Wednesday, January 22, 2014

tv crt samsung protek

1.TV Samsung Protec

     Model : CB21M17ML
     IC       : KILPTH-1019
                 SS46941A9R
    Vertikal:  LA78040
    Reg     : 5Q0765RT
    FBT    : FOK 14A001
    Chassis: AA41-01153E

     Tv ini mengalami kerusakan  bisa hidup hanya sebentar lalu stby, dugaan awal kerusakan pada blok vertikal, setelah diukur tegangan nya secara umum normal, maklum hanya bisa mengukur tegangan saat tv start saja.
     Langkah berikut mencoba melihat raster yang muncul walau sesaat dengan sedikit memutar VR screen flyback. Dengan cara ini ternyata dapat dilihat bahwa raster yang muncul cacat, hanya kira-kira 10cm melintang horisontal.
     Setelah pengecekan bagian vertikal secara detil belum juga ditemukan masalah.   Akhirnya tv saya paksa hidup dengan sedikit modifikasi dengan menambahkan C 100pf, ke c310(no part) yang bernilai 10pf
Foto 1: sesaat tv start setelah  menggeser VR screen kekanan

Foto 2: Setelah penambahan C310= 100pf






Foto 3: Lihat tanda panah letak C310




Hasilnya tv bisa hidup walau dengan raster yang tidak penuh dan dengan mudah mengukur tegangan vertikalnya. Setelah colok sana-sini tidak juga ditemukan sumber masalahnya.
 Ingat-ingat tv ini pake mode servis, kuputuskan masuk ke menu servis, setelah masuk menu servis ada parameter yang menurutku janggal. Menu Deflec NT == Kubiarkan apa adanya, pada menu Deflection terlihat kejanggalan pada V AMP = 0, nilai ini diubah jadi 62. Rasterpun mau membuka atas dan bawah namun muncul garis-garis di atas seperti lipatan. Setelah diteliti ternyata garis-garis tadi efek dari modifikasi awal ketika tv ini dipaksa hidup sehingga ketika parameter v amp di naikkan jadi terlalu tinggi. Kemudian C 100pf dilepas dan tv tetap hidup normal. Kena deh nih penyakit protec,
 Catatan tambahan pada tv ini, kerusakan layar menutup separuh bagian bawah --- kerusakan pada suplpy teg vertikal -12v resistor  putus. 

2.SAMSUNG CB-21M17MLH PROTEK

beberapa hari yang lalu dapet servisan tv SAMSUNG CB-21M17MLH 21"flat. TV ini menggunakan IC tunggal SS46941A, STR 5Q0765RT, dan IC vertical LA78040 dengan gejala kerusakan "PROTEK" (ON sesaat kemudian kembali standby). saat ON sempat terlihat raster tidak penuh atas bawah(raster hanya ada di tengah2 layar dengan tinggi sekitar 15cm) jika dilihat dari gejala nya kemungkinan yang menyebabkan TV ini PROTEK adalah problem di bagian VERTICAL. setelah casing dibuka dan melakukan pengecekan secara visual, ternyata tv ini kemungkinan sudah pernah diservis oleh pihak lain, terlihat dari bekas solderan di beberapa titik termasuk di bagian VERTICAL nya. elco2 di bagian vertical saya ganti namun problem masih tetap sama, akhirnya ic nya coba saya ganti dengan no part STV9302 karena stok LA78040 sedang kosong. coba nyalakan lagi alahamdulillah TV nyala (gak langsung protek) tapi tetap dengan kondisi raster tidak penuh atas bawah, coba colokkan kabel antena gambar dan suaranya keluar. hmmh....mungkin setting data ajusment V-SIZE nya kurang. ups...baru mau saya matikan(standby) untuk masuk ke SERVIS MODE, karena memang untuk masuk ke SERVIS MODE TV SAMSUNG harus posisi STANDBY kok tv nya dah mati (standby) duluan, PROTEK LAGI nih....ya sudah gak apa2 coba saya masuk ke SERVIS MODE dengan cara tekan tombol DISPLAY + MENU + MUTE + POWER muncul deh menu SERVIS MODE nya, dengan cepat saya tujukan pointer pada posisi ajusment DEFLECTION, disini ada settingan untuk V-AMP, V-SHIFT, H-SHIFT, V-LINEARITY, V-SC, V-COMP, V-DC, dan ternyata nilai V-AMP nya 0 . langsung saya rubah nilai V-AMP untuk mengatur ketinggian gambar dan setelah tinggi nya sesuai, tv pun gak PROTEK lagi.langsung saya matikan tv dengan tombol power remot(standby) untuk menyimpan settingan, coba nyalakan lagi dan ALHAMDULILLAAAAAH.........sekarang gambar nya normal dan gak PROTEK lagi.....

3.tv samsung tda9381 protec

cek tegangan regulator harus 125v jangan sampai lebih dari itu,..
Jika tegangan lebih dari 125v maka secara otomatis IC Program akan memberikan sinyal standby. solusinya cek R dekat TL431 sebesar 123KOhm...kalau sulit dapat R itu,tambahkan secara seri 100k+20k+1k=123k..


sumber:

No comments:

Post a Comment