangnya seimbang neon yang berjumlah 10 biji lebih baik di ganti semua.tapi jika sepertinya masih bagus penggantian boleh untuk yang rusak saja.


Lcd tv Sharp AQUOS LC-32D30M-Bkl
Lcd tv Sharp AQUOS LC-32D30M-Bkl
Dalam pembongkaran neon/inverter lcd, pastinya membuka layar panel lcd, tips dari saya ada beberapa baut, buka saja yang di beri tanda panah baut,& biarkan baut yang tidak bertanda panah tetap menempel, agar pengangkatan layar lebih baik,dengan mengangkat besi samping2,begitu besi diangkat ,layar lcd pun sekaligus terangkat."harap hati-hati".



Lcd tv Sharp AQUOS LC-32D30M-Bkl

gambar lcd tv sharp Lc-32d30m sesudah jadi.tinggal menikmati..
selamat mencoba...... 








   kesimpulan : kerusakan tv lcd suara ada gambar gelap/tak ada bisa disebabkan neon backlight yg rusak

2.tv Lcd Samsung ada suara tidak ada gambar


LN 32A450 lcd samsung dengan kerusakan ada suara tidak ada gambar,sinar inverternya juga tidak ada, awal mula cek tegangan 24 inverter,normal",,on/off inverter juga normal,saya vonis balast inverter rusak
.

untuk perbaikan balast inverter tergolong rumit,dimana ada sistem proteknya.biasa yang sering saya perbaiki kerusakannya tidak seperti ini,biasanya balast inverter sempat hidup beberapa detik lalu kemudian protek,tapi yang ini mati total.
& karena lcd ini pengalaman saya tentang balast inverter lcd bertambah,ic driver oz964sn rusak,setelah saya ganti ic tersebut,inverter nyala.


akhirnya siap untuk di tonton kembali.


     kesimpulan : dlm kasus ini yg bermasalah adalah di bagian balast inverternya, yaitu ada ic driver oz964sn yg rusak

3.KERUSAKAN LCD LG 42CS560

 
Hidup keluar suara gambar tidak mau tampil,pindah chanel volume besar kecil normal semua..data di memory lc24h32 tegangannya tidak imbang di clock sama saja tidak sama selisih 1,1 volt sehingga menyebabakan gagal boting gambar terutama umpan di ic programnya..setelah di ganti ic memori lc24X265 ext tcon samsung..tiba2 mak jreeng lcd normal kembali..sempat terjadi nyala lama karena proses boting ic....demikian postingan pengalamaan kerusakan lcd 42 suara ada gambar gak tampil lamp normal..kerusakan terletak pada ic memory. mudah2an dapat membantu yang lain nya postingan saya ini.trimakasih?
      kesimpulan: dlm kasus ini yg rusak adalah ic memorynya

4.Gambar hilang suara ada
      1). kalau hilang suara ada, coba cek backlight nya dengan cara mengetuk panel .
jika di panel keluar cahaya (ditempat diketuk), itu tandanya backlight masih bagus, masalah berasal dari T-con atau pcb main.
jika diketuk tdk terlihat apapun, backlight rusak. Bisa rusak neon atau pcb inverter nya. klo neon rusak harus ganti 1 panel, tapi klo inverter rusak, bisa beli di service center.
      2). kalau gelap dan tidak ada suara ; kemungkinan kerusakan dari power 
supply.
jika punya pengalaman di elektronika, coba ukur fuse dan kabel ac cord nya.


5.LCD Polytron raster gelap, suara ada

KASUS :
  • LCD Polytron, dengan kerusakan raster gelap tidak ada gambar dan OSD.
  •  Kalau dipasang antena dan ditekan Vol-up suara normal

PEMERIKSAAN :
  • Kalau dihidupkan pada ruangan yang agak gelap, nampak layar menyala remang-remang. Hal ini menunjukkan kalau back-light menyala.
  • Cek dengan osiloskop sinyal-sinyal pada kabel LVDS dari pcb Blok Digital ke pcb T.con, terlihat adanya sinyal-sinyal gambar digital RGB yang masuk
  • Cek tegangan 5v pada LVDS kabel ke T.con, ternyata juga ada.
  • Maka analisa dan kesimpulan kami, problem kemungkinan pada pcb T.Con

SOLUSI :
  • Bongkar pcb T.con yang menempel pada bagian belakang-atas panel display
  • Kecurigaan pertama adalah ada fuse yang putus.
  • Cek secara visual untuk mencari lokasi fuse (dengan kaca pembesar)
  • Disitu kami menjumpai 2 buah fuse-chip, yaitu F1 dan F2 (lokasi dekat dengan konektor)
  • Cek dengan AVO-meter............ ternyata F1 putus.
  • Cek dengan AVO-meter untuk mengetahui apakah ada bagian yang short yang menyebabkan F1 putus..........ternyata tidak menunjukkan ada bagian yang short.
  • Karena fuse tidak ada dijual.........maka fuse kami ganti dengan sepotong kabel (satu lembar saja) dengan diameter yang lembut. Kabel kami peroleh dari bekas kabel head tape yang dapat auto-reverse
  • Dan hasilnya ketika dicoba hidupkan..........layar langsung menyala....dan gambarpun OK.


**********************

Catatan :
  • Untuk membuka pcb T.con model Polytron ini sedikit agak sulit jika dibanding merk lainnya
  • Pertama kita harus dis-asembling semua board dan perkabelan
  • Kemudian dilepas cover cabinet yang mengalangi (menutup) T.con
  • Dan selanjutnya board dan perkabelan perlu di-asembling lagi jika ingin untuk mencoba dihidupkan.
6.Tv LCD Hisense TLM-55V88GP

Chassis: MST6M68FQ-LF-S1

Gejala: Bila power di on kan, layar tidak ada tampilan dan lampu backlight tidak nyala. Namun suara normal.

Lcd tv ini menggunakan board inverter CMO VIT70077.00 ver.3. Papan inverter ini menggunakan ic OZ964SN sebagai pengontrol board inverter. Ketika memeriksa ic OZ964SN pin 5 (VDDA, pin tegangan suplai), teg supply 5V nya hilang. Setelah mengacu pada datasheet ic OZ964SN dan desain papan PCB inverter yang sebenarnya, ditemukan bahwa supply teg inverter menggunakan 24V, teg 24V ini masuk melalui Q4 untuk mengontrol seperti switch untuk mengirim ke U2 (78M05D). Setelah itu U2 akan menghasilkan 5V untuk menyuplay ic OZ964SN (pin 5).
emitor Q4 terdapat tegangan input, tapi pin C (Kolektor) tidak ada output tegangan apapun untuk U2. Basis Q4 terhubung ke Q1, bahwa itu berarti Q4 adalah kontrol dengan Q1 juga. Periksa konektor board inverter CN1, sinyal pin BL-ON memiliki sekitar 3.4V (aktif tinggi), itu berarti mainboard telah mengirim sinyal ke board inverter agar menyalakan lampu backlight. Tapi backlight tidak bekerja. Jadi sekarang harus memeriksa Q1 , karena berfungsi mengontrol Q4 untuk bekerja atau tidak.  Q1 pin B (Base) terhubung ke C8 , ternyata C8 short dgn gnd. C8 berfungsi sebgai filter.
Setelah C8 diganti, tv bisa normal kembali.
Kesimpulan: Karena kebocoran C8  menyebabkan Q4 tidak dapat aktif, sehingga tidak ada input tegangan ke U2 (78M05D), yg berakibat tidak ada supply 5V ke U1 (Ic OZ964SN pin 5) . Sehingga papan inverter tidak bekerja dan menyebabkan backlight juga tidak bekerja . Setelah diganti C8, TV ok sekarang.

7.Samsung LED LCD raster gelap – suara OK

KASUS :
  • Samsung LED LCD UA32F5000
  • Problem raster gelap – suara normal
  • Cek lampu backlight tidak nyala

LANGKAH AWAL :
  • Artinya model ini tidak diperlengkapi dengan fasilitas protek inverter. Misalnya Panasonic – jika lampu backlight tidak nyala, maka pesawat akan mati protek.
  • Pertama yang kami lalukan adalah melepas modul IP (Inverter-Power suply) – untuk dipelajari sirkit inverter maupun bagian power suply – sehingga nanti akan lebih mudah menentukan titik-titik test-point mana saja yang akan kami cek tegangannya.
  • Power suply model ini ternyata tidak lagi menggunakan sirkit PFC – ini artinya daya yang dibutuhkan dibawah 75 watt.

PEMERIKSAAN :
  • Modl IP kami asembling lagi dan nyalakan pesawat.
  • Tegangan Vcc masuk ke sirkit Inverter ternyata ada – terukur 150v.
  • Tegangan output inverter ke lampu backlight LED juga ada – terukur 200v – ini artinya inverter tidak diperlengkapi dengan sistim protek seperti halnya inverter CCFL, sehingga tidak mati protek walaupun backlight tidak nyala.
  • Setelah memeriksa sambungan-sambungan kabel ke LED back light yang jumlahnya cukup banyak – sambil corat-coret bikin semacam bagan (skema) – maka kami jakin bahwa rentengan LED backlight semuanya disambung serial jadi satu .
  • Dari hasil pemeriksaan ini kami jakin - tentu salah satu lampu led ada yng mati – sehingga keseluruhannya jadi ikut mati.

BONGKAR PANEL :
  • Untuk memeriksa lampu led maka mesti bongkar panel dari arah depan.
  • Casing untuk panel model ini sudah tidak menggunakan screw lagi – semuanya hanya main kunci (lock)
  • Setelah terbuka - nampak didalamnya terdapat 5 buah rentengan led, yang masing-masing terdiri dari 9 buah lampu led dengan lensa yang besarnya kurang lebih seperti kancing jaket
  • Setiap renteng kemudian kami cek menggunakan “Diode Zener tester” yang kami set pada tegangan 50v. Penggunaan alat ini karena kami rasa paling aman – karena maskimum hanya mampu memberikan arus 5mA.
  • Setiap renteng kemudian kami cek satu demi satu.
  • Kami temukan salah satu renteng yang tidak mau nyala – ini artinya pada renteng ini ada salah satu lampu led yang putus.
  • Renteng yang putus ini kemudian kami cek satu demi menggunakan ohm meter untuk mencari led yang putus (disini led yang normal akan bisa nyala jika di test pakai ohm 1x).

SOLUSI :
  • Untuk mengganti led yang putus tentu harus diganti satu renteng – Cuma kami belum tahu apakah spare part semacam ini bisa diperoleh atau bisa beli ke SC.
  • Achirnya kami coba ganti saja led yang putus menggunakan lampu led yang dipakai “batery kepala” yang mempunyai daya 3w.
  • Selesai dipasang – pesawat kami coba hidupkan………..Lho gambarnya kalau pas berwarna putih atau abu2 - maka pas lokasi dimana lampu led kami ganti – ada gangguan “nyala spot” yang lebih terang dibanding sekelilingnyas seperti ada matahari yang tertutup kabut………... Wah…..berabe ini….mesti bongkar lagi.
  • Kami coba-coba berbagai macam cara……..Achirnya walaupun tidak 100% sempurna – led diode yang kami ganti, kami tutupi dengan 2 lapis kertas putih (….mungkin lain kali akan kami coba dengan led dengan watt yang lebih kecil)
  • Hasil pengukuran setelah backlight nyala ternyata berbeda. Vcc yang masuk ke Inverter drops menjadi 100v dan Vcc yang masuk ke backlight drops menjadi 150v.


8. Problem panel 24 inch V230BJ1 Chimei Innolux


TV LCD 24inch pakai panel tipe V236BJI Chimei Innolux...
Problem layar blank gelap, BL nyala, suara normal...
Atau gambar hanya separuh layar atas-bawah 

Cek tegangan2 Tcon spt VGH, VGL, AVdd, Vdd, Vref...semua normal
Cek pakai osiloskop pulsa2 gate driver STV, CKV, OE, POL semua kelihatan normal...

 Panelnya pakai COG (Chip On Glass) dan langganan putus.
Penyebabnya seal nya di sisi panel pada kropos .
Paling banyak kasusnya .
Kalau mau di coba dibuka bongkar aja panel, nanti akan keliatan rusaknya.
COG adalah semacam kupingan, tapi ditanam didalam panel kaca.



















sumber:

3 comments:

  1. Malam pak.mau tanya nih..tv samsung led saya tiba tibtidak ada gambar tetapi suara normal berhubung masih 15bulan beli saya coba menghubungi teknisi samsung.dan mereka mengecek bagian luar tanpa membukanya.menurut teknisi samsung layar harus diganti. Apakah menurut bapak tv samsung tersebut memiliki solusi perbaikan yang lain tanpa perlu mengganti layar?dan bagian bagian apa yg perlu di cek pak..dengan kondisi kerusakan tersebut...mohon bantuannya dan terimakasih sebelumnya pak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. pada panel belakang harus diberi cahaya terang dengan membuka tutupnya.
      jika masih nampak gambar secara remang-remang (seperti klise film), panelnya masih bagus.
      biasanya led stripnya ada yang putus maupun supply arus dari powersupply tidak normal.
      kebanyakan penyebab led strip putus disebabkan arus yang masuk terlalu tinggi (over).
      sangat kecil kemungkinan jika arus drop (kecil)

      Delete
  2. Malam pak.mau tanya nih..tv samsung led saya tiba tibtidak ada gambar tetapi suara normal berhubung masih 15bulan beli saya coba menghubungi teknisi samsung.dan mereka mengecek bagian luar tanpa membukanya.menurut teknisi samsung layar harus diganti. Apakah menurut bapak tv samsung tersebut memiliki solusi perbaikan yang lain tanpa perlu mengganti layar?dan bagian bagian apa yg perlu di cek pak..dengan kondisi kerusakan tersebut...mohon bantuannya dan terimakasih sebelumnya pak.

    ReplyDelete