Wednesday, January 15, 2014

Cara Mengatasi Handphone Terkena Air

PENJELASAN 1

Cara memperbaiki hp kemasukan air

Ponsel adalah salah satu perangkat elektronik dimana perangkat elektronik memang sangat rentang mengalami kerusakan ketika kemasukan air. Ada sejumlah hal yang memicu terjadinya kerusakan pada ponsel, air adalah salah satu penyebab kerusakan yang benar-benar harus anda waspadai.

Air yang masuk ke ponsel anda akan mengakibatkan kerusakan pada bagian dalam ponsel dengan tingkat kerusakan yang sangat serius. Air tersebut bisa masuk ke komponen-komponen vital ponsel seperti halnya controll processing unit atau CPU. Jika ponsel anda mengalami gangguan/kerusakan pada komponen yang satu ini, maka tingkat kerusakan ponsel menjadi sangat serius.

Sebelum anda membawa ponsel ke tukang servis, ada baiknya anda melakukan upaya perbaikan sendiri terlebih dulu. Cara mengatasi hp kemasukan air yang akan saya  share pada kesempatan posting kali ini tidak membutuhkan skill apapun karena ia sangat sederhana sekali, bahkan anak kecil sekalipun dengan mudah mampu melakukannya. Namun demikian, dalam sejumlah kasus metode ini sudah terbukti mampu membuahkan hasil. Hp yang tadinya mati total akhirnya kembali bisa digunakan secara normal.

Jika anda menyadari hp anda kemasukan air :
  1. Lepas batrei ponsel (prioritas).
  2. Jika anda punya obeng untuk membuka casing dan komponen dalam hp, bukalah casing hp anda beserta komponen-komponen kecil yang sudah dimasuki air.
  3. Jemur ponsel anda sampai benar-benar kering (minimal 4-6 jam).
  4. Meski anda meyakini ponsel sudah dalam keadaan kering, biarkan dulu dan jangan keburu memasangkan batrei dan menghidupkan ponsel.
  5. Cas bateri anda menggunakan cas dekstop atau pinjam hp teman untuk charging (pastikan anda mengisi batrei sampai penuh).
  6. Selanjutnya, pasangkan batrei anda ke ponsel (dalam keadaan sangat kering).
  7. Hidupkan ponsel anda.

Note:
Jika hp masih tidak mau menyala, lepas kembali batreinya dan panaskan/jemur lagi hp anda. Lakukan rutinitas penjemuran sampai 3 hari dan jika hasilnya masih nihil barulah anda bawa hp tersebut ke servisan.

Cara diatas tidak selalu berhasil, namun anda bisa mencobanya karena berdasarkan beberapa percobaan metode diatas mampu menormalkan hp yang kemasukan air, dengan catatan komponen vital ponsel belum mengalami kerusakan yang parah akibat genangan air yang masuk.

PENJELASAN 2
Air memang merupakan salah satu musuh utama bagi kebanyakan alat elektronik, Seperti yang kita tahu air dan barang elektronika tidak cocok satu sama lain karena sifat air yang menghantarkan listrik. Maka ketika handphone tersiram / tercebur kedalam air, komponen elektronik yang ada di hp dapat mengeluarkan arus pendek yang dapat merusak handphone. Akibatnya bisa bermacam- macam, dari mulai ada fungsi yang rusak, hingga mati total. Tapi jika handphone terkena air jangan panik terlebih dahulu, karena ada kemungkinan handphone anda masih bisa diselamatkan bila mengikuti ‘ tips jika handphone terkena air’ berikut.
     Dikutip ARTIKEL ZONE, situs Yahoo News telah melakukan experimen dengan menceburkan 3 handphone kedalam air (Blackberry , Android, dan iPhone) selama 60 detik. Yang harus kita lakukan adalah :
 1. Jangan hidupkan handphone 
    Bila anda menghidupkan handphone dalam keadaan basah akan langsung menimbulkan arus pendek yang merusak komponen di dalam hp. 
2. Cabut Baterai, Sim Card, dan Memory card 
    Cabut semua bagian handphone yang dapat dilepas, dan bila handphone anda tercebur / terkena cairan seperti kopi, teh, air laut, dll – rendam dahulu handphone anda kedalam air ataupun cairan alkhohol untuk mencegah karat terjadi di komponen handphone. 
3. Keringkan handphone 
    Keringkan semua bagian handphone dengan mesin kompressor udara atau penghisap udara, tapi jangan dengan hair dryer karena udara panas yang dihasilkan dapat merusak komponen didalam handphone.
 4. Taruh handphone didalam beras 
     Yup,kok beras,,,aneh memang coba aja gan. Ambil satu kantung plastik beras kemudian taruh handphone, baterai, memory card kedalam beras sehingga butiran air yang masih tersisa dalam handphone diserap ke butiran-butiran beras. Diamkan handphone didalam beras selama 1-2 hari. 
5. Hidupkan handphone
    Setelah hp ditaruh dalam beras selama 1-2 hari dan yakin sudah benar-benar kering, pasang kembali semua bagian handphone, lalu charge handphone anda dalam keadaan mati. Setelah itu coba hidupkan handphone anda. 


sumber:

No comments:

Post a Comment