Friday, January 10, 2014

laptop restart sendiri

1. Penyebab Laptop Mati Mendadak Dan Suka Restart Sendiri

Penyebab laptop mati atau rusak itu sangat banyak, dan yang paling sering yang dialami oleh para pemilik laptop yaitu Laptop mati mendadak atau selain itu juga beberapa dan mungkin banyak dari para pengguna laptop yang mana sering mengalami bahwa laptop suka restart sendiri saat digunakan. Kenapa laptop suka tiba-tiba mati dan restart sendiri? Apa penyebab laptop kita mati? Pertanyaan demi pertanyaan pun terbesit dibenak kita dengan sendirinya, sampai akhirnya kita mencari tahu sendiri apa penyebab nya dan bagaimana solusi untuk laptop mati mendadak atau solusi untuk kasus laptop yang suka restart sendiri.
Sedikit penjelasan mengenai kenapa laptop suka mati dengan sendiri nya saat digunakan padahal batre laptop masih bagus dan adaptor juga masih tersambung ke laptop. Silahkan dibaca alasan-alasan kenapa laptop mati dan suka restart sendiri atau laptop mati dengan tiba-tiba.
  1. Menumpuknya debu di celah-celah pembuangan heatsink fan sehingga udara panas terperangkap alias tidak bisa ber sirkulasi dengan baik, maka dari itu suhu prosesor cepat panas.
  2. Pasta prosesor yang sudah terlalu kering. Tapi untuk penyebab kedua ini kecil kemungkinannya karna jika pasta kering tidak terlalu berpengaruh akan suhu prosesor nya yang fluktuatif.
  3. Penyebab ketiga karena motherboard tidak memberikan sinyal  5V ke fan processor, sehingga fan tidak bisa running dan otomatis processor pun langsung panas.
  4. Dan yang terakhir karena fan prosesor rusak. Kalo fan prosesor sudah tidak berfungsi dengan baik, atau putaran fan nya lemah dan bahkan tidak berputar sama sekali, ya tentu saja prosesor akan cepat panas dan akhirnya mati atau ngerestart.
Penyebab Laptop Mati Mendadak Dan Restart Sendiri
Penyebab Laptop Mati Mendadak Dan Restart Sendiri
Lalu solusi untuk permasalahan laptop yang suka mati mendadak dan restart sendiri saat digunakan itu seperti apa jika kita sudah mengetahui permasalahan nya? Sebelum kita mencari solusi, ada baiknya apabila kita betul-betul memastikan penyebabnya dulu, tapi biar gak pusing harus cari penyebab, kan udah disebutkan di atas ada 4 hal yang menyebabkan laptop kita suka mati tiba-tiba, berarti tinggal di lakukan aja langkah-langkah yang akan dijelaskan berikut ini.
Solusi untuk memperbaiki laptop mati mendadak dan restart sendiri itu adalah sebagai berikut :
  1. Jika sudah diketahui banyak debu yang menumpuk pada fan prosesor laptop, maka segeralah bersihkan menggunakan kuas yang halus, bersihkan sebersih-bersihnya.
  2. Jika sudah diketahui pasta prosesor kering, maka cabut dulu prosesornya, bersihkan pasta yang kering tersebut, dengan pasta yang baru yang masih encer.
  3. Jika sudah diketahui ada ic atau komponen dari motherboard laptop yang tidak memberikan sinyal 5V ke fan prosesor, Bisa di jumper dan solder kaki atau pin 5 volt fan yang berwarna merah ke 5 Volt USB, tapi hati-hati apabila tidak mengerti rangkaian dasar elektronika, karena berakibat fatal.
  4. Jika sudah diketahui fan prosesor rusak, beli dengan fan prosesor yang baru, tapi tidak mudah mencari fan prosesor, karena setiap fan memiliki tegangan dan soket yang tidak sama antara laptop yang satu dengan laptop yang lain.

2. mengatasi Komputer atau laptop yang suka restart sendiri

ada beberapa Faktor yang membuat komputer atau laptop kita sering restart sendiri, di antara nya sbb :
1. Overheat (kepanasan)
khusus nya di bagian yang fatal seperti Prosessor. apa bila temperatur pada prosessor tidak wajar, hal itu akan menyebabkan komputer menjadi lola, karena kenapa ? karena Prosesor lah otak di balik semua aktifitas komputer yang di bantu oleh chipset sebagai perantara prosesor dengan perangkat lain nya, lalu apa hubungannya dengan komputer restart ?? sudah jelas ada hubungan nya donk ?? karena jika suhu melebihi batas kewajaran, maka prosesor sulit untuk bekerja, sama hal nya seperti anda yang bekerja di dalam ruangan yang panas, pasti anda menjadi lebih malas bekerja, karena kinerja prosesor melambat, sementara anda membuka File yang terbilang berat, maka si Prosesor nyerah, dan yang ada komputer anda Restart, dengan harapan si prosesor tersebut bisa me refresh kan diri nya untuk sesaat dari beban yang di pikul nya. LALU, apa yang harus saya lakukan untuk menyelesaikan masalah ini ??
anda bisa mengecek temperatur komputer pada BIOS, atau anda bisa menggunakan program untuk mengecek temperatur dan lain sebagainya, lihat apakah benar bahwa Prosesor anda kepanasan ??? kalau benar yang harus anda lakukan memberi kesejukan kepada Prosesor. Dengan Cara apa ?? dengan cara anda mengganti Pastel prosesor anda yang sudah lama, agar membantu penyerapan panas dari prosesor ke heatsink, dan jangan lupa untuk membersihkan FAN dari debu dengan begitu prosesor lebih aman, dan bila perlu anda bisa mengganti FAN prosesor dengan FAN yang memiliki kemampuan lebih tinggi, agar hawa panas pada prosesor cepat di buang keluar

2. Antara Hardware dan software tidak cocok
Hal ini juga bisa menjadi penyebab Komputer atau Laptop sering Restart, tidak percaya ? coba aja anda instal software yang tidak cocok dengan hardware nya, bahkan bisa sampai BSOD (blue screen Of  Death) itu bisa terjadi karena ketidak sinkronan antara software dengan hardware sehingga Sistem operasi yang menjalankan juga menjadi bingung, dan meminta anda untuk mengun install software tersebut
Cara mengatasi nya ya cukup dengan meng un Instal program yang tidak sesuai itu, mungkin agan lupa sebelum komputer suka restart agan menginstal sebuah software yang tidak support

3. Power Supply turun daya
Hal seperti ini sangat sering terjadi gan, biasanya seperti ini ketika menyalakan komputer, pada waktu bios loading windows itu komputer bisa berjalan normal, tetapi ketika masuk ke windows yang terjadi adalah komputernya restart, apa yang terjadi ?????
logikanya seperti ini, ketika komputer masuk ke bios dan loading windows itu daya listrik yang diminta masih belum banyak, tetapi ketika masuk ke dalam windows pastinya banyak program yang dijalankan dan pastinya akan meminta asupan listrik yang cukup banyak, dan ketika power suply sudah menurun dayanya yang terjadi power supply tidak dapat memberikan permintaan listrik ke komputer akhirnya ngerestart kan gan ? masuk akal gak ??
Cara mengatasi nya ya ganti Power Supplay Komputer Anda

4. Kerusakan Di Harddisk
Ada kemungkinan juga ada badsector di harddisk anda yang menyebabkan komputer anda tidak maksimal dalam pembacaan data yang menyebabkan komputer restart, 
lalu bagaimana cara mengatasinya ?? anda bisa melakukan checkdisk atau melakukan defragment pada harddisk anda untuk membersihkan File file sampah pada hardisk

5. fatal error
ya keterangan fatal error juga sering kita temui ketika sistem anda sedang ada masalah, dan anda sedang bermain komputer, dan setelah itu komputer akan restart otomatis, bahkan tiba tiba si layar jadi warna biru BSOD (Blue Screen Of death) nah bagaimana cara mengatasinya ??
cara mengatasi nya ya repair saja system anda atau install ulang, jika tidak maka yang terjadi tetap seperti itu

sumber:

No comments:

Post a Comment