Friday, November 1, 2013

service laptop acer


1. Jenis Kerusakan Laptop Acer 
    problem :
   1). Sound card kadang terdetek kadang tidak, jadi harus restart beberapa kali baru terdetek.
   2). DVD-ROM tidak terdeteksi di Windows, tapi anehnya di BIOS terdeteksi.
   3). Install ulang Windows tidak membantu, karena saya sudah curiga ini dari awal masalah hardware, yaitu motherboard nya.
   4). Terakhir, sekitar tanggal 8 Mei 09, akhirnya ni laptop matot, alias mati total, ketika dinyalakan tidak terjadi apa2 dan saya hanya disuguhi layar blank, dan lampu Wifi, DVD, serta HDD yang menyala terus.
    perbaikan :
          nih saya punya cara,,kebetulan udah sering nanganin kerusakan acer 4520, soun ngk ke detect, dvd rw ngk ke detect,,bahkan pas di ON kan, laptop hanya nyala lampunya saja,, tetapi layar blank,, ini lah caranya,,

1, buka tuh tututp bwah latptop,,di situ terdapat memory, HDD, Proc,, dan VGA.
2, buka pendingin VGA yang memiliki 3 lubang baud, yang satu ngeggabung ke baud procsesor,
3, setlah di buka, panaskan dengan solder uap,Chipset VGA biasanya merek NVDIA, dlam melakukan pemanasan atur tempratur solder uap/blower pada temp 500 C, untuk udaranya gunakan 0,, panaskan chipset vga selama 3 menit,, atur jarak blower dalam melakukan pemanasan,, jangan sampai ada komponen lain yng lepas,,stelah cukup panas,, diamkan sebentar supaya dingin, setelah itu pasang lagi pendingin chipset VGA,,
4, baca bilsmilah pada waktu meng ON kn laptop,, insya allah normal kembali,,
5.jika laptop sudah normal,, update flash biosnya,, flash bios bs di download lewat situs resmi acer,,, hati 2 dalam melakukan update bios,, backup bios yng lama sebelum update yng baru,, sekian share pengalaman dari sya terimkasih.....
      kesimpulan : solusinya -> chipset vga cukup dipanasi saja pake blower/solder uap
2. Diagnosis Kerusakan Chipset Mainboard Acer
problem :  laptop sistemnya hang karena keyboard juga mengalami malfunction.
perbaikan :
gue lepas batreinya . setelah itu aku hidupkan lagi laptop ku , tuut… terdengar gemerisik indah suara mesin mencoba membuat hubungan dan memproses perintah dengan kecepatan super. Namun kemudian suara tersebut padam ditambah lagi layar lcd yang tetap gelap melengkapi penderitaanku siang itu. Ha, ada apa ini ? apa yang terjadi dengan laptop ini. meski power lednya hidup, laptop ga mau nyala !!!.aku matikan powernya dan ku tunggu beberapa jam sebelum ku hidupkan lagi.

Setelah beberapa jam….


 kemudian aku hidupkan lagi powernya, dan…laptop tetep ngambek.

Beginilah ciri-ciri penyakit dan kerusakan yang diderita oleh  laptopku yang akan ku jelaskan menggunakan teori penjabaran fisika yang biasa kita pelajari saat SMP:

Diket:

1. Ketika dihidupkan power led tetap menyala

2. suara kipas mengeras sebentar untuk kemudian diam tak bergerak

3. layar LCD gelap total

Ditanya:

1. Apa yang rusak ?

2. Kenapa mengalami kerusakan seperti itu ?

3. Bagaimana cara memperbaiki kerusakan tersebut ?

Dijawab:

  • Terdapat beberapa kemungkinan kerusakan jika memperhatikan ciri-ciri yang diketahui seperti diatas yaitu:
  • Kerusakan pada VGA chipset, kabel flexibel, inverter atau LCD
  • Kerusakan ini terjadi karena panas yang dihasilkan oleh CPU tidak mengalir dengan baik didalam chasing. Bisa juga karena komputer terlalu panas, khususnya untuk CPU yang berlabel AMD seperti laptop ini.
  • Untuk mengecek kerusakan VGA tersebut dapat dilakukan dengan menghubungkan vga out dengan monitor atau LCD external, bila gelap ada kemungkinan vga chip problem. Sedangkan bila menyala,  ada kemungkinan lcd, inverter, atau kabel flexibel yang bermasalah. Untuk pengetesan harus menggunakan yang identik seperti inverter, lcd ataupun flexibel. 
  • Apabila kita perhatikan ada gambar tipis atau seperti bayangan di LCD, maka yang kemungkinan rusak adalah lampu LCD (CCFL) ,  inverter atau flex.

      kesimpulan : Sehingga kondisi gelap atau mati belum tentu harus ganti LCD.
2. Kerusakan memory (RAM)
    Kerusakan pada memory menyebabkan terputusnya alur pemrosesan data yang mengakibatkan hang nya sistem komputer. Karena kita tahu, RAM berfungsi untuk penyimpanan sementara proses data yang sedang berjalan. Sehingga jika RAM mengalami kerusakan, maka ALU gagal menyimpan data proses sementara tersebut.
Cara memperbaiki kerusakan:
Coba buka chasing laptop, dan lepaskan memory tersebut. Kemudian bersihkan menggunakan penghisap debu atau kain kering yang lembut. Jangan lupa bersihkan juga debu yang menempel pada grid tempat meletakkan memory tersebut. Karena kemungkinan memory hanya kotor oleh debu. Jika cara tersebut tidak berhasil, sayang sekali kita harus mengganti memory RAM nya
3. Laptop Mendadak Mati? Jangan Panik!
    spAcer, pernah tiba-tiba laptop mu mati mendadak saat dioperasikan? Jangan khawatir. Laptop mati mendadak bukan hanya karena ada kerusakan. Salah satunya karena over-resources pada memory. Atau hal lain seperti overheat (kepanasan) juga dapat terjadi. Power management atau arus udara yang tidak lancar juga dapat berpengaruh laptopmu dapat mati secara mendadak. Lalu apa yang harus dilakukan? spAcer, berikut tips sederhana saat laptopmu mati mendadak.

  • Perhatikan fan laptop. Apakah fan berfungsi atau tidak jika tidak berfungsi berarti kemungkinan besar laptop mati karena overheating. Segera perbaiki fan Anda.
  • Jika fan masih dalam kondisi baik, bersihkan headsink prosessor dari debu dengan menggunakan kuas. Pastikan jangan ada debu yang turut menyumbat ventilasi saat membersihkan headsink.
  • Bersihkan juga mainboard. Saat membersihkannya hati-hati untuk tidak terlalu kuat karena akan merusak komponen atau soldier pada mainboard.
  • Untuk mencegah overheat, berikan silicon pendingin pada headsink. Diamkan sejenak kemudian tutup kembali laptop. Jangan langsung menyalakan laptop. Istirahatkan sejenak lalu kemudian hidupkan kembali.
  • Hindari juga mengoperasikan laptop pada tempat tidur, bantal, sofa dan lain-lain. Hal ini akan menghambat perputaran udara yang ada sehingga laptop menjadi overheat. Biasakan tempatkan laptop pada bidang datar dan pastikan sirkulasi udara lancar. spAcer juga dapat menggunakan cooling pad untuk membantu agar laptop tidak cepat panas.


Selain tips diatas, jangan lupa untuk tidak mengoperasikan laptop kamu secara terus menerus selama seharian penuh. Berikanlah laptop kamu ‘istirahat’ agar performanya tetap terjaga. Terakhir, bila laptopmu tetap bermasalah, segera bawa ke teknisi ahli agar ditangani dengan maksimal. So, jangan panik ya spAcer.






sumber:
cyberworld3g.blogspot.com
udinlagi.wordpress.com
www.acerid.com

2 comments:

  1. Kunjungan gan,Artikel yang menarik buat aku,.....kalau buat netbook sama ngga gfan?

    ReplyDelete