Saturday, December 21, 2013

ciri ciri kerusakan tuner tv crt

Cara mengetahui kerusakan TUNER TV 
       Cara nya adalah sebagai berikut : coba perhatikan pesawat TV anda ,apakah masih ada sedikit saluran yang masih terlihat atau tidak dengan cara berpindah-pindah saluran,terus lakukan langkah berikut ini :
       Anda masuk ke MENU lalu ke modus cari (TUNING) manual / semi auto dan bukan fine tuning.coba anda search ( cari program ) dan amati apakah ada saluran atau siaran yang dapat terkunci??Bila tidak , dan siaran terlihat terus lewat tanpa berhenti terkunci, maka kerusakan ada di komponen trafo IF ( 6019, 498U, Eo8L, 9074 dll).Tapi bila siaran berhenti atau terkunci dengan baik maka kemungkinan besar atau bisa dipastikan TUNER rusak.
Tapi apabila setelah pergantian IF sudah benar ,dan siaran TV sudah terisi penuh,matikan TV minimal 1jam. Setel kembali, perhatikan apakah siaran tidak berubah dan tetap bagus seperti pada saat prose searching ,maka selesai .Dan bila ada sedikit perubahan warna atau suara ,berarti tuner mengalami kerusakan dalam hal ini di sebut terjadi pergeseran.Ganti segera tuner.
Komponen Tuner tidak berjalan sendiri. Pastikan supply tegangan untuk tuner adalah normal .Baik untuk VCC-nya (5V/9V/12V) ada dan tegangan 33V untuk tuning ada dan stabil,serta tegangan AGCnya normal sekitar 50-75% dari tegangan catu.
Masalah pada komponen IF menyebabkan TV tidak dapat mengunci, masalah pada tegangan 33V menyebabkan pergeseran siaran atau tidak ada sama sekali jika 33Voltnya tidak ada.
Masalah pada IC program pun bisa menyebabkan tuner tidak bekerja karena setelan besaran tuning ada pada IC program.


RUSAK TUNER PADA TELEVISI DIGITEK / POLYTRON 
     Kerusakan Pada Tuner televisi bermacam-macam gejalanya. diantaranya siaran yang diterima bergoyang goyang, bergaris garis, tidak dapat menerima siaran dan masih banyak lagi gejala-gejala lainnya.

 Kali ini saya tulis yang ku alami tentang kerusakan Tuner pada tv Digitec maupun Polytron. Kerusakan seperti ini beberapa kali Kualami. Tuner televisi Digitec atau Polytron yang sering terjadi trobel adalah pada tuner yang bentuknya kecil yang kali ini Tuner dengan nomer seri polytron / EWT-SF6T43-E01W 10 11185. Gejala kerusakan tuner ini bermacam macam sebagai mana yang disebutkan tadi, walaupun gejala ini bukan hanya terjadi karena kerusakan pada Tuner Televisi. 

   Pengalaman yang saya tulis ini saat memperbaiki Tivi Digitec 14" Dua Tvc yang sama sama rusak Tunernya. Tv Digitec ini mengunakan ic tunggal / singgel HBT-00-04G yang satu, Televisi sama sekali tidak bisa menerima siaran, di Search auto maupun manual tidak nyangkut sama sekali. setelah casing belakang di lepas saya cek tegangan 33vol di kaki tuner terukur cuma 1,5 volt dan diukur tegangan sebelum R 101 tegangan utuh 33volt. R101 50kiloohm tak lepas kaki sebelah dan diukur normal-normal aja.
   tuner langsung tak lepas dan dibelikan pengganti di toko, walau gak dapat yang sama persis namun dari posisi kaki sama tetep tak beli dan saya pasang saja, selesei pemasangan tuner, televisi dinyalakan dan antena dipasang trus auto search, Nongoldeh semua siaran televisinya dan selesei sudah permasalahannya.
 
 sedangkan televisi yang satunya, gejalanya siaran Tv terkadang hilang, bila di search chanel terkunci, namun beberapa saat kemudian hilang kembali. tuner saya lepas dan tak bongkar, lalu saya solder di komponen-komponen tuner itu. Setelah selesei, tuner dipasang kembali dan televisi dinyalakan tampilan gambar sudah normal.

 dianggap sudah selesei casing ditutup kembali dan dibawa pulang yang punya. Selang tiga hari, kerusakan kambuh lagi. Tanpa pikir panjang tuner kulepas dan kubelikan yg baru. Tuner baru dipasang dan seleseilah dengan tiada kambuh hilang siaran lagi.


sumber:

No comments:

Post a Comment