Wednesday, November 6, 2013

service laptop toshiba


A. Kerusakan-kerusakan Pada Notebook Toshiba
 Berikut ini urutan kerusakan- kerusakan yang pernah saya alami selama memegang notebook toshiba beserta beberapa solusinya supaya saya bisa survive pake notebook ini :
  1. Mungkin karena setiap kali saya menggunakan notebook , kabel selalu ditancapkan ke listrik, kurang dari satu tahun batreinya sudah drop. Saran saya bagi yang suka pake notebook terutama tipe lama, tancapkan listrik jika komputer sudah memberitahukan batreinya harus di charge dan copot listriknya jika sudah penuh.
  2. Saya suka menggunakan jaringan, jadi sering tancap – cabut, ini juga mungkin karena keseringan, kayaknya ada kawat yang bengkok atau apa, baru setahun sudah tidak dapat di pakai, pernah dibawa ketempat servis dan menyarankan membeli ethernet external aja, karena kalo service biayanya akan jauh lebih mahal. Saran saya pastikan soket rg yang anda gunakan jika mau connect ke jaringan , rg nya harus yang bagus.
  3. Yang terakhir saya dikagetkan dengan modemnya, yang mendadak menghilang seolah-olah modem dicopot dari notebook. Sama sekali tidak terdeteksi. Setelah saya cari di internet solusinya, ternyata dan ternyata… si modem katanya ada yang renggang alias tidak terpasang dengan benar, dan banyak sekali yang punya pengalaman seperti ini, tidak hanya pada  toshiba jenis A10 tapi banyak yang jenis lainnya. Solusinya pun cukup lucu, dari pengalaman dari beberapa milis dan forum katanya buka saja tutup dimana modem dipasang, terus ganjel dengan kertas kurang lebih 8-10 lipatan dan tutup kembali. Saya coba buka tutupnya di tempat modem terlihat memang ada kertasjuga yang menutupi bagian modem dan kertasnya berlipat-lipat, hmmm… sepertinya toshiba (mungkin) mencoba yang sama agar modem nya tetep awet dengan cara diganjel juga. Akhirnya saya ganjel dengan kertas dan di tutup kembali. Hasilnya modemnya terdeteksi dan on lagi. Tapi ini tidak menjamin sebagai solusi yang terbaik, bisa aja bisa tambah rusak bagian modem atau komponen lainnya.

 Kerusakan-kerusakan ini adalah benar-benar pengalaman saya. Teman saya yang lain punya pengalaman berbeda dengan notebook toshibanya :

  1. Layar lcd nya ngedadak hilang (ada dua orang yang saya tahu pernah mengalami seperti ini pada notebook satellite PIII) katanya ada kabel yang putus disekitar bagian bawah lcd nya.
  2. DVD – RW temen ku yang lainnya juga aneh kalo cd rom biasa bisa dibaca tapi dvd romnya gak bisa dibaca, padahal sebelumnya bisa. Kemungkinan ada komponen yang longgar yang khusus untuk membaca dvd gara2 terbentur atau jatuh.
Bu kan berniat mau menjatuhkan sebuah produk tapi ini hanya untuk berbagi pengalaman bisa saja mungkin ini karena perwatannya yang salah.
B. Kerusakan Laptop Toshiba 
    Secara umum kerusakan laptop semua merek sama saja, apalagi sekarang ini, dengan kwalitas laptop dari merek apapun entah dari toshiba, acer, ataupun yang lain yang sangat menurun, membuat laptop semakin rentan dari kerusakan. kerusakan laptop yang sering terjadi adalah, troble pada keyboard, hardisk yang jarang detect, lcd yang bergaris, dan baterai drop.
Kerusakan laptop Toshiba - kita sebagai orang awam tentang laptop, tentunya akan sangat kesulitan untuk bisa menganalisa kerusakan laptop, cenderung kita akan membawa ke tukang servis jikalau terjadi masalah dengan laptop Toshiba kita. artikel dibawah ini akan sedikit memberikan gambaran analisa dasar jika laptop terjadi troble
MenganalisaKerusakan laptop Toshiba
1. Mati atau Power Failure
    Untuk kasus mati yang perlu anda cek pertama kali adalah batery laptop anda.  Kemungkinan batery laptop anda habis total. Coba lakukan pengisian dan tunggu kira-kira 1/2 jam. Penyebab lain adalah adaptor laptop yang tidak berfungsi. Anda dapat cek dengan lampu indikator carger di laptop menyala ketika laptop di kasih adaptor. Jika lampu indikator tidak nyala, ada kemungkinan adaptor yang rusak ataupun konektor power boardyang rusak atau board laptopnya yang rusak. Kemungkinan lain board laptop mati total sehingga menyebabkan laptop mati total sama sekali.
2. Lampu power nyala tapi layar LCD tidak menampilkan gambar.
    Coba cek dengan memasang monitor eksternal pada port VGA di laptop anda. Kemudian hidupkan laptop anda, jika laptop masih mati, kemungkinan kerusakannya adalah VGA, Prosessor, mainboard, IC BIOS, atau RAM yang kotor atau rusak. Coba lakukan cek satu per satu.
     Dan jika monitor eksternal hidup dan tampil gambar dengan normal, kemungkinan kerusakan ada di inverter LCD, kabel flexibel LCD, ataupun LCD monitor anda. Jika kerusakan ada di Layar LCD, maka anda harus mengganti Layar LCD tersebut, karena layar LCD tidak bisa diperbaiki.
3. Masalah Pendinginan Laptop
    Permasalahan umum yang sering dihadapi pemakai laptop adalah masalah panas, bagaimanapun juga panas adalah musuh utama dari laptop, hampir 75 % kerusakan laptop disebabkan panas yang berlebihan. Apalagi di dalam casing laptop hampir tidak ada ruang kosong semuanya dipenuhi dengan komponen. Masalah yang sering muncul dibagian ini adalah tersumbatnya saluran pembuangan panas pada heatsink karena tertutup oleh debu. Hal ini menyebabkan panas yang seharusnya dikeluarkan kembali masuk ke dalam laptop. Akibatnya suhu di dalam laptop meningkat dari yang seharusanya diperbolehkan. Hal ini dapat menyebabkan over heating pada VGA chip, Procesor, dan komponen mainboard laptop yang lain.
4. Masalah Port dan Konektor Power
    Masalah ini juga sering terjadi. Hal ini diakibatkan oleh retaknya solderan yang ada di konektor ataupun port tersebut. Retaknya solderan disebabkan oleh panas dan umur dari laptop itu sendiri. Solusinya adalah   melakukan solder ulang terhadap bagian yang mengalami keretakan solderan.
C. laptop toshiba tidak ada gambar
     Laptop Toshiba jika dinyalakan lampu indikator  masih hidup semua ( lampu power, lampu hardisk, Lampu batery, Lampu wifi ) dan masih bisa masuk windows tapi tidak ada tampilan gambar? Ada juga gambar masih kelihatan tapi sudah tidak normal, dan ada juga laptop toshiba dinyalakan cuma lampu indikator yang menyala tapi windowsnya sudah tidak bisa jalan.

Kerusakan laptop toshiba seperti diatas harus di cek dulu lcd laptopnya jika windows masih jalan, kemungkinan rusak bisa dari lcd laptop, namun bila lcd laptop dinyatakan masih ok berarti kerusakan ada di mainboardnya.



sumber :
kerusakanlaptoptoshiba.blogspot.com
bedahdigital.blogspot.com
jualsparepartlaptop.com

No comments:

Post a Comment