Thursday, January 2, 2014

tv crt volume minim tapi suara masih keras

Tv cina Suara Terlalu Keras Walau Posisi Vol Sudah Minimum

Kemarin saya mendapat service panggilan TV china dengan kasus gambar dominan pada warna biru dan hijau,sehingga tidak dapat menampilkan gambar dengan sempurna, setelah saya cek tegangan pada Output RGB pada CRT ternyata tegangan pada pin Red(R) output menunjukkan tegangang tidak normal pada saat ada gambar yakni terukur seperti pada VCC (180V) , dimana seharusnya tegangan ini akan bergoyang naik turun di bawah 180V pada saat ada gambar, umumnya sekitar 170-125 V. langsung saja saya cek transistor outputnya, setelah dilepas dan diukur ternyata pada transitor ini terjadi sedikit short pada basis dan kolektornya, langsung saya ganti dengan yang baru, dan kemudian di ukur dan sudah normal pada pin output R telah menunjukkan tegangan naik turun dari 170-150V pada saat ada gambar.

Namun tidak cuma kerusakan pada warna , ternyata tampilan Display juga tidak muncul di layar, sehingga terjadi kesulitan jika akan mencari stasiun chanel yang baru karena harus melalui menu preset. kemudian saya langsung cek tegangan pada bagian V syncron dan H syncron, karena syarat untuk Display bisa tampil dilayar adalah ic program harus ada kedua sinyal syncron tersebut, setelah diukur ternyata ada salah satu sinyal syncron yang tidak masuk ke ic program, lansgung saja cari sumber penyebab mengapa sinyal ini tidak muncul, ternyata penyebabnya adalah transistor yang digunakan untuk buffer H syncron tidak normal, langsung saja saya ganti dan jreng langsung tv menampilkan Display di layar.

Setelah selesai menemukan kedua kasus tersebut maka langsung tv dioperasikan untuk searching chanel chanel yang mungkin belum masuk dan tersimpan di memori, setelah proses searching selesai maka didapat banyak chanel, namun suara langsung keras seperti kondisi volume maksimal padahal kontrol volume di display sudah menunjukkan satu strip.
wah ternyata ada ada saja masalah pada tv china ini. langsung saya cari cara untuk bagaimana cara menormalkan kembali volume pada tv ini, setelah mencari di tempat andalanku yakni mbah google ternyata belum dapat menemukan solusi untuk masalah tersebut, waduh jadi bingung dimana kesalahannya, akhirnya aku ingat pernah mengalami kasus yang sama seperti itu pada beberapa tahun yang lalu, akhirnya langsung saja aku masuk ke service mode dengan menekan volume min(-) sampai nol, kemudian tekan lagi tombol View di remote bareng dengan volume min(-) pada tv , kemudian masuklah ke menu service mode, ubahlah pada Stereo Opt. dari nilai 1(on) ke 0(off), maka kontrol suara akan normal kembali. akhirnya selesai sudah menyelesaikan kasus pada TV china suara terlalu keras
     kesimpulan: untuk mengatasi volume tv yg masih keras wlo posisi vol sudah min yaitu dengan masuk ke servis mode dan mengganti stereo opt dari 1(on) menjadi 0(of)

sumber:
arjun-service.blogspot.com

No comments:

Post a Comment