Monday, January 20, 2014

tv crt tidak bisa menyimpan siaran


1.GOLDSTAR TAK BISA MENYIMPAN SIARAN

              Sore kemaren datang seorang teman yang juga menjalani profesi sebagai montir elektronik dengan membawa sebuah chasis televisi kepadaku. Kulihat pada chasis televisi tersebut tertancap dua buah ic utama yang bertype LG 8343 sebagai ic programnya sedangkan yang kedua adalah TA8690 yang digunakan sebagai ic chroma,langsung kutebak ohhhhh ini mesin tv Goldstar ya?.............Lantas kutanyakan kepada temanku tersebut kenapa dibawa kesini?. Menurut temanku tersebut tevenya jika disearching gak bisa menyimpan siaran televisi. Jadi sewaktu diprogram siaran sempat nampak namun nomor chanel tv gak bisa berpindah dan siaran televisi gak ada yang nyangkut sama sekali. Sebagaimana biasanya langsung menuju sasaran jika saya mendapatkan garapan merk Goldstar dengan keluhan yang seperti ini maka yang saya periksa adalah tegangan yang ada pada pin AFT dari IC Programnya,nah disitu seharusnya ada tegangan sebesar kurang lebih 3volt DC,jika tidak ada biasanya hal ini disebabkan oleh C2 dg ukuran 104nF yang menghubungkan pin AFT ic tersebut dengan Ground sudah short . Jika di titik ini sudah normal tapi masih belum bisa menyimpan progam juga, maka lanjutkan penelusuran yang masih berada di jalur AFT juga,yakni menuju sebuah transistor penguat AFT out put yang dikeluarkan oleh ic chroma,letaknya berada di samping alumunium pendingin penguat audio yaitu sebuah transistor C3198 engan kode board Q 507,ganti saja dengan yang baru.
Namun ternyata masih bandel lagi maka yang kuoprek adalah coil aftnya kali ini tidak kuganti dengan yang baru melainkan dengan mengorek capasitor internal yang ada di dalam bungkus coil aft tersebut,lalu kugantikan dengan sebuah capasitor dengan ukuran47pF dengan cara menyolder langsung pada kedua kaki coil dibalik pcbnya.
 eeeeeeeeh ternyata masih belum bisa nyimpen juga. Karena sudah capek hunting kerusakan dan mata udah pedes maka kulanjutkan dengan berspekulasi untuk mengganti ic programnya. Naaaaaaah ternyata pekerjaanku kali ini selesai sampai di sini dan tevepun bisa menyimpan siaran lagi sebagai mana mestinya.
Nah dari sini kuambil kesimpulan jika sewaktu waktu menemui garapan bermerk GOLDSTAR dengan keluhan seperti ini maka yang akan kulakukan adalah:
  1. Mengecek tegangan yang ada pada pin AFT ICprogram.
  2. Mengecek transistor penguat AFT Output dari ic chroma
  3. Mengganti coil AFT dg yang baru atau mengganti capasitor iternalnya.
  4. Mengganti ic program jika keadaan teve masih belum dapat menyimpan siaran.
  5. Mengganti ic chroma jika setelah penggantian ic program masih belum bisa nyimpan program ( jika semua langkah tsb diatas sudah dilkasanakan namun teve masih tetap membandel)

2.TV NGGAK MAU SIMPAN SIARAN
      TV klau di Auto Search gambar ada, bertahan atau langsung terlewatkan tidak bisa tersimpan.
Itu disebabkan karena Coil AFT 38.9MHz nya yang sudah tidak tepat lagi resonansinya.  Normalnya, saat TV menerima siaran, maka IFnya akan menghasilkan frekwensi pembawa sinyal dengan frekwensi 38.9MHz. Nah kalau penerimaannya kurang tepat, karena Coil ini sudah di set di pabrik, maka frekwensi yang diterima, akan disesuaikan sedemikian, sehingga mutu gambarnya menjadi yang terbaik, saat AFTnya di on.
Kalau resonansinya sedikit tidak sesuai, maka gambar akan terlihat tidak sempurna, yang kalau ke arah frekwensi rendah, warna gambar pucat dan suara jelek serta kalau ke arah frekwensi tinggi, gambar bergaris-garis.
Kalau resonansinya sudah banyak tidak sesuai, maka tiba-tiba gambar bisa menghilang dan kalau di Auto Search, akan terlihat sebenarnya siaran-siaran TV diterima, namun terlewatkan begitu saja, tidak bisa disimpan di memori program.
Dalam keadaan normal, saat di Auto Search, terminal VL/VH/U Tuner akan mendapatkan tegangan pemilihan band, yang dimulai dari band yang terendah, yaitu VL dan terminal VTnya akan mendapatkan tegangan 33 volt, yang kemudian sedikit-sedikit diturunkan.
Begitu satu siaran TV diterima, maka Coil ini akan menerima sinyal dengan frekwensi 38.9MHz dan sinyal ini akan di DC kan dan diinputkan ke mikrokontroler, sehingga mikrokontroler akan menyimpan data bandnya VL/VH/U Tuner dan tegangan VTnya Tuner, di memori program ke 1. Setelah itu, proses dilanjutkan dan kalau ada siaran TV yang diterima lagi, akan disimpan di memori program 2 dan selanjutnya, sampai tegangan VTnya nol. Kemudian bandnya akan diganti ke VH dan proses dilanjutkan kembali dan seterusnya, juga untuk band U.
Setelah proses selesai, maka akan ditampilkan isi memori program nomer 1 yang berisikan data band dan data VT ke Tuner, sehingga siaran TV yang diprogram di nomer 1 akan tampil.
Demikian juga kalau kita misalnya memilih program nomer 5, maka mikrokontroler akan mencari data memori program nomer 5 dan data ini, berupa band dan VT Tuner, akan diberikan pada Tuner, sehingga tampillah siaran TV yang diprogram di nomer 5.
Untuk menyelesaikan masalah ini, maka bisa dicoba inti ferittenya di setel dengan obeng non logam sedikit-sedikit dan dilakukan lagi proses Auto Search. Begitu diterima satu siaran TV, setellah intinya sedemikian sehingga gambar mulai bergaris dan kemudian kembalikan ke posisi begitu garis mulai hilang.
Kalau tidak bisa, maka berarti resonansinya sudah sangat jauh dan biasanya dikarenakan kapasitor jenis tubular yang ada di bawah Coil, konduktornya sudah teroksidasi, sehingga nilainya sudah jauh. Pada kondisi ini, tidak ada jalan lain, Coil AFT harus diganti.

3.Tv LG tidak bisa simpan channel

     problem: LG 14” SOUNDMAX (model udah hilang dari box belakang). Bernomor chasis MC-64A,ic program LG8634-17D,dan ic chroma TDA8362D,dengan kerusakan tidak bisa menyimpan program/chanel saat di auto maupun manual search.
Saat di auto search semua chanel tv mau bermunculan,tapi untuk nomor chanel tidak mau berubah,tetap pada posisi program nomor 1. Begitu juga saat di coba manual search,langsung bablas terus tidak mau berhenti,begitu pencarian udah mentok maximal langsung mengulangi dari awal lagi,begitu seterusnya dan tidak mau berhenti.
Cek semua tegangan supply baik di tuner maupun IC croma dan program semua normal.
Setelah banyak belajar tentang kerusakan tuner,bagian if,dan AFT di solder kita dan zaenal electronic akhirnya aku mendapatkan petunjuk, terima kasih buat kang ndowie.
Dengan mengikuti petunjuk yang ada,aku langsung menuju IC program dan aku dapati tegangan di pin AFT (pin 11 ic program) adalah 0 volt alias tak ada tegangan sama sekali waktu di ‘search’. Setelah pemeriksaan lebih lanjut, ketemulah si koruptor tegangan yaitu C04 senilai 47n (473) dalam keadaan short. Setelah di ganti C yang baru tv pun udah normal kembali saat di auto/manual search. Alhamdulillaah,selesai juga akhirnya.
     kesimpulan: dlm kasus ini, penyebab kerusakan  tv ini yaitu C4=47n pada pin 11/pin AFT ic program dlm keadaan short

4. Tv Polytron Tidak Bisa Menyimpan Siaran
Kerusakan:
Politron 21, dan Dìgitek 14 dengan kerusakan yang sama yaitu program tidak bisa terkunci kecuali di 'fine tuning'.
Perbaikan:
Karena kerusakan sama dan mesin yang relatif juga sama makanya aku fokus ke salah satu aja yaitu politron 21.
Setelah hampir seharian ngubeg-ngubek bagian sinyal dari tuner sampe penggantian kroma, bahkan program, tidak menemukan titik terang akhirnya aku istirahatin sambil di fine tuning aku pake bwt nonton Film di trans.
Saat memegang remot aku iseng buka menu servis dgn menekan menu saat tv posisi standby, lalu masukkan kode 1013. Tidak ada menu yang menarik perhatianku disitu, lalu aku coba lagi masuk menu servis dgn kode1014. Wowww! ini dia ... ada dua parameter bwt pengaturan IF, dan di bawahnya ada tulisan AFT LOW. Aku coba naikkan kedua parametes tsb, dan tiba-tiba tulisan AFT LOW berganti AFT OK. yes!!! dengan menekan menu setting baru itupun tersimpan.
Selanjudnya dengan menu AUTO SEARH aku coba program siaran. dan Alhamdulillah bisa terselesaikan masalahnya.
Sedang untuk memperbaiki Digitek 14, aku tak perlu membuka baut kap belakang, ataupun menyolder komponen. Cukup melakukan langkah berikut;

1. Pake menu Fine tuning untuk mencari satu chanel TV, setelah dapet gambar bagus dan suara bagus, matikan tv dgn remot.

2. Tekan menu diremot dan tahan sampai tv hidup.

3. Masukkan paswort 1014.

4,. Cari menu IF XXX .

5. Lihat dibawah menu ada tulisan AFT LOW atau AFT HIGT. Kalo AFT LOW berarti parameter IF harus dinaikkan, kalo tulisannya AFT HIGT berarti parameternya harus diturunkan sampai tulisan berubah menjadi AFT OK.

6. Tekan menu untuk menyimpan setting baru.

7. Matikan TV untuk keluar dari menu servis.

8. Hidupkan TV dan mulai pencarian oto.

9. Bayaran !

Well ! ini pengalamanku, mungkin memang tidak mengikuti standar servis, tapi itu berhasil !!



5.Tv VOTRE 14 Inc tidak bisa menyimpan program di search manual atau auto
    problem: tv VOTRE 14 Inc dengan gangguan tidak bisa di progam secara Manual maupun Auto apalagi dengan Fine Tuning, awal di nyalakan layar Blueback saja dengan OSD normal hanya saja saat dalam proses pemrogaman nampak raster noise salju terlihat kepyur dan setelah masuk band UHF serta pas di titik frekwensi canel tertentu terlìhat ada getaran gambar tipis yang tidak singkron alias melintir ke kiri dan kanan kemudian menghilang tanpa bekas yang tentunya tidak tersimpan maka jadinya tak ada canel yang tertangkap sama sekali.

Spesifikasi:
TV ini menggunakan Ic croma  LA76810A, Ic program LC863532, Ic vertikal LA78141, Crt bekas Monitor Di lengkapi sirkit OW.

Perbaikan:
Melihat gejala yang ada jelas sekali kalau rangkaian IF tidak bekerja karena di tandai dengan adanya raster salju tipis dan sangat cerah
Yang agak mengherankan dan jadi salah analisa yaitu adanya layar Blueback dan saat hendak di scan untuk mencari siaran tiba-tiba dari layar Blueback menjadi raster gelap ataukah memang tv ini tidak bisa scan program ?
Aah...daripada bingung dan menjadi lama gara-gara memikirkan penyebab gangguan tv, mendingan solder dulu seperti biasanya dan sekalian memeriksa elko B+, elko 180v serta ganti elko Vcc 24v & elko Vcc 16v di Out Regulator yang memang sudah kembung.
Onkan tv jreng..jreng.. layar Blueback kemudian buka menu dan masuk ke bagian program maka kembali raster pun gelap, hmm..rupanya tv ini belum mau merespon dari rencana A, lalu cek tegangan ABL, AFC, heater dan RGB yes..normal semua ! 
Cek tegangan B+ pada Tuner ada 5v, Sda & Scl juga 5v , naah..Agc kok cuma 2v yah ? Menurut Analisa Saya (meniru bahasanya Sentilan-Sentilun) biasanya tegangan Agc harus ada 4v.
Penasasan dengan tegangan Agc tuner yang 50% terkorup maka jalur Agc di amputasi tapi tegangan Agc setornya tetap 50% lagi..sambung kembali jalur Agc Tuner yang di potong tadi, mungkin ic croma mau menguji kesabaran pribados nih, beralih ke pengecekan pin Vcc mulai dari pin8 = 5v, pin18 = 8v, pin25 = 5v, pin 31 = 5v, pin 43 = 5v wuiih..sudah tersuply dengan baik !
Rencana B mulai di lancarkan masuk menu program dan Scan otomatis sekalian survei tegangan, ceuck.ceuck..tegangan VT bisa berselancar di band VL, VH, UHF dan Agc pun normal jadi 4v 
Tapi setelah proses Search Auto, kembali tegangan Agc nongkrong di 2v baik di pin Agc tuner maupun di pin4 Ic croma. Gak mau kalah melawan penyakit tv dan tetap menjaga semangat, soalnya amunisi tempur pun lengkap langsung saja ganti Ic LA 78610A dan hasilnya sungguh luar binasa..podo wae kang ! tetap nihiil
Rencana A gagal, rencana B amblas dan sekarang pakai jurus rencana C : ganti Spul Osilator berupa kotak putih type 6019 untuk sementara pakai Search Manual dan langsung mulai start dari band UHF saja supaya dapat dengan cepat mengetahui hasilnya, ternyata betul sekarang sudah ada penampakan semut-semut mulai banyak berkeliaran kesana kemari, gambarpun selayang pandang di iringi warna walau belum bisa tersimpan. Coba tes Search dengan Fine Tuning he..he..si VITRON mulai menunjukan belangnya siaran sudah mau di simpan, untuk memastikan jika tv ini mulai membaik maka tambahkan 2 canel lagi dan kini sudah bisa berdamai.
3 Siaran sudah tersimpan walau dalam posisi Fine Tuning, mungkin butuh suntikan moril supaya bisa di Search Manual maupun Auto maka pribados pasangkan kapasitor keramik 60pf paralel dengan kapasitor Spul Osilator lakukan ulang Search Manual di canel 4 karena canel 1,2 dan 3 sudah ada penghuninya eeeh.. siaran nggak terjaring. 
Kemudian ganti posisi kaki kapasitor 60pf pasang di kapasitor Spul Osilator yang sejajar dengan pin 49 sedangkan kaki yang satunya lagi ke ground, langsung dech Search Manual lagi Ups..siaran bisa di lock dan coba tambah satu siaran lagi di canel 5 Good Job, waktunya uji coba pakai Auto Search karena sudah yakin terbukti bisa di Manualkan maka siaran pun muncul minta di absen satu-satu dan sekarang sudah hadir semua duduk manis di bangkunya masing-masing, matikan tv kemudian hidupkan lagi ha..ha.. si VITRON sudah bisa mentas kembali, secara kebetulan datang pamannya anak-anak serta melihat tv yang sedang beraksi langsung nyengir kuda karena garapan yang belum sempat di apa-apakan sekarang sudah bisa di tonton lagi. 

6. Televisi Sharp Tidak Bisa Menyimpan Siaran

Kerusakan:
Televisi setelah kita hidupkan terlihat gambar yang dihasilkan hilang timbul, dan bila kita coba untuk di scan ulang ? hasilnya tidak ada satupun siaran yang bisa di simpan.

Perbaikan:
Tindakan pertama yang kita lakukan adalah mengecek bagian penerimaan, pada mainboard ini menggunakan IC BA7357S sebagai Otak-nya, dan di bantu oleh 2 COIL untuk pengkodean Frekuensi . Coil yang sedang menggalami trouble ada pada bagian fungsi AFT ( automatic fine tuning ), ini bisa kita pastikan karena siaran televisi yang tidak bisa disimpan secara automatis.
Mungkin kita bisa mencoba mengetrim ulang , dengan memutarnya keluar maupun kedalam secara pelan-pelan. Tapi hasil yang kita dapatkan tidaklah mengenakan, hasil tetap sama ” siaran tetap saja tidak bisa disimpan. Dengan begini kita sudah bisa pastikan Coil memang sudah rusak, Penggantian harus segera kita lakukan. Kerusakan pada Coil sebenarnya ada pada Capasitor yang ada didalam Coil tersebut, Mungkin nilainya sudah berubah.
Coil yang digunakan pada televisi sharp adalah seperti ini:
Coil untuk frekuensi penerimaan televisi
Mencari Coil 0244 dengan yang sama agak sulit, maka disini kita coba ganti dengan model coil yang lain yaitu 0357. Ada komponen yang mesti kita rubah nilainya supaya coil ini bisa berfungsi. Komponen yang kita maksud adalah Capasitor 15pf ditambah dengan 30pf sehingga bernilai 45pf
Tampak setelah penggantian di mainboard seperti ini:
Coil Penerimaan Baru dengan tanda lingkaran merah

Coil yang baru bisa dilihat dimana bentuknya lebih tinggi dari coil aslinya. Hasilnya Alhamdulillah kini televisi sudah bisa menerima siaran lagi dengan baik.







sumber:

No comments:

Post a Comment