Wednesday, January 15, 2014

tv crt gambar menjadi hitam putih


1.TV POLYTRON FUH 29 warna berubah hitam putih

       Problem  : Warna pada gambar berubah menjadi hitam putih sedangkan suara normal .
       Langkah pengamatan : Setelah tutup kabinet belakang dibuka , dan pembersihan debu sudah dilakukan maka pcb mainboard sudah terlihat dengan jelas . Disini untuk mencari problem kerusakanpun akan lebih mudah karena areal pcb tersebut sudah bersih .
        Langkah berikutnya solder ulang /resolder : Ternyata banyak solderan yang tidak sempurna atau tidak koneks lagi pada pcb mainboard  tv tersebut , langkah dalam perbaikkan pertama disolder ulang untuk meyakinkan bahwa aliran komponen bisa koneks lagi dengan jalur tembaga di pcb . Biasanya terjadi hal demikian ini , yaitu tidak koneksnya komponen terletak pada areal yang panas misalnya pada : power suplay , flyback , IC , modul RGB.
         Langkah perbaikan terakhir : Di coba untuk dinyalakan tv tersebut , ternyata tv hidup normal baik gambar dan suara , tetapi kendala kerusakan terjadi  pada waktu 10 menit berikutnya yaitu warna gambar mulai berubah menjadi hitam putih sedangkan suara tidak ada masalah , selanjutnya pengecekkan lebih teliti lagi ternyata pada ic croma STV 2238D 
yang berbentuk laba laba temperaturnya panas yang berlebihan , sedangkan dibalik pcb mainboard ada pendingin yang berfungsi sebagai pendingin ic croma tersebut, tetapi pendingin tidak mengalami panas alias dingin saja , setelah pendingin coba dibuka ternyata antara ic dan pendingin tidak berhubungan sama sekali ada spasi /ruang beberapa mili meskipun disini ada pasta berwarna putih yang berfungsi sebagai penghubung panas antara ic dan pendingin , pasta dalam keadaan kering sehingga panas dari ic tidak tersalur kependingin , hal ini yang mengakibatkan panasnya ic yang berlebihan sehingga menjadi  rusaknya ic tersebut.Selanjutnya mengganti ic croma tersebut dengan yang baru , setelah itu mencoba tv untuk dihidupkan , setelah 4 jam berlalu baik warna gambar maupun suara sudah tidak ada kendala lagi .
                             
SPECIFIKASI untuk TV ini :

POWER SUPLAY : FS 10 SM
TR.HORISONTAL : 2001 HI
IC AUDIO : TDA 2030A
AUDIO PRE : STV 8216
IC VERTIKAL : STV 9306 B
IC RGB : TDA 6108 JF
IC CROMA : DIPE ENGINE HX001D .Type aslinya adalah : STV 2238 D
          kesimpulan: penyebab gambar menjadi hitam putih yaitu ic chroma yg rusak akibat pendingin(heatsink) kurang menempel sehingga panas dari ic chroma tak tersalurkan

2.TV panasonic jadul TAMPILAN HITAM PUTIH
    problem: tampilan hitam putih
   langkah perbaikan:
Setelah mengetahui gejala kerusakannya, casing kubongkar lalu tak solder ulang patrian-patrian komponennya. Setelah selesei tv taknyalakan namun masih sama saja warna tetap hitam putih alias hilang warnanya. Selanjutnya ku gnti elco-elco RGB namun juga tidak ngefek.

Selanjutnya takamat-amati lagi fisik dari komponen-komponennya sambil takgoyng-goyang eco-elco dan komponen-komponen lainnya hingga jari menyentuh crystal. Componen terbungkus stanlis steel ini terasa goyang seperti patah kakinya. Setelah taklepas ternyata benar-benar patah pada pangkal solderannya. Maka tak sambung kaki crystal tadi dan takpasang lagi.

Selese pemasangan pin crystal tadi televisi saya nyalakan dan kini muncul sudah si Merah Hijau Biru. Tamplan kini telah berwarna dan ketemu lah penyebab hilangnya warna RGB ynag menyababkan tv Warna berubah tampilan menjadi hanya Hitan Putih saja. 
     kesimpulan: penyebab tampilan menjadi hitam putih pd kasus ini yaitu ada kaki kristal yg patah

3.tv merek FUJI ELEKTRIC 21'' WARNA HILANG JADI HITAM PUTIH SEBAGIAN SIARAN TV

     Pada masalah ini saya mendapatkan tv merek FUJI ELEKTRIC 21'' model baru yaitu yang menggunakan ic chroma LA76810A/ la76818 yang sering di katakan fuji china,,,, pertama kasus dari tv ini adalah tidak dapat siaran,, setelah saya cek  bagian siarannya yaitu pada tegangan 33voltnya ternyata tidak ada,,,,,, dan yang rusak hanyalah solderannya saja,,,, stelah saya solderin semua,,, saya hidupkan lagi tu tv,,, auto search,,,,, dapat semua siarannya,,,,,,( dah senang nehhh masalah dah clear dalam hati),,,, egh ternyata setelah selesai pencarian timbul masalah baru,,,, yaitu ada beberapa siaran tv tidak ada warnanya,,,, hitam putih doank,,,, kayak tv jaman dulu......wahhh mulai pusing neh,,,,,, karena saya paleng males dapat tv rusak bagian siaran,,,,,  saya stel trafo IF nya yang no 6019  masih saja begitu ,, hitam putih jg ,trus saya ganti traf IFnya lagi,,, masih gtu juga,,,,,, saya ganti tunernya,,,, gtu juga,,,,, so filternya saya ganti juga begitu juga,,,,, tambah pusing neh,,,,, apa lah rusak ne tv,,,,, akhirnya saya ganti tu IC chromanya,,, LA76810A,,,, saya solder,,,, pasang semua,,,, cari siaran secara auto search lagi.... stelah selesai pencarian ,,,, saya cek semua siaran ada warnanya,,,,,,  alhamdullillah selesai,,,,,,      kesimpulan: penyebab gambar sebagian siaran tv menjadi hitam putih pd kasus ini yaitu ic chroma LA76810 agak rusak dan minta diganti.


4.Mesin Tv cina warna hilang
      Dapet garapan tv jadul tapi mesin dah di ganti mesin cina data tv ic prog. TH-50J2 4NR9, croma LA76818A,memory 24c08, horizontal C 4769 , vert LA 78040 , ic sound LT5265 ,dan FBT BSC 25 - Z601 F ,kerusakan ada suara mendesis dan bau amis kata yg punya, kemudian tv langsung saya buka bener perkiraan ku ternyata karet FBT sudah bosok,dan bekas di coba pake lem plastik stil sama tukang servis sebelumnya,kemudian langsung saya bersihkan saja bekas lem2 yang sudah banyak menempel pake tiner, kemudian karet saya ganti dengan yang baru,trus tv di coba dan Alhamdulilah sudah tidak bocor lagi,tapi tidak itu saja saya masih dapet bonus gambar lari2 bergeser, kemudian saya cek tegangan masih bagus maka kemudian lakukan solder ulang bagian croma,setelah selesai penyolderan tv saya test kembali dan gambar tidak berjalan lagi alias normal , tapiii lo kok warna gak keluar alias hitam putih B/W gambarnya, kemudian coba ganti cristal warna tetep gak keluar, capasitor ganti tetep gak keluar, saw filter coba ganti tetep bandel, kemudian cek pin 43 pada ic LA 76818 A ternyata tegangan 5v masih bagus kemudian coba ganti R205 (6,2k) dengan yang lbh kecil yaitu 1k, ternyata masih bandel,setelah semua komponen yg laen dah pada di ganti tetep saja bandel ,akhirnya LA 76818 A sudah dapat di jadikan tersangka utama, tanpa basa basi lagi langsung ambil senajata solder dan sedotan, jebrat jebret IC lengser dan di ganti dengan pemain baru, karna stok LA 76818 A lagi kosong maka saya ganti dengan LA 76810 A ,setelah selesai tv saya setel dan warna keluar normal ,kemudian masuk sermod dan ubah pengaturan pilihan ic dari LA76818A ke setelan LA76810A agar gambar tidak berkedip, setelah itu Alhamduilah syukur selesai sudah pengerjaan tv ini , tinggal nunggu bayaran, moga manfaat Amin..............
     kesimpulan: penyebab gambar menjadi hitam putih pada kasus ini yaitu ic chromanya yg rusak

5.TDA8366 dengan problem no color
 KASUS :
  • TV Sony dengan TDA8366 dengan problem “no color”

SOLUSI :
  • Cek adjustment Color volume, Color System (Auto atau PAL), Sound System (B/G) semua sudah benar.
  • Buka schematik diagram……tapi sepertinya kok masih sulit untuk membantu analisa.
  • Buka datasheet untuk memahami cara kerja bagian warna serta alat bantu analisa kerusakan.
image Blok diagram TDA8366

Untuk lebih jelas kerja bagian pemroses  warna – dapat  ditunjukkan seperti gambar dibawah :
image
  • PAL/NTSC decoder, untuk memisahkan sinyal warna dari sinyal pembawa warna 4.43Mhz  menjadi sinyal warna (R-Y) dan (B-Y)
  • 1H Delay line TDA 4661, untuk mengembalikan phase sinyal (R-Y) pada sistim PAL karena phasenya digeser 90setiap 1 horisontal line pada transmiter
  • G-Y MATRIX & SAT CONTROL, Kontrol level warna dan pemroses matrix sinyal (R-Y) & (B-Y) untuk mendapatkan sinyal R, G, B
  • Setelah melakukan pemeriksaan pada komponen-komponen yang berhubungan dengan sirkit warna, maka diketemukan salah satu kapasitor pada pin-34 leaks (bocor)

6. TV AKARI GAMBAR TIDAK BERWARNA Pada Channel Tertentu


     problem: TV AKARI yang pakai LA76818A, PTCS030201-50F9 tidak ada warna pada chanel tertentu.
     perbaikan: Setelah melakukan pengecekan pada komponen2  tidak membuahkan hasil bahkan sempat melakukan penggantian LA76818A hasilnya sama saja. Coba ganti 24c08 yg sudah ada isinya(programnya), dan ternyata tv bisa normal.
Usut punya usut ternyata penyebabnya adalah berubahnya setingan data pada servis menunya yaitu pada MENU 04: SIF-SYS-SW yang seharusnya 5.5 berubah menjadi 6.5.
Tetapi masalahnya data tetap akan kembali lagi berubah ke 6.5 setelah keluar dari service-mode.
Sampai 4x saya ganti 24c08 dan hasilnya sama saja  data tetap kembali lagi berubah ke 6.5 setelah keluar dari service-mode.

Solusi :
: Masuk ke  servis-mode (MENU pada front panel dan SLEEP pada remote)
: Pilih menu nomor 11.
: Ubah nilai data OPT-COLOR-SYSTEM dari “1” ke “2”
:Ubah nilai data OPT-SIF-System dari “0” ke “1”
: Keluar dari servis-mode (SLEEP2x)
: Masuk ke main menu (dengan menekan-nekan tombol MENU).
: Pilih menu SYSTEM
: Ubah “M/N” menjadi “B/G”
: Keluar dari main menu
: Masuk kembali ke servis-mode lagi.
: Pilih menu nomor 11 lagi (untuk mengembalikan nilai data yang telah dirubah)
: OPT_COLOR-SYSTEM ubah kembali menjadi “1” seperti semula.
: OPT_SIF-SYSTEM ubah kembali menjadi  “0” seperti semula
: Keluar dari servis-mode.
: Lakukan Auto search ulang

7.Polytron STV2286 – lama-2 gambar jadi hitam putih


KASUS : 
  • Polytron menggunakan chroma STV2286.
  • Pertama dihidupkan gambar normal….lama-lama warna hilang jadi hitam-putih.

PENYEBAB :
  • Cek tegangan 8v atau 5v lama-lama berubah naik.
  • Disebabkan regulator 8v (IC505) bermasalah atau regulator 5v (ic506) yang bermasalah.
image
<<<<<<<>>>>>>>





sumber:
servicetvarema.blogspot.com
donggupit.blogspot.com
bengkelmaster.blogspot.com
cahayasejatielectronic.blogspot.com
marsonotv.blogspot.com
sekawan-servis-electronic.blogspot.com

No comments:

Post a Comment