Tuesday, December 17, 2013

tv crt gambar dominan warna tertentu

Tv Changhong 14" warna dominan merah

warna dominan merah
solder ulang rangkaian R,G,B ini
Kerusakan tv changhong 14 inc model 14D24EA dengan warna dominan merah. Tentu kalo buat teknisi profesional kerusakan seperti ini hal yang sepele sambil merem aja bisa hehehehe tapi kalo orang awam atau masarakat pada umumnya banyak sekali yang beranggapan ic warnanya yang rusak. kerusakan ic warna biasanya cuma warna yang tidak keluar bukan dominan warna merah,kerusakan seperti ini diakibatkan dari rangkaian R,G,B yang letaknya nempel di layar, biasanya resistor atau Trnya yang rusak apalagi kerusakan dominan salah satu warna kadang kadang misalkan tv baru dihidupkan warnanya merah kemudian normal kembali. Untuk mengatasinya soder ulang tiap titik soderan di rangkaian R,G,B dengan hati hati dan pastikan tidak ada yang nempel sama soderan yang lainnya karena nempel salah satu akan berakibat patal.

Warna TV dominan merah, hijau atau biru


CARA TEMBAK TABUNG.
       Banyak kemungkinan penyebab kerusakan ini, yang saya bahas salah satunya kerusakan pada CRT/tabung gambar. Tapi anda harus konfirmasi dengan pemilik dahulu karena proses ini tak sepenuhnya berhasil, jika berhasil kondisi gambar TV akan kembali bagus meskipun tidak 100%. Jika tidak maka akan menyebabkan kondisi gambar kembali seperti semula bahkan menurut pengalaman saya akan bertambah buruk.
Anda cukup menyediakan trafo ukuran 500mA, kabel, lampu bohlam AC 60W,AVO meter & jack buntung.
INGAT: TV dalam kondisi mati, lepas soket CRT dari rangkaiannya, pasang kembali soket CRT pada leher CRT.
A.Mengetahui kondisi CRT:
1. Pasang rangkaian seperti gbr di atas, tapi hanya rangkaian trafo yang aktif (rangkaian trafo harus diaktifkan terus) & JACK jangan ditancapkan dulu ke 220AC, tunggu +/- 1 menit hingga leher tabung hangat.
2. Ukur hambatan masing2 katode B, G, & R dengan AVO meter posisi ohm 1K. Probe hitam AVO di jalur biru, & probe merah AVO di B, G, R, secara bergantian. jika menunjukkan 0 ohm maka kondisi tabung bagus, jika salah satu lebih dari 0 ohm, katode itu perlu ditembak. Jika ada 2 katode menunjukkan lebih dari 0 ohm, kemungkinan keberhasilan proses penembakan kecil.
B. Proses penembakan (rangkaian trafo tetap aktif)
1. Jika hambatan katode B misalnya lebih dari 0 ohmhubungkan jalur hijau pada katode B kemudian tancapkan jack pada 220VAC.
2. Tunggu hingga bohlam menyala dengan terang, jika masih kedap2 berarti proses masih berjalan, jika sudah menyala terang berarti proses berhasil.
3. Lepas jack dari 220VAC, lakukan pengukuran kembali seperti pada poin A no.2. Jika nilainya sama, proses berhasil, jika tidak ulangi lagi.
4. Jika proses berhasil, lepas semua rangkaian seperti gbr di atas, kembalikan rangkaian TV seperti semula. Mungkin untuk beberapa proses yang berhasil anda masih harus mengatur kontras, brightnes, kontrol R-drive, G-drive & B-drive.

PROSES INI TIDAK BERBAHAYA JIKA DILAKUKAN DENGAN BENAR
Silahkan mencoba, jika ada kesalahan penulisan mohon untuk mengingatkan saya.


sumber:
http://vaninurfa.blogspot.com/
http://idham-info.blogspot.com/

No comments:

Post a Comment