Monday, November 4, 2013

service laptop merk compaq


1. KERUSAKAN LAPTOP COMPAQ CQ41 INTEL

1). kode blinking compaq CQ40
     troubleshooting (layar no display) lampu capslock kedip2.
 Blink 1x : Cek vcore no 5 jika kurang dari 1.05v. panasin/ganti pict No.1 atau ganti ic isl6265
 Blink 2x : Bios corrupt, recovery bios atau flash Ic Bios pict. No. 4
 Blink 3x : Ganti RAM jika tidak berhasil, Rehot pict No.2
 Blink 5x : Rehot atau Reball pict No. 3
 Blink 6x : Ganti Ic Bios Pict No. 4
2). jenis kerusakan blinking power adaptor
     blinking terdapat pada adaptor (short adaptor)
 -  melepas arus statis dengan cara tekan tombol swich 1 menit
 - cek kapasitor dan mosfet semua bagian mobo
 - cek dari alur jack power dan tegangan standby/istilah dalam schematic adalah V.BATT
- cek juga kapasitor dan fet
 - cek ic ene bisa kita cabut dan pasang kembali jika tegangan tidak masuk ke swich tombol on.of
   atau ganti ic
 - ic BQ(ic carger ) bisa di lihat dari infut dan output tegangan untuk menentukan kondisi apakah ic  rusak/masih baik
- cek tegangan pada pict no 5 dengan kotak lebih besar di gambar
2. LCD laptop compaq blank putih atau hitam dan bergaris (rusak).
    problem : Masalah yang timbul pada laptop ini adalah timbulnya garis putih dan berwarna secara acak sehingga lama kelamaan tampilan pada layar laptop menjadi tidak kelihatan sama sekali, karena telah ter-blok oleh warna hitam ataupun putih secara bergantian.
    solusi : Cara memperbaiki laptop compaq yang rusak bergaris seperti ini sebenarnya mudah. Dari hal yang termudah yaitu dengan menggunakan layanan garansi dari laptop kamu sendiri. Tapi bagaimana jika garansi kamu habis? dan kamu ingin memperbaiki laptop kamu ke service center resmi? tentu kamu akan dikenakan biaya yang dibilang cukup mahal, apalagi kita masih pelajar ataupun mahasiswa yang belum berpenghasilan.
Seperti halnya teman saya ini sudah pernah membawwa laptopnya ke service center HP (karena compaq dan hp jadi satu) dan si teknisi berkata “Laptopnya bisa diperbaiki, dan kisaran harga sekitar 2,5 juta sampai 4,5 juta dan juga harus dikirim ke jakarta” wah pikir saya minimal seminggu tuh di jakarta. Teman saya juga berpikir untuk mengeluarkan biaya sebesar itu, karena harganya yang hampir menyamai laptop baru sekarang.
Saya iseng untuk menawarkan “membongkar” laptop begundal tersebut. Karena saya ada sedikit ilmu teknik ngawur yang memang saya miliki dari kecil (asal bongkar asal nyala apapun caranya). Setelah mendapatkan persetujuan dari si pemilik laptop langsung saja saya bedah laptop tersebut.

  • Saya buka semua baut yang ada dibagian bawah body laptop untuk mempermudah membuka keyboard dan chasing bagian atas.
  • Lepaskan chasing bagian atas khususnya bagian yang paling dekat dengan engsel LCD (untuk melepaskan baut LCD dari  body).
  • Lepas kabel flexyble yang menempel pada MB. Dan lepas juga kabel mic serta kabel antena wifi.
  • Pisahkan terlebih dahulu bagian LCD terhadap MB untuk mempermudah pengecekan.
  • Pasang kembali hanya kabel flexyble saja dengan kondisi LCD tanpa chasing (hanya lembaran LCD).
  • Sambil laptop dinyalakan dan LCD kamu pegang, tekan tekan mulai dari daerah flexyble hingga daerah main board yang ada pada bagian belakang LCD yang bertuliskan don’t touch (boleh kok dipegang).
  • Hindari memegang kabel yang berwarna putih dan pink, karena kabel tersebut adalah kabel bertegangan tinggi untuk mencatu backlight.
  • Dalam hal ini saat saya sampai pada main board (saya tekan) dan gambar yang dihasilkan jadi baik atau sempurna tanpa garis maka dapat di indikasikan bahwa ada komponen yang longgar dibagian itu. Bisa saja yang longgar adalah flexyble dari main board LCD menuju LCD panel nya langsung.
  • Seperti kata saya diatas, asal bongkar asal nyala, dari pada uang terbuang 4,5 juta langsung saja laptop begundal tersebut saya akali dengan sesuatu.
  • Awalnya saya menggunakan Hansaplast (maaf menyebut merk), namun kurang berhasil karena daya rekatnya kurang baik.
  • Saya gunakan plaster kardus berwarna hitam dan sedikit kapas yang saya tempelkan pada bagian belakang LCD.
  • Hasilnya, sekarang saya bisa posting artikel ini dengan laptop yang sudah saya betulkan tersebut.

3. Layar Compaq Presario CQ42-207TU bergetar 
    problem : Masalah dengan notebook Compaq Presario CQ42-207TU menggunakan operating system windows 7 professional. Layar notebook terus bergetar ketika sedang digunakan, terutama ketika menggunakannya untuk browsing dan menjalankan animasi java script di web browser Firefox.
    Setelah melalui beberapa proses , kesimpulan yang bisa diambil : 
Layar bergetar terjadi karena adanya masalah pada driver VGA yang tingkat kompatibilitasnya belum terintegrasi sempurna dengan Windows 7 (Asumsi ini diambil karena pada Windows XP tidak mengalami masalah).
Jenis VGA yang terdapat pada notebook adalah integrated VGA, bukan super VGA dengan chipset berkualitas seperti NVidia, ATi Radeon atau yang sejenis (Seperti punya saya sendiri, integrated onboard Intel VGA membuat layar notebook menjadi bergetar).
    Lalu bagaimana solusinya agar LCD layar tidak bergetar lagi?
Beralihlah ke Windows XP (Dengan catatan driver VGA notebook tersedia dan kompatibilitasnya memang sudah tidak perlu diragukan).
Saat layar bergetar, coba “Minimize” semua program yang anda buka dan kemudian “Maximize” lagi ke posisi semula (Seperti yang biasa saya lakukan ketika menggunakan Windows 7 pada CQ42-207TU).
Sampai saat ini, hanya trik ini yang bisa membuat layar LCD pada notebook tidak bergetar lagi.
4. Sharing Pengalaman Pake HP Compaq Presario CQ40 – benarkah produk gagal dari HP

13 Oktober 2009 oleh onlinebatam

Sekitar bulan April 2009 kakak keduaku memintanya memilihkan sebuah laptop yang bagus dari segi performa  dan harga (murah maksudnya).

Setelah mengambil beberapa brosur dari beberapa toko & mall, serta membanding-bandingkan harga Batam dan kota lain via internet maka saya putuskan pilihan kepada HP Compaq Presario CQ40-401AU.



Product Name Compaq Presario CQ40-401AU
Microprocessor AMD Turion X2 Mobile Processor RM-74  – 2x 2.2 GHz, 3600 MHz
Microprocessor Cache 1 MB L2 Cache
Memory 1024 MB DDRAM II
Memory Max Supports up to 2 GB DDR2 memory
Video Graphics ATI Radeon HD 3200 Graphics
Video Memory Video Memory with 256MB shared video memory
Hard Drive 250 GB SATA HDD (5400 rpm)
Multimedia Drive SuperMulti 8X DVD±R/RW with Double Layer Support
Display 14.1″ Diagonal WXGA High-Definition BrightView Widescreen
Fax/Modem High speed 56K modem
Network Card Integrated 10/100BASE-T Ethernet LAN
Wireless Connectivity 802.11b/g WLAN
Webcam Webcam 1.3Mpx
Sound Altec Lansing® speakers
Keyboard 101 key compatible keyboard
Pointing Device Touch Pad with On/Off button and dedicated vertical Scroll Up/Down pad
Memory Card Device 5-in-1 integrated Digital Media Reader for Secure Digital cards, MultiMedia cards, Memory Stick, Memory Stick Pro, or xD Picture cards
External I/O ports 3 USB 2.0, HDMI, eSATA Combo, VGA, RJ-11, RJ-45, Expansion Port 3, 1 Headphone, 1 Microphone
Operating System Free DOS
Dimensions 33.4 cm (L) x 23.7 cm (W) x 3.3 cm (min H) / 4.0 cm (max H)
Weight 2.4kg
Power 65 W AC Adapter
6-cell Lithium-Ion (Li-Ion)


Waktu itu harganya 5,3 juta lebih murah sedikit dari beberapa toko lainnya. Setelah kakakku ok dengan harganya, kubawa pulanglah tuh laptop dalam keadaan non OS. (sebenernya tokonya nawarin di install dulu OS ma yg lain2nya, cuma akunya aja sok kepinteran pengen nginstall sendiri)

nyampe rumah langsung aja kuinstall  XP SP2 yg kucopy dr temen beberapa tahun lalu, tapi eh ko ga bisa? Blue Screen?

ya udah, ulang lagi deh… 2x, 3x tetep blue screen!!!!

aku yakin walaupun usia nih cd dah ampir 3 taun dijamin bagus ko, ga ada yg corupt… ya udah deh, tanya mbah aja. Ternyata eh ternyata memang ni laptop ga bisa di kasih XP karena VGA cardnya terlalu canggih,, he. tapi sebenernya bisa sih, cuma agak ribet caranya, jadi ya udahlah masukin aja OS V***a (copy dr temen juga).

Ga nyampe 1/2 jam OS ma driver dah terpasang dengan baik,,, ternyata keren juga speednya.

Setelah semua ok, segera kumasukin dvd PES2009 yang  jalannya lambat banget di laptop Acer 4520 aq. instal ok, crack ok,,, jalankan…. dan ternyata, walaupun syarat RAM kurang PES 2009 bisa jalan dengan baik di CQ40-401AU tanpa mandeg2 walaupun dalam qualitas gambar yang High Quality. Benar2 sempurna! Ah, jadi pengen tuker nih.

Karena kagum dengan kemampuannya dalam menjalankan game yg berat2, aku rekomendasikan lah ke kakak pertamaku yg pengen beli juga dan akhirnya emang dibeli dgn harga 5,1 juta. turun 200rb dari sebelumnya padahal masih di bulan yg sama. Bulan berikutnya keberaniin beli juga tuh laptop biarpun dgn cara nyicil, yg lama kukasih adikku aja, emang dah minta trs dari dulu.

Aku pakai sampe sekarang sih ni laptop fine2 aja walaupun tiap hari  maeni PES2009, cuma ga tau knp punya kakak pertama aku katanya dah sebulanan ada muncul garis berkedap kedip di layar bawah. Aku pikir ah itumah biasa, paling juga notification gitu, atausejenisnyalah. Tapi makin lama si garis makin besar, makin ganggu lagi kedap2nya, setelah ku cek serius ternyata ni kedap kedip garis tetap muncul walaupun di bios. Berarti emang bukan OS nya yg masalah, tapi LCD nya dong,,,, waduhhhh gimana nih????

telepon service center HP jakarta dulu deh,,, yang ngangkat cewek, suaranya ramah n baik banget. Kuceritain masalah laptop kakak saya itu, dan kutanyain bisa ga di service kan masih ada garansi? setelah dia cek Serial Number laptopnya akhirnya aku dipersilahkan menyervicenya ke Service Centre HP di yang ada di kotaku Batam,  dan dia menjamin bebas dari segala biaya sampai laptop kembali pulih.

ya udah aku langsung aja datengin tuh service centre di daerah sungai panas, ternyata yang nanganin ga kalah ramah ma yg ditelpon, cuma ini cowok, udah agak tua, tapi baik banget, malah cerita2 katnya kerusakan seperti yg kualami emang banyak, rata2 seri CQ40 dengan jenis kerusakan yg hampir sama, LCD bergaris yang lama kelamaan bisa sampai mati total LCD nya. Produk Gagal dong…. gimana nih dengan nasib laptop aku? tahan ga ya?

ya, ga tau juga produk gagal atau tidaknya yang pasti HP mau bertanggung jawab mengganti satu set LCD laptop kakak saya itu, yamh kalau beli sendiri harganya sekitar 4 jutaan. Waduh, gimana dong kalu LCD laptopku rusaknya pas abis masa garansi 1 tahunnya?

“Ok, karena barangnya ga ready stock maka harus indent dulu, kalau liat yg udah2 mungkin sekitar 2 bulanan.”

“Apa? 2 bulanan,,, ga salah tuh pak?”

“Karena kita indentnya lsg ke HP pusat di Amerika sana Pak, ini juga ada beberapa list customer yg masih nunggu, jadi sebaiknya laptopnya bapak bawa aja dulu ntar kalau barangnya datang kita pasti telpon bapak.”

Waduh, mau gimana lagi y udah pasrah aja. Akhirnya kubawa balik deh laptopnya, setelah sebelumnya teknisinya mencatat Serial number laptop dan Nomor telepon saya.

Tapi emang nasib lagi baik, belum nyampe satu minggu aku dah ditelpon lagi ma si bapak itu, ngabari kalo LCD nya dah datang. karena hari itu ga sempat, besoknya aku br dateng ngasihin laptop aku, mereka janji besoknya dah bisa dibawa lagi, paling telat 2 hari. dan setelah dua hari laptop kakakku kembali ok dengan LCD baru yg masih ada plastiknya.

Saya sangat kagum dengan kermahan orang2 di HP Service Centre baik itu yg di jakarta maupun yang di Batam, ga ribet, tinggal sebutin Serial Number, kalau masih ada garansi maka mereka akan melayani dengan sangat baik,,, dan yang pasti tanpa dikenakan biaya sedikitpunnnnn…










sumber :
laptop-share.blogspot.com
mamaus.wordpress.com
onlinebatam.wordpress.com

7 comments:

  1. Bisa minta no hp atau pi n bb nya gan ?

    ReplyDelete
  2. gan kalau masalah Di CQ 41 ku, LCD tiba2 ada garis hitam putih doang, itu LCDnya apa VGA nya Yah??

    ReplyDelete
  3. blog yang menarik dan penuh infomasi. terima kasih

    ReplyDelete
  4. untuk megatasi kerusakan laptop area pekanbaru dapat kunjungi http://www.riaulaptop.com

    ReplyDelete