Sunday, January 5, 2014

tv crt gambar tidak fokus/blur

1.TV SHARP 14" GAMBAR TIDAK FOKUS

Perbaikan tv sharp 14" gambar tidak fokus. Model CATV. Masalah seperti ini bukan disebabkan tabung crt rusak. Kerusakan tabung jarang terjadi. Memang gejala tabung crt rusak juga bisa menyebabkan gambar blur tidak fokus. Sebelum kita vonis tabung crt rusak, lebih baik cek dulu beberapa penyebab tv gambar blur atau tidak fokus.
Penyebab bisa dari socket tabung crt kotor atau berkarat. Anda bisa menggantinya dulu. Bisa juga dari penyetelan fokus flyback yang kurang pas. Kacaunya penyetelan magnet konvergen purity pada leher tabung juga bisa jadi penyebab, ditandai penggabungan warna RGB tidak fokus dan timbul bayangan warna. Maka perlu dilihat dulu gambar tidak fokusnya seperti apa? tidak fokusnya ngeblur, mblawur boso jowone atau warna RGB nya yang tidak fokus. Jika tampilan gambar hanya blur tidak fokus tapi warna RGB fokus, ini disebabkan socket crt aus atau fokus flyback bermasalah. Jika tampilan gambar tampak fokus tapi penggabungan warna RGB tidak fokus, sehingga tampak warna RGB gambar tidak fokus dan ada bayangan warna, bukan blur,  ini disebabkan penyetelan magnet konvergen purity pada leher tabung kurang pas. Untuk kasus yang kedua ini bisa anda setel magnet konvergen nya. Posisinya dibelakang defleksi yoke berbentuk seperti cincin. Dalam kasus saya ini, penyebab kerusakan hanya karena penyetelan fokus flyback berubah. Berubahnya penyetelan fokus flyback bisa dikarenakan penyetelan manual yang kurang pas. Bisa juga karena potensio fokus flyback rusak karena jangka waktu pemakaian yang lama. Dikatakan potensio fokus flyback rusak adalah gambar tetap tidak bisa fokus meskipun sudah melakukan penyetelan fokus. Jika fokus flyback masih bisa disetel, berarti flyback masih bisa digunakan, hanya butuh penyetelan ulang saja. Jika sudah tidak bisa disetel lagi, flyback harus diganti. Meskipun memang ada cara yaitu dengan mencangkok flyback. Tapi alangkah lebih baik jika flyback diganti baru saja, dan harganya pun tidak terlalu mahal, dari pada kita mencangkok flyback. Kalau memang flyback yang kita cari tidak ada atau kita kesulitan mencari tipe yang sama, barulah kita mencangkok flyback. Asalkan flyback yang lama tidak rusak atau short, dan hanya mengalami kerusakan pada potensio fokusnya saja. Jika sudah anda ganti socket crt baru dan sudah anda setel fokus flyback gambar sudah bisa fokus tapi penggabungan warna RGB tidak fokus sehingga terlihat ada bayangan warna. Maka yang perlu disetel ulang adalah magnet konvergen purity nya. Hati-hati dalam melakukan penyetelan magnet konvergen. Salah menyetel mengakibatkan ketiga warna RGB tidak bisa ketemu titik fokusnya. Jadi harus disetel satu persatu cincin magnet konvergennya, warna apa yang tidak fokus.
Gambar no 2 :  Adalah gambar flyback, terlihat ada dua penyetelan atas dan bawah. Yang atas untuk penyetelan fokus, fungsinya untuk mengatur fokus gambar, bisa anda setel disini. Di bagian bawah untuk penyetelan screen, fungsinya untuk mengatur kecerahan gambar. Dalam kasus saya ini, saya  hanya setel fokusnya  saja, tv pun sudah bisa fokus lagi. Jika anda sudah melakukan penyetelan fokus flyback, dan tidak membuahkan hasil, harus ganti flyback baru, tentunya dengan nomer seri yang sama.

Kesimpulan : Penyebab gambar tidak fokus pada tv sharp ini disebabkan setelan potensio fokus flyback kurang pas atau mengalami perubahan nilai. Karena pemakaian yang sudah lama. Dengan melakukan penyetelan ulang potensio 
fokus fbt, gambar sudah bisa fokus kembali. 


2.TV PANASONIC 21" GAMBAR BLUR (tidak fokus)

Perbaikan tv panasonic 21" gambar tidak fokus (blur). Gejala kerusakan seperti ini biasanya disebabkan socket crt sudah rusak atau berkarat bagian conektornya, bisa juga karena penyetelan fokus flyback berubah.
Pada kasus saya ini, kerusakan hanya karena socket crt yang sudah aus atau berkarat karena pemakaian yang sudah lama, saya hanya mengganti socket crt dengan yang baru, gambar sudah bisa fokus lagi, saran saya solder ulang dulu bagian pcb RGB supaya lebih maksimal hasilnya. Ada kemungkinan juga disebabkan tabung crt yang sudah tua atau lemah, masalah ini kadang bisa disembuhkan dengan menggunakan crt restorer. Ada juga tabung crt yang sudah ditembak menggunakan crt restorer hasilnya bisa bagus tapi tidak bisa bertahan lama, gambar kembali tidak fokus lagi (blur). Ciri yang kedua ini berarti tabung tidak bisa diperbaiki lagi selain mengganti tabung crt yang baru.
Gambar ke 2 : Adalah gambar socket crt, silahkan dicoba diganti dulu, sebelum memutuskan merestore tabung atau ganti tabung baru. Kerusakan tabung crt bisa saja terjadi tapi sangat jarang. Jika penggantian socket crt sudah dilakukan, dan hasilnya masih tidak bisa fokus, coba lakukan penyetelan fokus flyback, putar fokus flyback perlahan sambil amati gambar, cari setelan gambar yang paling fokus, hati-hati keliru dengan penyetelan potensio screen flyback, karena flyback ada dua penyetelan fokus dan screen, ada tulisannya di sekitar potensio flyback. Biasanya dengan menggunakan dua cara ini masalah sudah bisa diatasi.

Kesimpulan : Penyebab gambar blur atau tidak fokus pada tv panasonic ini karena socket tabung crt rusak. Setelah  diganti baru, tentunya dengan tipe yang sama, gambar normal kembali. 


3. Tv Panasonic 14" gambar tidak fokus


    problem :   PANASONIC 14" dengan keluhan dan kerusakan saat di hidupkan atau di nyalakan gambar kabur,ngeblur, alias tidak focus. Kerusakan seperti ini biasanya terjadi saat tv tersebut di nyalakan gambarnya pun tidak jelas untuk beberapa menit kemudian lama-lama gambar semakin jelas / focus tapi ada juga yang sampai beberapa jam baru bisa focus alias focusnya lemot.
    perbaikan : Begitu tv tiba di meja kerja saya, langsung saja saya buka tutup belakangnya setelah itu pcb tv tersebut saya bersihkan debunya pakai kuas.
divaizz.blogspot.comSetelah itu sayapun langsung menuju pengecekan / pemeriksaan pada socket crt rgb. Tanpa pikir panjang lagi socket crt tersebut langsung saya lepas dari tabung crt dan ternyata socket crt tersebut sudah berjamur dan berkarat di bagian conectornya.
Kemudian saya lepas socket crt terus saya ganti dengan yang baru. Selesai  ganti yang baru, saya juga menyolder ulang bagian atau rangakaian pcb rgb seperti tampak gambar di samping.
solder ulang ini bertujuan agar apa yang kita kerjakan dalam meperbaiki televisi  kita dapat hasil yang  maksimal dan juga yang terbaik.
Setelah pergantian socket crt selesai lalu saya pasng lagi pada bagian tabung crt dan tv saya coba nyalakan lagi, begitu indikator led nyala gambar  tv tesebut juga langsung ngejreng kembali.

Untuk sobat yang bingung socket crt itu seperti apa sobat bisa lihat gmbar di bawah ini :

    kesimpulan : dlam kasus ini, yg bermasalah adalah socket crt yg sudah berkarat 


sumber:

No comments:

Post a Comment