Friday, January 10, 2014

TV CRT TAMPILAN WARNA BERUBAH-RUBAH

   Kerusakan Televisi Berwarna dengan keluhan tampilan warna berubah rubah kadang dominan hijau, merah atau biru dan bila di gebrak normal sebentar lalu warna berubah lagi 

   Tv Berwarna model CRT atau Tabung, kekayaan warna yang dihasilkan di layar sebenarnya hanya terbentuk dari tiga warna dasar yaitu Merah, Hijau dan Biru (RGB). Dengan tiga warna dasar itu terbentuklah jutaan warna yang ada di layar televisi. Bila salah satu komponen penghasil tiga warna itu terganggu sudah pasti warna yang dihasilkan tidak bisa sempurna, bisa saja layar keungu-unguan, dominan-kuning, dan lain lainnya jika komponen penghasil tiga warna dasar terganggu.

Kali ini akan di bahas kerusakan Tv yang indikasi warna berubah-ubah, bila di gebrak warna normal dan beberapa saat warna berubah-rubah lagi. Kerusakan seperti itu pada umumnya terjadi karena retak atau longgarnya timah solderan untuk mematri komponen komponen pada pcb, terutama pada komponen penghasil tiga warna diatas. Kerusakan seperti ini siapa saja bisa memperbaikinya asal bisa pegang solder untuk mematri ulang kaki-kaki komponen yang retak atau longgar..

Pertama tama buka casing belakang televisi dengan melepas semua baut-bautnya dengan obeng, setelah casing terbuka solder ulang semua komponen yang ada blog matrik atau blog Pcb RGB yang ada di ujung Tabung CRT. Lakukan dengan saksama dan hati-hati jangan sampai kaki satu komponen dengan yang lainnya yang semestinya tidak terhubung malah terhubung saat proses solder ulang ini. Setelah solder ulang komponen-komponen blog matrik atau PCB Utuk RGB (Red Gren Blue) selesai dan dipastikan tidak ada solderan yang membuat konslet, nyalakan tv, setelah tv nyala ketok-ketok blog Matrik dengan gagang obeng bila warna masih berubah-rubah berarti masih ada solderan yang kendur atau soket penghubung pcb ke crt sudah aus, pastikan semua komponen tersolder dengan rapat dan ganti soket crt jika perlu, setelah tv dinyalakan dan blog RGB  di ujung crt/tabung diketok-ketok dengan gagang obeng tidak terjadi perubahan warna berarti masalah di blog RGB sudah teratasi.

Selanjutnya setelah blog matrik/RGB beres, ketok-ketok pcb utama Mesin TV, bila tidak terjadi perubahan warna berarti masalah sudah teratasi dan casing bisa ditutup kembali. Namun bila masih terjadi perubahan warna berarti masih ada solderan yang longgar di pcb uatama mesin TV, solder ulang semua komponen yang terlihat kendur terutama di ic chroma dan kaki kaki komponen yang menghasilkan panas berlebih. Hati hati saat menyolder dan jangan sampai konslet dan bila akan melakukan solder ulang di bagian Power regulator terlebih dahulu konsletkan kaki elco besar di power regulator, karena beberapa merk televisi elco ini masih menyimpan tegangan tinggi. Jika elco masih menyimpan tegangan akan terjadi ledakan, agar tidak terjadi ledakan bisa menggunakan elemen pada solder, konsletkan menggunakan steker atau jak solder, tegangan elco akan menjadi netral dan tidak terjadi ledakan.

Setelah Solder ulang semua patrian kaki-kaki komponen selesai dan pastikan lagi solderan tidak ada yang konslet, tv coba nyalakan dan ketok-ketok pcb mesin tv dengan gagang obeng, setelah tampilan warna tidak berubah lagi berarti masalah teratasi dan tinggal menutup casing kembali.

    kesimpulan : masalah tampilan warna berubah-ubah seperti ini, jika digebrak normal dan kembali berubah - ubah lagi disebabkan ada solderan yg retak dibagian rangkaian RGB nya


sumber:

No comments:

Post a Comment