Tuesday, December 24, 2013

gambar tv crt bergaris garis

1. Cara Memperbaiki TV CRT Gambar Bergaris-garis Seluruh Layar

   Kali ini Cara Memperbaiki TV CRT Gambar Bergaris-garis Seluruh Layar, seperti nampak Pada Gambar di Bawah ini:



Nah Kebetulan yang saya jadikan contoh merek LG dengan Chassis MC 994a dengan kerusakan Susah Hidup mesti di pencet Power berulang2 bisa sampai 30 menit.
Setelah memperbaiki bagian yg membuat susah hidup normal, saya juga mengganti beberapa Elco besar yang agak menggelembung, termasuk elco di Vertical yng pada LG di pakai 35v2200uf.
Setelah penggntian semua komponen yang agak rusak, saya tes nyalah.. ternyata Gambar Bergaris-garis Ful seluruh Layar, seperti Gambar diatas.

Setelah di obok2 kembali, dengan berdasar info yg punya tv, gambar bagus kalo sudah hidup, saya periksa kembali elco2 yang sudah saya ganti..
eee ternyata Elco di Vertical saya pasang short kaki negatif ke GND, sebelumnya saya pikir memang nyambung, lantaran jalur sudah kabur lantaran kena air bocoran Elco.


contoh seperti yang saya lingkari Kuning.
    kesimpulan : penyebab gambar bergaris garis yaitu elco dibagian vertikal 2200u/35v short ke ground

2. TV POLYTRON LAYAR PUTIH BERGARIS-GARIS
 Servisan kali ini adalah televisi merk POLITRON 14inchi dengan keluhan tampilan dilayar warna gambar terlihat tipis dan layar terang bergaris garis agak diagonal.
 Setelah mengetahui gejala kerusakan dari servisan tv kali ini, maka casing televisi saya buka dan kecurigaan saya tertuju pada elco yang buat tegangan 160volt yang mensuplay catu daya transistor-transistor warna diblog matrix/ blog RGB.
 Saya lihat secara fisik elco 10uf250v sebenarnya baik-baik saja, namun tetap saya coba ganti dengan elco yang baru.
 Setelah pengantian elco tersebut pesawat televisi saya coba nyalakan untuk melihat gimana hasilnya, dan teryata tampilan dilayar telah normal. tampilan gambar telah terlihat dengan jelas dan tidak buram lagi.

 Elco yang rusak tadi saya potong ,walau secara fisik elco tersebut terlihat masih baik-baik saja namun ternyata cairan elektrolitnya telah kering.  
       kesimpulan : penyebab Tampilan Layar Putih Bergaris-garis dan warna gambar terlihat tipis yaitu elco 10uf/250v buat teg 160v yg mensupply transistor2 di blok RGB rusak walau terlihat masih baik

3. Gambar ada garis-garis putih tipis dan lagi warnanya keluar dari gambarnya
     Semalam aku terima tv kerusakannya ada gambar  tapi ada garis-garis putih tipis dan lagi warnanya keluar dari gambarnya misalnya  muka orang ada bayangan warna .
    Aku buka tutup belakangnya, cek tegangan bagus , lantas aku cek tegangan  di RGB rupanya ada kelainan , padahal aku sudah kecilkan screen  di FBT masih juga ada garis-garis seperti buku .
Aku perhatikan elco yang menuju ke RGB kelihatan nya udah kering malah pembungkusnya udah terkelupas . langsung aja aku coba cabut ternyata memang udah melembung , aku ganti langsung elconya  22 uf / 160 volt . langsung aja tokcer…..
    kesimpulan : penyebab problem seperti ini yaitu elco 22uf/160v yg menuju ke RGB rusak

4. Cara memperbaiki TV yang Gambarnya bergaris Pada Sharp Alexander Slim II


Seperti Gambar di atas, anda melihat Gambar nya yang nampak Bergaris2 pada bagian bawah layar sehingga gambar tidak FuLL sampai di bawah, Untuk tv model lama biasanya bergaris bagian atas itupun sekitar 10 garis.

Kebetulan TV ini punya teman di kantor, sudah kekerapa minggu  dia mengatakan ada perubahan pada tvnya, kalo pertama hidup ada garis-garis, yah aku bilang, pake ajah dulu,sampe parah, akhirnya 3 hari lalu rusak juga. dia bawa itu tv kerumah.
Pas aku coba nyalahin, wah gambar nampak di tengah kecilll kayaknya sekitar 3 CM, selang kemudian Stanby dengan Led Kedip-kedip. Seperti biasa pasa TV sharp ini berarati Protek. karena ada yg tidak Normal.
Akhirnya Buka Chasingnya, waw IC Verticalnya Meledak..Pecah... waduh kode brapaan itu yah??
sy Periksa lebih seksama, ternyata masih terlihat LA7, ternyata masih ada sedikit banyangan, kira2 IC Vertical Jaman sekarang, Akhirnya Buka Buku Catat harian, Dapet deh. Dia pake LA78041 utnuk Sharp Slim.
 TV ini menggunakan Chassis QPWBFE594WJN1, blok Verticalnya menggunakan 2 Supply VCC. Setelah penggantian IC, tv bisa nyalah kembali, namun Gambarnya Bergaris seperti gambar diatas.
Seperti Pengalaman sebelum2nya ini pengarus ELCO yg haus, akhirnya saya ganti elco untuk Tapis Tegangan + dan - yang mensuply IC vertical, Kemudian TEs tv, Ternyata Hasilnya Normal Kembali.
Saya Coba Ukur Elco tersebut menggunakan ESR meter, Ternyata jarumnya tidak bergerak sama-sekali, Kering too.
Berikut Gambar Blog Verticalnya, yang di tanda lingkaranmerah itulah elco yg saya ganti tadi.








sumber:
wyn-suparno.blogspot.com
donggupit.blogspot.com
servisetvku.wordpress.com

3 comments:

  1. Mas jika garis2 itu terjadi dlm tv sharp cembung 21' itu apanya? Gambar dan suara normal2 aja. Hanya aja ada 6 garis di atas layar.
    Mks

    ReplyDelete