Friday, January 24, 2014

tv lcd/led mati total

  1. LCD TV LG 32LK331 Mati Total
    problem : mati-total , sama sekali tidak ada tanda-tanda kehidupan.
    perbaikan : Untuk mengetahui kiranya ada dibagian mana penyebab kerusakan segera kita buka LCD TV-nya, ternyata sudah tidak komplit isinya. Rangkaian PSU/ power supply unit sudah tidak ada, pantas saja jadi mati-total, dan untuk memperbaiki ini tentunya mesti beli 1 modul. Ada sedikit kesukaran mengingat kita tidak mempunyai contoh PSU jadi kita coba browsing via Google dan alhamdulillah akhirnya ketemu juga. Untuk contoh PSU memang kita sudah dapat yang mesti kita ketahui adalah besarnya PSU apakah nantinya sesuai dengan posisi di rangka saat kita pasangkan. Untuk yang satu ini caranya hanya dengan mengukur panjang dan lebar posisi baut, kita menggunakan media timah solder biar simpel. Harga PSU dalam kisaran 400-450 ribu, dan poin utamanya adalah menyamakan output dari PSU dengan kebutuhan Logicboard.
Untuk type Logicboard yang digunakan membutuhkan supply tegangan 3,5 volt dan 24 volt jadi ini harus sama jangan sampai salah, akan sangat fatal bila itu sampai terjadi. LCD TV LG ini memang sudah dari bengkel servis jadi agak sedikit cemas apakah akan berjalan lancar bila kita pasangkan PSU baru. Alhamdulillah setelah kita pasangkan PSU baru semuanya berfungsi dengan baik, tidak ada  masalah baru.
     kesimpulan : Untuk kasus seperti ini mungkin tidak susah karena tinggal beli 1 modul, hanya sedikit pengetahuan yang mesti kita ketahui yaitu pastikan tegangan output PSU sesuai dengan kebutuhan Logicboard, di papan PCB bisa dengan jelas kita lihat poin-poinnya.




2. LCD TV Polytron PLM2230R Mati-total

      problem : lcd tv polytron plm2230r jika kita masukan aliran listrik terlihat tidak ada tanda-tanda kehidupan, ini kita lihat dengan tidak menyalanya lampu indikator.
Model LCD TV Polytron :
model lcd tv polytron plm2230r
      penyelesaian :
Untuk mengetahui penyebab kerusakan langsung kita buka LCD TV-nya dan pemeriksaan awal kita alamatkan dibagian PSU/ power supply unit. Komponen utama yang menjadi fokus kita adalah capasitor, sering terjadi masalah disini dan memang benar capasitor sudah dalam kondisi menggelembung. Tampilan PSU- bisa kita lihat pada gambar berikut :

Posisi capasitor tertutup oleh alumunium jadi untuk melakukan penggantian kita mesti lepaskan terlebih dahulu alumuniumnya, seperti ini tampilannya :

Capasitor bernilai 1000uf/25 volt dan setelah kita lakukan penggantian kini kita coba hidupkan LCD TV Polytron dan hasilnya alhamdulillah semuanya sudah kembali normal.
     kesimpulan: dlm kasus ini penyebab tv lcd matot yaitu ada elco 1000uf/25v di pwr supply yg menggelembung.





3. TV LCD LG 32" MATI TOTAL

Menurut informasi yg punya kalau dinyalakan kwh listrik langsung turun.Kecurigaan awal pada rangkaian power suplay ada komponen yg short. Langsung saya periksa dioda bridgenya sendiri bagus. Tapi pada elco 450v diukur short, dan ternyata permasalahannya di TR K13A60 dlm kondisi short. Saya coba cari tr tsb ternyata susah di pasaran. Ada satu toko yg menawarkan K15A50. Kalau yg aslinya K13A60 artinya kekuatanya 13 ampere dan max tegangan 600v. Namun sy coba ganti dengan K15A50. Kalau dilihat tr ini amperenya lebih besar yaitu 15A tp max cuma 500v. Kata yg punya toko sih banyak yg pake dan kuat. Setelah diganti bener TV pun nyala.Untuk persamaan TR K13A60 bisa juga dengan 23N60. Demikian semoga dapat dipakai sebagai bahan referensi temen semua.psu-lcd-32.jpg

   kesimpulan: dlm kasus ini ternyata ada tr di pwr supply yg short




4. LG 32LV2530 (LCD LED) MATI TOTAL

Setelah ku buka back covernya ...ku amati sejenak main chassis dan power boardnya..barangkali ada kerusakan hard ware yang bisa langsung terlihat. Di power board ku lihat ada NTC yang fisiknya kelihatan terbakar.Langsung ku buka screw di power board dan ketika ku angkat..waduhh...ada bangkai cicak yang sudah gosong ,kupikir rupanya ini penyebab utama TV ini mati,mudah2an ga begitu parah....
Kubersihkan bekas bangkai yang msih menempel di PCB dan panel dengan tisu yang di basahi dengan thiner.Ada sebagian jalur kecil yang ikut terbakar dan mengelupas aku ganti dengan kabel jumper,setelah PCB dan panel bersih ,saya lanjut untuk mencari komponen yang kemungkinan rusak.Dari pencarian itu saya dapati ada 4 buah dioda 1N4007 dan NTC yang tadi terbakar ditambah 1 buah FUSE yang putus                                                

  Setelah semua komponen yang rusak diganti dan di pastikan ga ada kesalahan dalam pemasangan,saatnya untuk test apakah bakal berhasil atau makin parah...bismillah...aman...ga ada yang meledak...tapi apakah ada tegangan keluar...?.Sekarang kumasukan kembali AC cordnya dan ku ukur tegangan stand by nya dan terukur sekitar 3.3 volt .Panel sentuh ada di pojok bawah layar dan coba ku sentuh tombol stby nya dan alkhamdulillah hidup normal...
                                                            
      kesimpulan: dlm kasus ini yg bermasalah adalah bagian pwr supply nya. Ada komponen dioda2, ntc di bagian pwr yg terbakar, ditambah ada fuse yg putus.




5. TV LCD POLYTRON PLM 24M31 MATI

Kali ini TV Lcd merk Polytron type PLM 24m31 dengan kondisi mati total, penyebabnya karena kena efek sambaran petir.

Kerusakan TV ini ialah lampu standby tidak bisa nyala, setelah dilakukan pengecekan di bagian mainboard powersupply tegangan 5 volt hilang.


penyebab tegangan 5volt hilang adalah kerusakan pada PEC1439 (semacam diode berkaki 3), klik gambar dibawah ini untuk mengetahui posisi komponen tersebut.


gambar dibawah ini adalah komponen yang rusak

Dan setelah komponen yang rusak di ganti akhirnya TV bisa nyala.
smoga bermanfaat.







6. Toshiba Lcd 32AV600 mati total


KASUS :
  • Toshiba Lcd 32AV600, problem mati total.
SOLUSI :
  • Cek tegangan st-by 5v tidak keluar – disebabkan ic power st-by 5v rusak.
  • Setelah penggantian ic MIP2F20 - tegangan 5v sudah keluar (…..terimakasih akang Dede Digitalmas atas kiriman ic-nya, baru kali ini ke-pakai)……….tetapi pesawat masih tetap belum mau nyala.
  • Cek ternyata tegangan AC-det tidak ada. Amati sirkit AC-det kok malah pusing sendiri (……maklum skema tidak bisa diperoleh) – maka cari jalan pintas tegangan AC-det di-“diperkosa” saja dengan men-shortkan B-E transistor pada sirkit AC-det.
  • Pesawat langsung bisa hidup dengan gambar normal.


clip_image002
Contoh skema MIP2F
clip_image004
  • Tapi masalah belum selesai tuntas – suara ada gangguan back-ground “ngeter”…….. sepertinya gangguan berasal dari pulsa clock sinyal SCL.
  • Cek semua elko aluminum smd sekitar ic chip besar – ternyata banyak yang sudah kering.
  • Setelah penggantian elko 100u (7 buah) dan elko 4.7u – maka gangguan ngeter langsung hilang.


clip_image002[5]








No comments:

Post a Comment