Wednesday, December 4, 2013

card wlan

PENGERTIAN DAN JENIS-JENIS  WLAN CARD

       WLAN (Wireless Local Area Network) card merupakan sebuah kartu yang berfungsi sebagai jembatan dari suatu komputer ke sebuah jaringan komputer. Fungsi wlan card sama halnya dengan lan card, bedanya hanya pada media penghubungnya. Jika lan card menghubungkan komputer ke jaringan menggunakan kabel (wired), wlan card dapat menghubungkan komputer ke jaringan menggunakan teknologi tanpa kabel (wireless). Wlan card mempunyai prinsip kerja yang hampir sama dengan sebuah access point, tetapi lebih sederhana. Apabila dalam sebuah access point terdapat memori maupun processor, maka pada wlan card penggunaanya tidak sekompleks access point. Perangkat ini adalah perangkat standar yang di gunakan untuk access point. Ada berbagai jenis wlan card, antara lain adalah sebagai berikut :

A.   Wireless Card PCI
     Wireles card PCI (Peripheral Component Interconnect) merupakan perangkat wireles berbentuk card PCI yang dipakai dalam sebuah PC yang tidak memiliki perangkat embedded wireles di dalamnya. Perangkat ini dapat dipasang pada slot PCI yang terdapat pada computer. Kebanyakan perangkat ini memiliki jangkauan sinyal yang kecil sehingga kadang pengguna menambahkan perangkat antena tambahan untuk menambah kekuatan tangkap sinyal yang ada.




 B.   PCMCIA
      PCMCIA (Personal Computer Memory Card International Association) merupakan perangkat yang banyak dijumpai pada laptop atau notebook jaman dulu yang belum memiliki perangkat wireless adapter terintegrasi seperti pada dewasa ini yang hampir semua notebook yang dijual memiliki perangkat wireles dengan harga yang murah (tergantung chipset yang digunakan). Sebenarnya card PCMCIA tidak hanya bisa digunakan pada netebook atau laptop saja, tetapi juga bisa di gunakan pada komputer desktop, tetapi untuk melakukan hal itu diperlukan suatu hardware baru yang diberi nama holder.








C.   Wireless USB
        Perangkat ini banyak diperoleh di pasaran. Perangkat ini bersifat mobile karena dapat langsung dipasang pada slot USB (Universal Serial Bus), jadi kita tidak perlu membongkar komputer. Namun karena bentuknya yang terbilang kecil sehingga membuat daya tangkap perangkat ini lebih kecil dibandingkan dengan perangkat lain seperti Wireless card PCI.



sumber:
bloggerarta.blogspot.com

No comments:

Post a Comment