Friday, January 3, 2014

tombol tv tidak fungsi

1. Sharp tombol tak berfungsi

     Kemarin datang order tv sharp mati total katanya yang empunya tv udah di benerin tapi malah mati total cuman masalah ada garis horisontal di tempat service sebelumnya. Si tukang service sbelumnya bilang ga sanggup benerin.
 Langsung aja tak tes tv di nyalain emang bener di lihat dari lampu lednya juga ga nyala apalagi Protek, tak buka casing, pertama cek dulu tegangan Vcc ic program sebesar 3,3volt dalam keadaan drop haduh kenapa nih? saya lanjutkan pengukuran pada tegangan 115volt drop juga, ic horisontal sehat2 saja .... error nih hadware tv sharp pikirku. Dilanjutkan pada bagian ic matik tapi ic horisontal lepas dulu berikut pendinginya untuk menghindari lonjakan tegangan kan sayang kalo entar shot. Mata memandang pada solderan dembleng< jumper> mungkin kurang hati2 pada penyolderan si tukang service sebelumnya, lansung aja buka jumperan tadi, tak coba ukur 115voltnya normal pasang ic horisontal yang tadi ku cabut jrennnngg... keluar tuh gambar tak coba kok tombol vol-/+ chanel, menu tak berfungsi di ikuti wktu pertama tv di nyalakan tombol volume+ tambah 1  saya pikir paling2 cuma mikro swite yang rusak atau resistor yang melar tak ukur semua normal2 saja selanjutnya tak cek tegangan ic croma pada pin 7 lho kok 5volt yang seharusnya sekitar 3,3volt berarti ada yang ga beres lebih jelasnya lihat gambar




Berburu lagi nih setelah lelah dalam penelusuran akhirnya penantian pun berakhir ternyata ada solderan yang ngejumper lagi di bagian deket Tuner yang jumper pada ic pin 7 tadi, langsung dah copot jumperan ukur lagi dah tegangan akhirnya normal juga tuh tombol langsung bungkus aja coba udah 1jam lebih tv normal.
    kesimpulan: penyebab tombol tak fungsi pd tv ini yaitu teg pd ic chroma pin 7 naik menjadi 5 volt dikarenakan ada solderan di bagian deket tuner yg secara tak sengaja terhubung dg ic chroma pin 7 tsb.

2. TV china tidak bisa di kontrol

gejala:
  • pada awal di nyalakan tv bisa hidup gambar, suara dan warna tampak bagus dan normal,namun hanya kanal 0 saja.lain nya tidak bisa di akses.
  • permasalahan terletak pada tombol manual baik volume + & - tidak berfungsi
  • tombol program up /down. menu. tv/av juga tidak berfungsi
  • ketika remote di gunakan  sistim tidak  berfungsi.
langkah kerja:
  1. buka box tv bersihkan cassing & pcb dari kotoran yang melekat.
  2. amati jalur dan koneksi lakukan perbaikan seperlunya.
  3. lakukan pengukuran pada tegangan vcc 110V. 12 v, 16v dan 5 v semua dalam kondisi normal.
  4. dugaan sementara pada IC program atau memory mengalami masalah.
  5. cek pada kanal yang terhubung dengan chasis tombol dan sensor remote di ketemukan tidak ada perubahan tegangan ketika tombol di tekan.
  6. disimpulkan bahwa micro switch panel tv mengalami masalah.
  7. lakukan penggantian semua micro switch di panel , akhirnya tv kembali normal.
      kesimpulan: ternyata smua tombolnya yg rusak

3. Tv China 8873cscng ,tombol panel dan remot tak berfungsi

      Kemarin aku dapet panggilan service. Kata yang punya, tvnya ndak bisa nyala.Tanpa pikir panjang ku coba tak nyalakan itu tv, kok ndak ada reaksi sama sekali, ku cek itu mesin,lho kok normal semua tegangannya,110volt okey,24 volt okey,9v volt okey,5 volt its okey,hmmm,ada apa ini,coba ku putar screen lho kok blank sih cuma muncul ijonya doank tanpa osd, remot dan tombol panel juga tak fungsi sama sekali, scl dan sda normal, pin reset juga normal,halllah paling cristalnya iki'"pikirku dalam hati. Kemudian aku ganti kristalnya, dan jreeeengngng tv normal kembali.


4. Tombol Tidak Fungsi
problem:
Tv Cina, tombol panel maupun remot tidak berfungsi, namun mesin ini begitu dinyalakan program jalan sendiri, kadang chanel pindah sendiri kadang av sendiri kadang auto search sendiri.
Keluhan pertama kerusakan tv ini adalah layar gelap hitam tak ada tampilan, setelah casing dibuka dan di lihat fisik komponen-komponennya terlihat beberapa elco bocor dan menggembung, setelah penggantian elco-elco tv mau tampil, namun program error, tombol chanel maupun remot tidak berfungsi dan program berubah-ubah. Kadang av sendiri, kadang chanel geser, kadang auto tuning sendiri.








Perbaikan:
Dari gejala kerusakan itu di cek tegangan 5volt untuk program normal dan komponen-komponen normal semua, setelah beberapa saat belum ketemu penyebab error program tv ini, coba-coba saya cek jalurnya dari chanel sampai ke kaki Ic Program, dari pengukuran terlihat jalur putus, setelah di telusuri ketemu di satu titik ada jalur yang putus namun tidak terlihat karena tertutup cat pcb.
Jalur yang putus di jumper lalu tv coba dinyalakan dan program sudah kembali normal. Remot berfungsi normal begitupun tombol panel program normal semua.

kesimpulan:
Akhirnya ketemu juga penyebab error program tv ini yang ternyata hanya karena putusnya jalur PCB.

5.Tv menggunakan IC tunggal Zig-zag VCT49xx “hang”


KASUS :
  • Teve dengan IC Tunggal Zig-zag VCT49xx
  • Problem pertama hidup normal, beberapa lama kemudian semua kontrol dari remote maupun front panel jadi “hang” tidak dapat dirubah-rubah.
SOLUSI :
  • Kasus mikrokontrol “hang” umumnya disebabkan problem filter bagian power supply yang tidak sempurna atau tegangan drops.
  • Setelah penggantian elko filter untuk supply bagian mikrokontrol untuk tegangan St-by 1.8v pada pin-43 dan tegangan 3.3v pada pin-46, maka problem langsung terselesaikan.
image
Catatan :
  • Kerusakan elko filter disini  kadang juga dapat menyebabkan teve tidak bisa start, atau kadang mati hidup sendiri.




sumber:

7 comments:

  1. Maaf saya mau tanya ni.. Sya pnya tv china baru beli blum ada 1hari udah rusak remotenya, tu knpa ya.. Jd kdang ba kadang ga bs,. Pdhal ga prnh jatuh,. Trus, kok tombol panel ditv aneh ya, yg seharusnya volume+ jadi tombol ganti... Mohon bntuanya mksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba ganti baterai remote nya dulu, jika masih tidak bisa tes remote dengan cara memencet tombolnya dan arahkan remote ke radio Am(tidak bisa menggunakan radio fm). Jika terdengar suara "det det det" pada radio Am tsbt maka remote masih normal, dan dlm hal ini bisa jadi yg rusak sensor infra merah di dlm tvnya. Untuk kasus tombol yg ngaco coba ganti tombolnya dgn yg baru

      Delete
  2. salam kenal mas..klu tv cina tombol fungsi semua tpi pakai remot tidak bisa, udah ganti sensor tv tetap tidak bisa, tegangan ada 5v. kira2 masalahnya dimana ya..?

    ReplyDelete
  3. kang saya minta skema tv sharp 20r20bm sekalian kalo punya data eeprom samsung cs21d500ht

    ReplyDelete
  4. Mas tv only cina tombol sama remote gk berfungsi smua.. Kira2 apa mas.. Thanks

    ReplyDelete
  5. Om..ada tv LG 42" lcd model lama..hidup..tp cuma 1 chanel aja ..remot tidak bisa ,pake tombol pada tv jg gk bisa ..kira2 apnya ya

    ReplyDelete